Nissan Navara Siap Taklukkan Gurun Sahara

Untuk membuktikan ketangguhannya, Nissan Navara diuji coba di Gurun Sahara yang masuk ke dalam teritori Errachidia, Maroko.

oleh Rio Apinino diperbarui 21 Nov 2016, 11:40 WIB
Diterbitkan 21 Nov 2016, 11:40 WIB

Liputan6.com, Errachidia - Gurun Sahara adalah padang pasir terbesar di dunia. Terletak di utara Afrika, padang pasir ini luasnya sekira 9 juta km persegi. Gurun inilah yang dijadikan tempat menguji Nissan Navara.

Tentu tidak semua bagian gurun dijelajahi. Hanya yang memasuki wilayah Errachidia, Maroko, saja yang dijadikan lokasi uji coba. Uji cobanya sendiri dihelat pada pertengahan November lalu.

Perjalanan menaklukkan Sahara dimulai dengan melakukan warming lap, kemudian dilanjutkan dengan long lap secara berkelompok. Total perjalanan yang ditempuh sejauh 182 km dan memakan waktu sekitar 5 jam.

Gurun pasir adalah medan yang terbilang paling berat untuk mengetes sebuah kendaraan. Sebelumnya Navara pernah dites di kawasan Gunung Leuser, juga Gunung Tambora, Gunung Sibayak, dan 50 gunung Indonesia lainnya.

Dalam rilis resmi yang diterima Liputan6.com, Head of Communication Nissan Motor Indonesia (NMI), Hana Maharani, mengatakan bahwa beberapa fitur yang terdapat pada Navara sangat membantu pikap ini melintasi wilayah ekstrem.

"Paduan tenaga mesin, five-link rear suspension, Hill Start Assist, Hill Descent Control dan teknologi penunjang kenyamanan dan keamanan lainnya, menasbihkan Navara sebagai pick-up yang sanggup atasi keganasan Sahara," ujarnya.

Dalam uji coba ini Navara yang digunakan adalah yang berspesifikasi Eropa, yaitu bermesin Diesel 2,3 liter single-turbo dan twin-turbo yang masing-masing mengeluarkan tenaga 158 Tk dan torsi 187 Tk.

Di Indonesia, Nissan Navara dijual dengan tiga varian, 2,5 MID MT, 2,5 HI MT, dan 2,5 HI AT. Varian termurah (2,5 MID MT) dibanderol dengan harga Rp 388,15 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya