Bakal Capres Prabowo Subianto Segera Temui Gibran dan Jokowi Bahas Cawapres

Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto akan segera menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

oleh Devira PrastiwiLizsa Egeham diperbarui 21 Okt 2023, 13:40 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2023, 13:40 WIB
Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto akan segera menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto akan segera menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Dok. Instagram @prabowo)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto akan segera menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Pertemuan tersebut dilakukan usai usulan Partai Golkar yang menginginkan putra sulung Jokowi itu menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping dirinya.

"Secepatnya," ucap Prabowo saat ditanya jadwal pertemuan dengan Gibran Rakabuming Raka di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Sabtu (21/10/2023).

Dia juga tak mengungkapkan kapan pertemuan dengan Jokowi. Prabowo hanya memastikan bahwa pertemuan akan dilakukan secepatnya.

"Secepatnya," tegas Prabowo.

Sebelumnya, Partai Golkar telah mengusulkan Bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan mendampingi Bakal Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024, yaitu Gibran Rakabuming Raka.

"Mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangakan dengan Pak Prabowo sebagai calon wakil presiden RI," kata Airlangga Hartarto di Rapimnas II Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Usulan itu, kata Airlangga, didapatkan dari hasil pertemuan dan rapat dengan ketua-ketua DPD semalam, Jumat 20 Oktober 2023.

Sebelumnya, Airlangga mencontohkan kepemimpinan Sutan Syahrir yang menjabat sebagai perdana menteri pertama RI yang berusia 36 tahun. Maka dari itu Golkar optimistis bahwa pemimpin muda dapat kembali memimpin pemerintahan.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membuka kemungkinan putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka hadir ke rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Usul Gibran Jadi Cawapres, Golkar Minta Prabowo Bahas dengan Ketum Parpol Koalisi

Prabowo Subianto Hadiri Syukuran HUT ke-59 Partai Golkar
Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Bacapres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto, Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri ke kanan) saat syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Partai Golkar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Partai Golkar resmi mengusulkan putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Prabowo Subianto.

Airlangga meminta Prabowo untuk membawa usulan ini dalam pertemuan ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Hal ini disampaikan Airlangga dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023). Rapimnas ini juga dihadiri oleh bakal calon presiden (bacapres) dari KIM, Prabowo Subianto.

"Bismillah maka saya ketok usulan Partai Golkar yang saya akan serahkan kepada Bapak Prabowo dan ini untuk dibawa Pak Prabowo dalam pertemuan forum ketum partai," jelas Airlangga dalam Rapimnas Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Dalam Rapimnas ini, Partai Golkar juga resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai bacapres. Airlangga lalu meminta persetujuan kepada DPD RI Partai Golkar se-Indonesia, petinggi dan kader Partai Golkar.

"Apakah setuju? SETUJU. Aceh setuju? Papua setuju? Sulawesi setuju? NTT setuju? Jabar setuju? Banten? Jateng? Jatim? Bali, NTT NTB Kalimantan? Pak Prabowo, semua setuju," tutur Airlangga yang dilanjutkan dengan pemukulan palu.

Menurut dia, keputusan mendukung Gibran sebagai bacawapres pendamping Prabowo dibahas cukup lama bersama Ketua DPD Partai Golkar se-Indonesia. Airlangga juga memastikan keputusan mendukung sosok dibawah usia 40 tahun kebawah sebagai bacawapres disetujui oleh para Ketua DPD.

"Ada satu yang harus kami tanya juga, under 40? Setuju!," ucap Airlangga.

 


Prabowo Akan Bahas Usulan Gibran Rakabuming Raka Jadi Cawapres ke Forum Ketum Parpol Koalisi

Prabowo Subianto Hadiri Syukuran HUT ke-59 Partai Golkar
Kedatangan Prabowo Subianto disambut langsung Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, calon presiden Prabowo Subianto mengaku akan membawa usulan Partai Golkar yaitu mengusung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden ke pertemuan para Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Karena KIM terdiri dari 8 partai, 4 partai parlemen, 4 non parlemen, biasanya kita akan rapat, musyawarah dan umumkan keputusan kita bersama. Usul ini akan bawa ke pertemuan ketua umum," ujar Prabowo usai menghadiri Rapimnas Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Prabowo pun meminta publik untuk menunggu deklarasi capres dan cawapres karena sewaktu-waktu bisa saja diumumkan.

"Sewaktu-waktu (bisa deklarasi), bahwa dinamika politik Indonesia memerlukan sikap dinamis, luwes, dan dengan etika berbuat baik untuk rakyat. Kami akan selesaikan dengan stategis dalam waktu sesingkat-singkatnya," kata Prabowo.

Prabowo pun mengapresiasi keputusan Golkar yang menyodorkan Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden. Padahal sebelumnya, Golkar telah mengajukan Ketua Umumnya Airlangga Hartarto.

"Saya resmi jadi capres dan Mas Gibran jadi cawapres, ini keputusan Golkar. Ini keputusan yang luar biasa dan berjiwa besar karena tadinya mencalonkan Airlangga. Tapi Golkar melepas demi kepentingan yang besar," kata dia.

 


Sodorkan Gibran Jadi Cawapres, Prabowo: Golkar Punya Jiwa yang Besar

Airlangga
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung, Solo, Sabtu (14/8/2021). (Ist)

Bakal calon presiden Prabowo Subianto mengapresiasi sikap Partai Golkar dan Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto yang mengajukan Wali Koita Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden.

Padahal, menurut Prabowo, Golkar memiliki banyak tokoh yang mumpuni menjadi capres dan cawapres. Sementara Gibran sendiri saat ini masih menjadi kader PDIP.

"Demi kepentingan yang besar, demi kepentingan rakyat, stabilitas dan kesinambungan beliau dan Golkar hari ini menunjukan jiwa besarnya," kata Prabowo di DPP Partai Golkar, Sabtu, (21/10/2023).

Menurut Prabowo, sikap Golkar ini tidak memikirkan golongan, ego dan hanya berfikir untuk kepentingan bangsa Indonesia.

"Dari lubuk hati saya, saya hormat dengan Partai Golkar," ujarnya.

Selain Airlangga Hartarto, Prabowo juga menyinggung sikap Ridwan Kamil yang juga berjiwa besar tak dicalonkan sebagai wakil presiden.

"Ridwan kamil salah satu capres dan cawapres sangat disegani dan takuti saat ini, tapi beliau berjiwa besar. Saya berbesar hati siap berjuang bersama Golkar," ujarnya.

Infografis Keakraban Prabowo Subianto dan Erick Thohir Jelang Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Keakraban Prabowo Subianto dan Erick Thohir Jelang Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya