Dapat Dukungan Pendekar Silat di Solo, Ganjar Ingatkan Pentingnya Pelestarian Budaya

Calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo menerima dukungan dari Jaringan Pencak Silat Nusantara (JPSN) di Karanganyar, Jawa Tengah.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 24 Des 2023, 16:10 WIB
Diterbitkan 24 Des 2023, 16:10 WIB
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo berolahraga di Car Free Day atau CFD Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023)
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo berolahraga di Car Free Day atau CFD Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023). (Liputan6.com/ Nanda Perdana Putra)

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo menerima dukungan dari Jaringan Pencak Silat Nusantara (JPSN) di Karanganyar, Jawa Tengah. Dalam acara yang dihadiri sekitar tiga ribu orang itu, Ganjar Pranowomengingatkan pentingnya melestarikan kebudayaan.

"Inilah pekerjaan kita semua untuk membangun seni dan kebudayaan itu, termasuk di dalamnya ada pencak silat, yang punya nuansa seni tinggi, filosofinya tinggi, bisa untuk bela diri, bisa juga untuk olah raga,” tutur Ganjar di Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).

Ganjar pun membayangkan jika beragam seni dan budaya di Indonesia dapat dikemas lewat pertunjukan yang menarik dan mengikuti perkembangan zaman, maka nantinya dapat dinikmati seluruh dunia hingga muncul berbagai prestasi dengan level internasional.

"Salah satunya silat, sudah mulai dipentaskan di banyak event olah raga di kelas dunia. Ini yang harus terus kita siapkan,” jelas dia.

Kebaikan dari tradisi dari nenek moyang, sambungnya, haruslah sampai ke anak muda bangsa. Terlebih, generasi bangsa Indonesia terdidik sangat menghormati orang tua, punya budi pekerti yang baik, serta prestasi hebat lantaran para guru yang kompeten.

"Kita akan cari anak-anak berprestasi, mungkin prestasi olah raga, prestasi akademik yang mungkin saja mereka dari keluarga yang tidak mampu, biarlah yang mengurus negara,” ungkap Ganjar.

Adapun isi deklarasi JPSN untuk paslon nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Pemilu 2024 adalah sebagai berikut:

1. Kami JPSN berada di garda terdepan dalam turut menentukan arah kemajuan bangsa proses demokrasi dan mendukung kepemimpinan nasional yang visioner berintegritas dan sejalan dengan visi gerakan pembaharuan kaum muda Indonesia

2. Kami JPSN mendukung regenerasi kepemimpinan nasional secara adil aman dan damai guna keberlangsungan cita-cita keutuhan bangsa dan NKRI

3. Kami JPSN dengan ini menyatakan mendukung bapak Ganjar Pranowo dan Mahfud Md sebagai Presiden dan Wapres RI dalam Pilpres 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jadwal Kampanye Ganjar di Jateng

Calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo melanjutkan jadwal kampanyenya di Jawa Tengah. Dia akan ikut serta melakukan pemantauan persiapan perayaan Natal di gereja hingga menghadiri dialog bersama masyarakat.

Berdasarkan agenda yang diterima Liputan6.com, Minggu (24/12/2023), Ganjar Pranowo mengawali hari dengan berolahraga di Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Solo dan dilanjutkan sarapan di warung sekitar.

Selanjutnya, dia akan meresmikan Posko Ganjar-Mahfud di Pasar Notoharjo atau Pasar Kliwon dan menghadiri peresmian Posko Pemenangan Ganjar-Mahfud Banyuanyar, Banjarsari.

Kemudian, Ganjar dijadwalkan menghadiri deklarasi Jaringan Pencak Silat Nusantara (JPSN) untuk Ganjar-Mahfud di De Tjolomadoe. Kegiatan disusul dengan memantau persiapan Natal di Gereja Purbowardayan, Jalan A Yani No.10, Tegalharjo, Kecamatan Jebres.

 


Berbincang dengan Milenial dan Gen Z

Tengah hari, dia direncanakan makan siang di Burjo Sadulur Kuningan (SK) 2, Jalan KH Masykur, Jebres dan menghadiri apel siaga Satgas PDIP DPC Kota Surakarta di Taman Sunan Jogo Kali.

Ganjar juga akan hadir dalam pertemuan dengan TPD dan Caleg partai koalisi se-Karanganyar, Jalan KH Samanhudi, Badran Asri, Cangakan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar.

Selain itu, Ganjar akan menghadiri diskusi dengan milenial, Gen Z, dan perempuan se-Karanganyar di Rumah Koordinator Relawan Milenial. Kemudian, akan ada pertemuan dengan TPC, Caleg Partai Koalisi, serta relawan se-Sragen di Ndayu Park, Sragen.

Masuk malam hari, dia menghadiri bincang ringan dengan milenial, Gen Z dan Perempuan se-Sragen di Basecamp WIYAS. Agenda ditutup dengan ngopi dan ngobrol bareng dengan pengrajin batik se-Sragen di Batik Windasari Kliwonan, Desa Kliwonan, Sragen.

 

Infografis Sederet Alasan PPP Usung Ganjar Pranowo Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Alasan PPP Usung Ganjar Pranowo Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya