Harap Bersabar, Inden Ferrari 296 GTS Tembus Dua Tahun

PT Eurokars Prima Utama, distributor resmi Ferrari di Indonesia resmi membawa supercar terbarunya, 296 GTS

oleh Arief Aszhari diperbarui 10 Feb 2023, 18:36 WIB
Diterbitkan 10 Feb 2023, 18:36 WIB
Ferrari 296 GTS Resmi Dibawa ke Indonesia (Arief A/Liputan6.com)
Ferrari 296 GTS Resmi Dibawa ke Indonesia (Arief A/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - PT Eurokars Prima Utama, distributor resmi Ferrari di Indonesia resmi membawa supercar terbarunya, 296 GTS. Mobil super asal Italia ini, merupakan kendaraan plug-in hybrid (PHEV) yang memiliki performa yang cukup luar biasa.

Namun, bagi konglomerat di Indonesia yang berniat memboyong mobil super dari pabrikan berlambang kuda jingkrak ini harus bersabar. Pasalnya, inden atau waktu tunggu pesan mobil ini cukup lama.

"Tetap (inden) karena jalurnya, sudah waiting list. Mobil lain saja sudah setahun lebih, kalau kita kurang lebih 2 tahun lah," jelas Nini Chiandra, General Manager PT Eurokars Prima Utama, di sela-sela peluncuran Ferrari 296 GTS, Jumat (10/2/2023).

Lanjut Nini, untuk ketersediaan Ferrari 296 GTS ini juga dibatasi oleh pihak prinsipal. Namun, wanita ramah ini tidak memberikan informasi lebih detail, berapa jatah unit untuk pasar Indonesia.

"Pasti, semua ada kuotanya. Karena kan, kita semua dibatasi, tergantung prinsipal," tegas Nini.

Berbicara jantung penggerak, supercar asal Italia ini menggendong mesin V6 berkapasitas 2,9 liter turbo, yang dilengkapi dengan sistem hybrid yang terdiri dari baterai lithium-ion 7,45 kWh dan motor listrik di poros roda belakangnya.

Tidak seperti SF90 Stradale, mobil ini hanya menggerakkan roda belakangnya. Total output yang bisa dimuntahkan dari powertrain hybrid ini adalah 819 tk (830 ps) dan 740 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam bisa dicapai dalam 2,9 detik.


Spesifikasi

Roda belakang mendapatkan saluran output dari mesin melalui transmisi otomatis 8-speed yang dioperasikan via paddle-shifter.

Sementara teknologi hybrid yang berformat plug-in (PHEV) ini bisa dimanfaatkan untuk berkendara hanya menggunakan tenaga listrik sampai sejauh 25 kilometer.

Kecepatan mobil seuper ini bisa dicapai dengan motor listriknya saja bahkan bisa tembus 120 km/jam. Regenerasi energi dari mobil ini menggunakan MGU-K (motor generator unit – kinetic) yang diadopsi dari Formula 1.

Tenaga super ini disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi dual-clutch basah delapan percepatan.

Dari spesifikasi tersebut, Ferrari 296 GTS dapat berakselerasi dari 0 - sampai 100 km per jam dalam waktu 2,9 detik.

Sedangkan waktu 0 sampai 200 km per jam, hanya dalam waktu 7,3 detik dan kecepatan maksimum 330 km per jam. Model ini juga memiliki catatan rekor 1 menit 21 detik di Sirkuit Fiorano.

 

Infografis: Bumi Makin Panas, Apa Solusinya? (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis: Bumi Makin Panas, Apa Solusinya? (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya