Sepeda Motor Listrik Ini Berhasil Cetak Rekor Kecepatan Baru di Atas Es

Motor listrik buatan Swedia, RGNT sukses menorehkan rekor baru dalam meraih kecepatan tertinggi di atas permukaan es

oleh Fahmi Rizki diperbarui 07 Mar 2023, 06:06 WIB
Diterbitkan 07 Mar 2023, 06:06 WIB
Motor listrik RGNT No.1 Classic berhasil torehkan rekor kecepatan baru di atas es
Motor listrik RGNT No.1 Classic berhasil torehkan rekor kecepatan baru di atas es

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran sepeda motor listrik tidak semata-mata untuk memenuhi hasrat berkendara dengan cara yang lebih hijau, tetapi banyak orang memanfaatkan kehadiran motor listrik ini dengan menyisipkan unsur kreatif di dalamnya.

Bahkan, beberapa modifikator pun sudah melakukan modifikasi dengan menggunakan motor listrik sebagai kanvasnya. Namun, di luar itu banyak hal-hal menarik yang juga bisa dilakukan lewat kehadiran motor listrik tersebut.

Seperti yang dilakukan pembuat motor listrik asal Swedia, RGNT, yang baru-baru ini berhasil memecahkan rekor kecepatan tertinggi saat berakselerasi di atas lintasan permukaan es.

Model RGNT No. 1 Classic SE menjadi model yang dipercaya untuk merobek rekor baru tersebut, di mana model ini hadir dengan desain cafe racer sehingga aliran udara dari depan ke belakang dapat tersalurkan dengan baik lewat penggunaan fairing depan. Tidak hanya itu, motor listrik ini juga telah dipersenjatai dengan ban berduri untuk menghasilkan cengkeraman yang lebih mumpuni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Motor listrik RGNT No.1 Classic melampaui tiga rekor sekaligus
Motor listrik RGNT No.1 Classic melampaui tiga rekor sekaligus

Bicara rekor yang dikemas motor listrik tersebut, dilansir Rideapart, RGNT No. 1 Classic juga menyabet tiga rekor lainnya yakni Motor Listrik Tercepat di Atas Es, Motor Listrik A1 Tercepat di Atas Es, serta Model Produksi Motor Listrik Tercepat di Atas Es.

Adapun masing-masing catatan waktu yang dihasilkan adalah 155,14 kpj untuk rekor pertama, 135,03 kpj untuk rekor kedua, dan 114,3 kpj untuk rekor ketiga.

Pencapaian yang diraih oleh tim ini bukan perkara mudah, pasalnya beberapa tantangan yang dihadapi tim saat melakukan pengembangan harus memperhatikan beberapa kandungan yang ada di atas es, seperti garam, aspal atau permukaan lainnya. Tidak hanya itu, tim ini juga mengatakan bahwa mereka sempat terkendala dengan dampak negatif dari cuaca dingin terkaiti efisiensi baterai yang digunakan.


Usai Terbakar, Sepeda Motor Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Masih Hidup

Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara terbakar pada Jumat 3 Maret 2023 sekitar jam 20.11 WIB. Kebakaran ini baru bisa mereda pada Jumat tengah malam.

Pada Minggu (5/3/2023), warga mulai mengambil sisa-sisa barang yang masih layak pakai di lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Salah satunya, Putra Supriyadi (28).

Putra mendatangi bangunan kos-kosan tempat kakak kandungnya tinggal di RT 06 RW 1, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara. Bangunan tersebut sudah habis dilalap api kebakaran Depo Pertamina Plumpang.  Putra kembali untuk mengambil sepeda motor yang sudah rusak parah di antara puing-puing bangunan. 

Kehadirannya menyedot perhatian Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara. Petugas Sudin Sumber Daya Air Jakarta Utara menggali puing-puing menggunakan alat berat.

Putra berusaha menyakinkan sepeda motor milik kakak yang juga jadi korban kebakaran. Putra mengeluarkan kunci kontak. Ternyata, benar sepeda motor itu pun hidup. Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakut meminta rekannya untuk mengambil foto Putra untuk pendataan.

Putra tak keberatan. Usai itu, ia dibantu petugas mencoba memindahkan sepeda motor matik milik kakaknya. Putra bersyukur sepeda motor masih bisa menyala meski keadaan sudah rusak parah. "Belum tahu (mau diapakan motornya). Kita amankan dahulu. Mungkin nanti ada yang ganti," ujar dia.


Infografis Motor Listrik

infografis motor listrik
motor listrik lebih murah dalam perawatan, tapi tidak untuk baterai (liputan6.com/abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya