Peminat Konversi Motor Listrik Masih Jauh dari Target, Bengkelnya Baru Ada Satu

Kementerian energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat hanya ada 163 permohonan konversi motor listrik melalui platform digital

oleh Arief Aszhari diperbarui 11 Mei 2023, 15:04 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2023, 15:04 WIB
Pemerintah Sebar Subsidi Konversi Motor Listrik Sebesar Rp 7 Juta
Mekanik melakukan pengecekan akhir komponen listrik sebuah sepeda motor konvensional atau motor berbahan bakar bensin menjadi motor listrik di SporaEV Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (9/3/2023). Selain memberikan subsidi sebesar Rp 7 juta untuk pembelian sepeda motor listrik baru, pemerintah juga memberikan subsidi sama bagi masyarakat yang mengonversi sepeda motor konvensionalnya menjadi motor listrik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat hanya ada 163 permohonan konversi motor listrik melalui platform digital. Jumlah tersebut, jauh dari terget yang dicanangkan sebesar 50 ribu unit pada 2023.

"Sekarang kan baru satu bengkel yang ditunjuk, itu sudah 163 yang daftar ya," kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana. Demikian seperti disitat dari Bisnis Liputan6.com, Kamis (11/5/2023).

Sementara itu, untuk tahun depan atau 2024, target konversi motor listrik ditargetkan harus mencapai 150 ribu unit. Adapun besaran bantuan yang diberikan sebesar Rp 7 juta per unit motor konversi.

"(Masih jauh dari target) tapi 163 orang juga dari satu bengkel. Mereka sudah membuktikan bahwa program ini berjalan dari satu bengkel pun," ujarnya.

Sementara itu, untuk bengkel konversi sepeda motor listrik ini, sudah ada 22 bengkel yang bersertifikasi Kementerian perhubungan.

Namun, baru ada 8 bengkel motor konversi yang sudah dipastikan bisa ikut program konversi sepeda motor konvensional menjadi motor listrik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Akses bengkel ke daerah

"Nanti akan ada bengkel-bengkel yang punya akses di daerah. Itu bengkelnya baru yang di Cipulir, itu saja sudah 163 (pemohon). Hari ini Insyallah akan ditunjuk, hari ini akan ada 7 jadi akan ada 8 (bengkel). Nanti bakal ada juga yang di Bali," ujarnya.

Dadan menyampaikan, delapan bengkel tersebut dianggap telah siap dan mampu mendukung program konversi motor listrik dengan target sekitar 35 ribu motor.

"Kita sudah tanya kapasitasnya berapa, sudah, terus kita jumlah karena kita target 50 ribu. Nah, yang 8 ini sudah 35 ribu kapasitasnya. Mudah-mudahan makin luas," pungkasnya.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya