Anies: Saya Terima Amanat Partai NasDem Jadi Cagub Jakarta

Anies mengaku merasa terhormat dengan dukungan yang diberikan dan berjanji akan memperjuangkan kemenangan untuk rakyat Jakarta.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 22 Jul 2024, 17:27 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 17:26 WIB
Nasdem
Anies Baswedan resmi dipinang oleh Partai NasDem untuk kembali maju ke gelanggang kontestasi pemilihan gubernur Jakarta. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro).

Liputan6.com, Jakarta Anies Baswedan resmi dipinang oleh Partai NasDem untuk kembali maju ke gelanggang kontestasi pemilihan gubernur Jakarta. Dia mengaku merasa terhormat dengan dukungan yang diberikan dan berjanji akan memperjuangkan kemenangan untuk rakyat Jakarta.

“Saya ingin sampaikan di sini, saya merasa mendapatkan kehormatan dengan rasa rendah hati dan mohon ridho Allah, amanat yang diembankan oleh partai Nasdem ini kami terima dan kami akan junjung dengan sebaik-baiknya, sehormat-hormatnya,” kata Anies di NasDem Tower usai dideklarasikan, Senin (22/7/2024).

“Dan (kami) akan berjuang bersama-sama sebaik-baiknya untuk warga Jakarta yang insya Allah nanti dampaknya bisa dirasakan oleh semua,” imbuh Anies.

Sebelumnya diberitakan, Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur pada Pilkada Jakarta 2024. Hal itu disampaikan Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim di NasDem Tower, Jakarta, Senin (22/7). 

Taslim menjelaskan, keputusan tersebut diambil usai menggelar rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. 

"Pilkada DKI Pak Surya Paloh yang mimpin rapat langsung menetapkan sebagai calon gubrnur DKI dari Partai NasDem," kata Taslim, saat konferensi pers di Kantor NasDem, Jakarta, Senin (22/7).

Taslim memastikan, untuk calon wakil gubernur akan diserahkan sepenuhnya kepada Anies untuk menentukan. 

Dia menyebut NasDem akan memberikan deklarasi secara resmi jika Anies telah menentukan pasangannya pada 22 Agustus 2024 atau bisa secepatnya. 

"Pak Anies juga diberikan kebebasan siapa wakilnya dengan satu syarat wakil jangan dari partai NasDem," Taslim menandasi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anies Fokus Pikirkan Masyarakat Jakarta

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengaku santai, meski DPP PKB dan DPP NasDem belum resmi mengusungnya menjadi calon gubernur (Cagub) Jakarta.

Menurutnya, waktu pendaftaran cagub masih panjang, yakni 19 Agustus 2024. "Masih panjang, kalau deadline hari ini mungkin sudah pendek. Masih panjang, kita mengalir," kata Anies di Kantor DPW PKB Jakarta, Minggu (21/7/2024).

Menurut Anies, saat ini dirinya lebih fokus memikirkan masyarakat Jakarta, terutama masyarakat menengah ke bawah.

"Dan fokus kita ini adalah masyarakat Jakarta, bahwa kondisi perekonomian keluarga apalagi yang berada di strata ekonomi lemah itu amat berat hari ini," kata dia.

Anies berharap, dirinya ke depan bisa mengembalikan kesejahteraan dan kebahagiaan bagi masyarakat Jakarta.

"Nah itu yang menjadi fokus saya, itu yang menjadi perhatian utama, sehingga kita bisa mengembalikan kesejahteraan, bisa mengembalikan kemajuan dan mengembalikan kebahagiaan, mudahan menjadi berkah," pungkasnya. 

Infografis 3 Survei Terbaru Elektabilitas Bakal Cagub Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Survei Terbaru Elektabilitas Bakal Cagub Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya