Karena Gempa Besar, Toyota Hentikan Produksi

Juru bicara Toyota, Aikiko Kita mengatakan, penutupan pabrik akan memengaruhi seluruh jajaran Toyota dan Lexus di Jepang, dengan pengecualian dua pabrik Daihatsu yang juga memproduksi mobil Toyota.

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Sep 2018, 06:08 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2018, 06:08 WIB
Logo Toyota
Toyota duduki posisi ketiga penjualan global pada 2017 (nikkei asian)

Liputan6.com, Hokkaido - Toyota terpaksa menghentikan proses produksinya akibat gempa besar yang mengguncang Hokkaido, Jepang Utara pada Kamis (6/9/2018).

Dilansir Zing, Toyota mulai menyetop produksi pada Sabtu (8/9/2018), yaitu pabrik Kyushu, Tahara, dan Toyota Auto Body. Di sinilah Lexus, Toyota Land Cruiser, dan mobil lainnya diproduksi untuk pasar luar negeri.

Juru bicara Toyota, Aikiko Kita mengatakan, penutupan pabrik akan memengaruhi seluruh jajaran Toyota dan Lexus di Jepang, dengan pengecualian dua pabrik Daihatsu yang juga memproduksi mobil Toyota.

Toyota memiliki total 18 produsen mobil di Jepang. Perusahaan tak mengatakan apakah penutupan jalur produksi dalam negeri akan memengaruhi operasinya di luar negeri.

Toyota juga memiliki pabrik di Tomakomai, Hokkaido, yang memroduksi transmisi otomatis dan continously variable transmission (CVT).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Selanjutnya

Toyota pun tak mengatakan kpaan proses produksi akan dilanjutkan kembali. Juru bicara Toyota Amerika Utara mengatakan bahwa pemberhentian produksi ini tak akan berdampak besar untuk operasi Amerika Utara.

Sementara itu, juru bicara Nissan Motor Co, Koji Okuda mengatakan bahwa perusahaan tak berharap akan adanya gangguan produksi dari gempa. Nissan memang memiliki lahan di sana, dan operasi di sana sementara dihentikan karena pemadaman listrik

Sumber: Otosia.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya