Mau Motor Aman dari Maling, Simak 5 Ragam Gembok dan Harganya

Fitur keamanan pada sepeda motor diperuntukkan untuk mencegah motor kemalingan. Namun, niat jahat maling tak bisa diremehkan. Sistem keamanan terbaru bisa saja ditembus. Untuk mengurangi risiko motor kemalingan, Anda bisa menambahkan lapisan keamanan pada motor. Be

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Mar 2019, 16:06 WIB
Diterbitkan 06 Mar 2019, 16:06 WIB
Gembok motor
Ilustrasi gembok motor grip lock (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Fitur keamanan pada sepeda motor diperuntukkan untuk mencegah motor kemalingan. Namun, niat jahat maling tak bisa diremehkan. Sistem keamanan terbaru bisa saja ditembus. Untuk mengurangi risiko motor kemalingan, Anda bisa menambahkan lapisan keamanan pada motor. Berikut beberapa model gembok yang bisa Anda lirik.

Gembok Alarm

Alarm lock sebetulnya bukan barang baru. Peringatan bisa aktif bila terkena sentuhan atau getaran. Gembok macam ini lazim dipasang pada bagian roda motor. Khususnya cakram depan. Suara yang keluar berkekuatan hingga 110 dB. Di toko online, Anda bisa menemukan mulai dengan harga Rp 50 ribuan hingga ratusan ribu. Pilih sesuai kebutuhan.

Beberapa kunci pada gembok juga punya bentuk yang unik. Jadi sedikit repot untuk didublikasi atau dijebol. Dalam pembelian, biasanya terpasang baterai kecil dan serepnya. Konon, usia baterai bisa bertahan cukup lama.

Grip Lock

Grip Lock biasanya dipasang pada bagian tuas gas, kopling atau rem. Pokoknya yang berkaitan dengan setang. Model ini berdiameter grip 27 mm sampai 38 mm. Hampir semua jenis motor bisa dipasangkan. Ia mengandalkan material spring steel dan housing glass reinforced nylon. Kelebihannya, praktis dan mudah dibawa ke mana saja. Di bawah jok, misalnya. Banderol gembok ini mulai dari Rp 75 ribuan hingga ratusan ribu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Selanjutnya

Kunci gembok motor untuk roda
Kunci gembok motor untuk roda (oto.com)

Gembok Pelek

Ada banyak model gembok pelek. Salah satu yang terkenal bermerek Schone. Dipasangkan antara pelek depan dengan shock motor. Bentuknya agak besar. Jadi lebih cocok dipakai di rumah. Bahan yang digunakan besi kuat. Banderolnya sedikit lebih mahal dari jenis lain. Rp 200 sampai Rp 300 ribuan.

Gembok Rantai

Kalau mau gembok yang berkualitas, bisa pilih model rantai. Misalnya Cryptonite New York Fahgettaboudit 1415. Ketebalan rantai berdiameter 15 mm. Diklaim punya daya tahan terbaik untuk melindungi motor. Namun Anda harus mengeluarkan kocek lebih dalam. Pasalnya, gembok ini berharga Rp 2 jutaan. Ia dilengkapi penguncian U-Lock atau kunci US, yang memiliki standar keamanan terbaik. Motor adalah aset bergerak yang berharga, jadi keamanannya patut diprioritaskan.

Jenis Immobilizer

Ada jenis pengaman Spy 5000m. Fungsinya sebagai remote control untuk motor. Memungkinkan Anda punya kendali dari jarak efektif 1.000 sampai 2.000 meter. Melalui remote, Anda bisa mengetahui semua gangguan fisik pada motor karena sistem deteksi canggih. Secara langsung notifikasi pada remote memberikan beberapa informasi dengan lambang yang berkedip dan suara.

Dengan sistem keamanan yang terintegrasi, berbagai tindakan pencegahan bisa dilakukan. Misalnya mematikan mesin, menghidupkan alarm dan pelacakan. Harganya sekitar Rp 1,5 jutaan. Teknologi ini dibilang mampu memberikan perlindungan ekstra pada motor. 

Sumber: Oto.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya