KPU Kabupaten Bandung Terima 2.420.699 Lembar Surat Suara

Demi memastikan keamanan surat suara, KPU telah berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Bandung dan Polresta Bandung untuk meningkatkan penjagaan Kampung Sawah.

oleh Dikdik Ripaldi diperbarui 14 Nov 2020, 08:39 WIB
Diterbitkan 14 Nov 2020, 08:18 WIB
Terapkan Protokol Kesehatan, KPU Gelar Simulasi Pemungutan Suara
Petugas menunjukkan surat pemungutan suara dalam pemilihan serentak 2020 saat simulasi di Halaman Kantor KPU, Jakarta, Rabu (22/7/2020). Tahapan ini dilaksanakan dengan mengutamakan aspek kesehatan dan keselamatan bagi para pihak yang terlibat. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung menerima 2.420.699 lembar surat suara pada Jumat 13 November 2020. Jumlah itu, termasuk 2,5 persen ditambah Daftar Pemilih Tetap (DPT) per Tempat Pemungutan Suara (TPS), serta 2.000 lembar surat suara untuk pemungutan suara ulang.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya menyampaikan, dalam rangka mengecek kelayakan surat suara yang telah diterima, KPU akan menyortir dan melipat surat di Gudang KPU daerah Kampung Sawah, Kabupaten Bandung, Minggu 15 November 2020. Adapun, pelipatan surat suara tersebut akan melibatkan sekitar 400 warga setempat.

"Melipat dan mengikat. Satu ikat ada 25 lembar surat suara, sebelum dimasukkan ke sampul," kata Agus saat dikonfirmasi, Jumat (13/11/2020).

Dia mengatakan, demi memastikan keamanan surat suara, KPU telah berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Bandung dan Polresta Bandung untuk meningkatkan penjagaan Kampung Sawah. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah hal yang tak diinginkan.

"Kita berkoordinasi dengan Damkar (pemadam kebakaran) untuk antisipasi kebakaran. Selain itu, terkait ancaman banjir, kami sudah memastikan agar gudang itu betul-betul rapat, tidak bocor, agar tak ada air yang masuk," kata Agus.

Selain surat suara, KPU masih menunggu kiriman logistik lainnya, di antaranya adalah daftar pasangan calon, formulir, buku panduan, segel, dan, sampul, di samping Alat Pelindung Diri (APD).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Proses distribusi logistik Pilkada Kabupaten Bandung sesuai jadwal

Terapkan Protokol Kesehatan, KPU Gelar Simulasi Pemugutan Suara
Petugas saat simulasi pemungutan suara dalam pemilihan serentak 2020 di Halam Kantor KPU, Jakarta, Rabu (22/7/2020). Tahapan ini dilaksanakan dengan mengutamakan aspek kesehatan dan keselamatan bagi para pihak yang terlibat. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, KPU Kabupaten Bandung juga telah menerima sejumlah logistik kebutuhan Pilkada 2020, Minggu 8 November 2020. Tercatat, ada sebanyak 6.874 kotak suara, 13.748 tinta sidik jari, 41.244 cable ties (kabel untuk merangkai kotak suara) dan ATK (alat tulis kantor).

Agus mengatakan, sejumlah logistik tersebut juga disimpan di Gudang KPU. Nantinya, logistik akan didistribusikan ke tiap TPS di 31 kecamatan. Terhadap logistik yang telah datang, pihaknya langsung melakukan pengecekan.

"Logistik (kotak suara, tinta sidik jari, cable ties, ATK) sudah tiba," katanya.

Agus mengklaim, proses distribusi logistik Pilkada Kabupaten Bandung masih sesuai jadwal, lancar dan terkendali. Agus menaksir, pengiriman semua logistik akan rampung hingga minggu ketiga dan keempat pada bulan November ini.

Diketahui, KPU Kabupaten Bandung telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung Tahun 2020. Total ada sebanyak 2.356.412 pemilih dalam Pilkada 2020 Kabupaten Bandung. Adapun, terdapat 6.874 TPS yang tersebar di 280 desa/kelurahan dari 31 kecamatan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya