Anggota Komisi IX DPR Zulfikar Ingatkan Pentingnya Empat Pilar Kebangsaan saat Pelaksanaan Pilkada 2024

Anggota Komisi IX DPR RI Zulfikar Achmad ingatkan pentingnya menerapkan empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika saat Pilkada Serentak 2024.

oleh Tim News diperbarui 26 Jul 2024, 20:59 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 20:30 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI Zulfikar Achmad ingatkan pentingnya menerapkan empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika saat Pilkada Serentak 2024.
Anggota Komisi IX DPR RI Zulfikar Achmad ingatkan pentingnya menerapkan empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika saat Pilkada Serentak 2024. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Pancasila sebagai pandangan hidup negara mampu mempersatukan bangsa yang majemuk dalam keberagaman suku, agama, budaya, dan bahasa. Hal itu seperti disampaikan Anggota Komisi IX DPR RI Zulfikar Achmad.

"Sebagai ideologi dan dasar negara, nilai-nilai Pancasila menjadi jiwa yang menginspirasi seluruh pengaturan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila menjadi sumber jati diri bangsa, kepribadian, moralitas, dan haluan keselamatan bangsa," ujar Zulfikar Achmad melalui keterangan tertulis, Jumat (26/7/2024).

Seperti halnya pada tahun ini, lanjut dia, dengan penuh kesadaran nilai dan unsur Pancasila diimplementasikan secara menyeluruh dan serentak dalam pesta demokrasi, yaitu Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024.

"Empat pilar kebangsaan dan kenegaraan Indonesia terdiri dari Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Semua itu adalah bagian yang tidak boleh dilepas bagi seorang negarawan yang penuh kesadaran tinggi pada nilai nasionalisme pada bangsa," papar politisi dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Menurut dia, maka dengan adanya sosialisasi empat pilar kebangsaan dan kenegaraan itu menjadi wadah bagi seluruh masyarakat mengingatkan kembali bahwa keberlanjutan pesta demokrasi yang akan mendatang untuk Pilkada Serentak 2024 dapat dilaksanakan dengan antusias tinggi oleh seluruh lapisan masyarakat di setiap daerah.

"Dan semoga tidak jauh lebih semarak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sebelumnya," ucap Zulfikar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sambut Pilkada Serentak 2024

Ilustrasi Pilkada Serentak
Ilustrasi Pilkada Serentak

Zulfikar mengatakan, acara Sosialisasi Empat Pilar yang dilakukan di aula pertemuan di Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi ini dilaksanakan dengan semangat luar biasa dari para peserta hadir menjadi bentuk dari keikutsertaan masyarakat untuk mensukseskan semangat demokrasi di Pilkada 2024.

"Mari kita sambut pesta demokrasi pemilihan Pilkada 2024 dengan semangat tinggi untuk perubahan lebih baik, jangan jadikan perbedaan menjadi bagian yang merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bertanah air," terang dia.

Pada kesempatan itu pula menghadirkan cara untuk penguatan ideologi, dan menunjukkan kepada dunia bahwa pesta demokrasi di Indonesia dilaksananakan dengan aman serta menggambarkan generasi yang kuat dalam memiliki wawasan dan nasionalisme tinggi untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju.

"Hal ini juga menjadi sebuah sumber kekuatan bangsa Indonesia agar tidak mudah diintervensi oleh negara lain," ucap dia.

"Dengan cara mensukseskan Pilkada sama halnya dengan menjalankan 4 pilar kebangsaan dilaksanakan dengan baik, jadikan momentum ini bersejarah sehingga perlu dengan kehati-hatian dalam menyuarakan pendapat. Rekam jejaknya itu sangatlah penting," pungkas Zulfikar.

Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya