Survei LKPI Jelang Pilkada 2024: Nama Bupati Dian Kristiandi Berpeluang Menang di Jepara

Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) menggelar survei sejak 10 sampai 20 Juli 2024 untuk mengukur preferensi masyarakat terhadap tingkat elektabilitas para bakal calon Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jepara 2024.

oleh Tim News diperbarui 24 Jul 2024, 18:20 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 18:18 WIB
[Bintang] Jangan Cuma Mikirin Hari Libur, Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Pilkada 27 Juni
Setelah libur Lebaran agak-agaknya aroma liburan sudah mulai tercium. Katanya Pilkada 27 Juni jadi hari libur lho. (Ilustrasi: Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) menggelar survei sejak 10 sampai 20 Juli 2024 untuk mengukur preferensi masyarakat terhadap tingkat elektabilitas para bakal calon Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jepara 2024, Jawa Tengah.

"Hasil survei menunjukkan sosok Jadug Trimulyo pada posisi wakil bupati berpeluang besar memenangkan Pilkada Jepara walau dipasangkan dengan siapa saja calon bupatinya," ujar Direktur Eksekutive LKPI Togu lubis melalui keterangan tertulis, Rabu (23/7/2024).

Selain itu, lanjut dia, tingginya tingkat elektabilitas mantan Bupati Jepara Dian Kristiandi berhubungan erat dengan tingkat approval rating dari kepemimpinannya di Kabupaten Jepara tergolong tinggi.

Di mana, kata Togu, tingkat kepuasan mencapai 73,9%, tidak puas sebesar 17,4%, dan menganggap biasa saja sebesar 8,7 %.

"Sehingga mantan Bupati Jepara Dian Kristiandi akan berpeluang besar menang bila berpasangan dengan Jadug Trimulyo. Hal ini juga sesuai dengan beberapa simulasi komposisi berpasangan," ucap dia.

Togu menjelaskan, pada simulasi tiga pasang nama calon dengan komposisi 1 Witiarso Utomo-Jadug Trimulyo 34,8%, kedua Dian Kristiandi-Arizal Wahyu Hidayat 26,3%, ketiga Nuruddin Amin -Haizul Ma'arif 14,4%, dan tidak memilih 24,5%.

"Sementara, pada simulasi tiga pasang nama calon, dengan komposisi nama berbeda Dian Kristiandi-Jadug Trimulyo 38,3%, Witiarso Utomo-Ibnu Hajar 26,7%, Nuruddin Amin-Arizal Wahyu Hidayat 9,6%, dan tidak memilih 25,4%," papar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Simulasi Selanjutnya

ilustrasi pilkada serentak
ilustrasi pilkada serentak

Sementara itu, lanjut Togi, pada simulasi dua pasang nama calon, dengan komposisi antara dua pasangan nama bakal cabup-cawabup maka hasilnya Dian Kristiandi-Jadug Trimulyo dipilih 54,6%, Witiarso Utomo-Ibnu Hajar dipilih 34,6%, dan tidak memilih 10,8%.

"Dalam simulasi head to head cabup cawabup diubah komposisinya Witiarso Utomo dan Jadug Trimulyo berpasangan tingkat elektabilitasnya di angka 40,8%. Sedangkan pasangan Dian Kristiandi-Nuruddin Amin diangka 39,8%, dan yang tidak memilih sebesar 19,4%," kata Togu.

Disisi lain, lanjut dia, tentang tingkat keterpilihan, popularitas, dan akseptabilitas nama bakal cabup dan cawabup Jepara dalam survei menunjukkan Dian Kristiandi mendapatkan tingkat popularitas dan akseptabilitas tertinggi dengan angka 85% dan 80%.

"Kemudian, Witiarso Utomo menempati posisi kedua dengan 78% dan 72%, posisi ketiga diisi oleh Edy Supriyanta dengan 68% dan 63%, keempat diisi oleh Nuruddin Amin dengan 60% dan 54%. Disusul Hindun Anisah dengan 50% dan 43%, dan yang terakhir Jadug Trimulyo dengan 45% dan 43%," terang Togu.

Dia menilai, terlihat bahwa Dian Kristiandi mantan Bupati Jepara menempati posisi teratas di angka 23,7% mengungguli calon-calon lainnya dalam pilihan top of mind. Untuk posisi kedua ditempati Witiarso Utomo di angka 20,3%, dan posisi ketiga disusul oleh Edy Supriyanta diangka 11,8%.

"Pada posisi keempat Nuruddin Amin dengan perolehan 9,6%, kelima Hindun Anisah 7,4%, keenam Jadug Trimulyo 4,7%, Haizul Ma’arif 3,4%, nama calon bupati lainnya di bawah 2%, dan yang tidak memilih sebanyak 16,1%," kata Togu.

 


Survei Selanjutnya

Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Sementara itu, kata Togu, dalam pilihan top of mind untuk posisi calon Wakil Bupati, dalam survei menunjukan Jadug Trimulyo menjadi urutan teratas dengan mendapatkan suara sebanyak 34,8%.

"Kemudian, urutan kedua Arizal Wahyu Hidayat 14,3%, ketiga M Ibnu Hajar 8,2%, keempat Zainal Afrodi 3,9%, kelima Edy Khumaidi 3,6%, nama lainnya di bawah 2%, dan tidak memilih sebanyak 19,3%," ucap dia.

Togu menjelaskan, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 1.200 responden yang tersebar di seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Jepara. Survei mempertimbangkan proporsi jenis kelamin, usia, dan profesi responden.

"Penelitian ini dilaksanakan dengan metode wawancara tatap muka pada tanggal 10-20 Juli 2024."Dengan margin of error sebesar 2,83% dengan tingkat kepercayaan 95%," jelas Togu.

Sementara itu, Pengamat Politik dan Sosial UIN Jakarta Rikal Dikr menilai, tingginya dukungan untuk Jadug Trimulyo karena merepresentasikan generasi milenial. Menurutnya, kiprah Jaduh banyak dikenal sebagai pebisnis muda yang berhasil selama ini.

"Sektor usahanya tidak terbatas pada bisnis Kebab Turki Babarafi tetapi banyak lainnya. Apalagi Jadug merupakan anak muda yang boleh dikatakan matang dalam politik," ucap dia.

"Jadug pernah aktif sebagai anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Diponegoro dan menjabat sebagai Presiden BEM pada 2017. "Sehingga menarik kaum muda di Jepara khususnya anak muda Nahdliyin," jelas Rikal.

Infografis Menakar Peluang Duet Anies dan Kaesang di Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menakar Peluang Duet Anies dan Kaesang di Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya