Pemilih Agus, Ahok atau Anies yang Paling Kuasai Medsos?

Berbagai jenis media sosial digunakan para pemilih Agus, Ahok maupun Anies. Mulai dari Facebook, Twitter, juga WhatsApp dan BBM.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 15 Nov 2016, 08:27 WIB
Diterbitkan 15 Nov 2016, 08:27 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI) menyebut pemilih yang menggunakan handphone (HP) di Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang sebesar 91 persen.

Sedangkan untuk pemilih pasangan calon (paslon) Anies Baswedan-Sandiaga Uno adalah yang paling banyak menggunakan HP. Hal itu juga disebabkan pemilih Anies-Sandi merupakan kalangan menengah ke atas.

"Pemilih pasangan Anies-Sandi yang paling banyak menggunakan handphone dengan persentase 94,7 persen. Keduanya didukung oleh pemilih pemula dan juga kalangan menengah ke atas," ungkap Direktur Eksekutif LKPI Dendi Susianto di Restoran Pulau Dua Jakarta, Senin, 14 November 2016.

Lalu, lanjut dia, disusul dengan paslon Agus-Sylvi sebesar 92,6 persen dan Ahok-Djarot 90,6 persen. Menurut survei LKPI, Dendi menjelaskan Facebook adalah media sosial (medsos) yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.

"Di Facebook, pemilih paslon Anies-Sandi paling banyak aktif hingga 51,6 persen. Sedangkan Agus-Sylvi 45,7 persen dan Ahok-Djarot 45,8 persen," ucap dia.

Tak hanya itu, ternyata pasangan Anies-Sandi juga aktif di BBM atau WhatsApp dengan persentase 61,3 persen dan Twitter 24,5 persen.

"Pasangan Agus-Sylvi di BBM atau WhatsApp meraih 50,5 persen dan Twitter 18,7 persen. Sementara Ahok-Djarot di BBM atau WhatsApp memperoleh persentase 52,7 persen dan Twitter 22,2 persen," tutur Dendi.

"Kalau Anies-Sandi enggak bisa manfaatkan ini, dia hanya jadi pangsa pasar aja," demikian Dendi mengungkapkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya