Laju Kendaraan Listrik di Indonesia Masih Terkendala Infrastruktur

Peralihan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, semakin bergerak cepat. Namun, di satu sisi memang masih ada beberapa kendala dan tantangan

oleh Arief Aszhari diperbarui 25 Jul 2024, 20:13 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 20:13 WIB
Indonesia Bisa Jadi Produsen Utama Baterai Kendaraan Listrik (Instagram @jokowi)
Indonesia Bisa Jadi Produsen Utama Baterai Kendaraan Listrik (Instagram @jokowi)

Liputan6.com, Jakarta - Peralihan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, semakin bergerak cepat. Namun, di satu sisi memang masih ada beberapa kendala dan tantangan yang memang harus diselesaikan oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah dan pabrikan otomotif yang berbisnis di Tanah Air.

Menurut Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara, pemerintah memang harus lebih agresif untuk menggenjot pertumbuhan infrastruktur kendaraan listrik di dalam Negeri.

"Ini yang dikejar selalu industri otomotif, padahal ini selalu siap. Begitu siap, ternyata infrastruktur tidak siap. EV misalnya, kendalannya dan tantangannya semua tahu masih persoalan seputar infrastruktur," ujar Kukuh, saat memberikan sambutan di forum diskusi Dialog Industriu Otomotif Nasional, yang diadakan Center of Mobility Studies (ICMS), di ICE BSD, Tangerang, Rabu (25/7/2024).

Lanjut Kukuh, infrastruktur yang memadai memang menjadi faktor yang sangat krusial, terkait perkembangan kendaraan listrik. Hal tersebut, sekaligus untuk mendukung adopsi dan operasionalnya secara efektif.

Dengan adanya infrastruktur, terutama jaringan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang luas, maka penggunaan kendaraan listrik akan lebih praktis, sekaligus lebih menarik bagi konsumen yang memang berniat untuk beralih menggunakan mobil ramah lingkungan tersebut.

"Kalau dari kita, Gaikindo, makanya kita multipathway, artinya let consumer desire, biarkan masyarakat memilih. Kalau tujuannya adalah ramah lingkungan, ada alternatif lainnya, seperti bio etanol, bio diesel dan bahan bakar alternatif lainnya yang lebih ramah lingkungan," tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Industri Otomotif Nasional

Sementara itu, dalam diskusi terkait industri otomotif nasional ini, memang perlu dilakukan untuk bisa bertukar pikiran, antar pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah, pelaku industri otomotif, hingga akademisi seperti ICMS perlu dilakukan untuk menjadi wadah bertukar aspirasi yang pada akhirnya bertujuan untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi.

Selanjutnya diharapkan dapat disosialisasikan melalui berbagai media agar mendapat perhatian dan ditindaklanjuti oleh para pemangku kepentingan termasuk pembuat kebijakan.

"Kami berharap nantinya Indonesia tidak hanya memiliki industri otomotif yang kuat, tetapi juga menjadi industri yang dapat memberikan sumbangsihnya bagi kesejahteraan masyarakat dan memberikan kontribusi berarti terhadap pertumbuhan ekonomi nasional," tukas Kukuh.


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya