6 Hidangan Favorit Saat Berbuka Puasa

Berikut enam hidangan terpopuler yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 23 Jun 2015, 16:30 WIB
Diterbitkan 23 Jun 2015, 16:30 WIB
Benhil Pusat Takjil dengan Berbagai Menu Khas Daerah
Di daerah Jakarta Pusat ada pasar jajanan yang setiap tahunnya pada bulan ramadhan selalu ramai di kunjungi yaitu "Pasar Bendungan Hilir"

Liputan6.com, Jakarta - Ada sejumlah makanan dan minuman yang ditunggu-tunggu selepas adzan Magrib di bulan Ramadan. Hidangan ini dinanti, setelah umat Muslim menahan lapar dan dahaga selama seharian penuh.

Mungkin telah banyak yang tahu apa saja hidangan tersebut. Namun, yuk kita lihat kembali apa saja ya makanan dan minuman yang paling populer saat berbuka puasa di Indonesia?.

Berikut enam hidangan terpopuler yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/6/2015):

1. Kurma

Di bulan Ramadan, buah kurma biasanya paling dicari. Konon, sejak zaman Rasulullah SAW, buah ini telah dikonsumsinya untuk buka puasa.

Seiring perkembangan penelitian, buah yang aman bagi penyandang diabetes ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menyehatkan pencernaan, menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan otak, dan menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.


Kolak

[Bintang] 10 Takjil Favorit Buka Puasa Jadi Ngehits
Martabak Pizza Kurma | via: harianterbit.com

2. Kolak

Kolak yang disajikan setelah waktu berbuka biasanya memiliki isi yang bermacam-macam. Ada kolak pisang, kolang-kaling, biji salak dan labu. Makanan bersantan ini populer karena telah dianggap budaya bagi masyarakat Indonesia. Tak heran, makanan pembuka ini kerap ada di setiap rumah atau penjual ta'jil di seluruh Indonesia.

3. Teh manis

Satu lagi minuman yang paling favorit untuk berbuka, teh manis. Baik disajikan dingin atau hangat, minuman ini cukup menyegarkan tenggorokan sesaat setelah adzan magrib berkumandang.

Ahli penyakit dalam dari RS Cipto Mangunkusumo, Ari Fahrial Syam sempat mengatakan, mengonsumsi segelas teh manis dan tiga butir kurma dapat mengisi kekosongan perut selama 6-8 jam sehingga kombinasi keduanya cocok bagi orang yang buka puasa. 


Kue tradisional

Ini Alasannya, Gorengan Tak Dianjurkan Saat Buka Puasa
Ilustrasi gorengan | Via: istimewa

4. Kue tradisional

Kue-kue tradisional juga masih menjadi hidangan pembuka paling favorit. Uniknya, tiap daerah di Indonesia memiliki kue yang bermacam-macam jenis dan namanya. Kue tradisional favorit termasuk putu ayu, apem, onde-onde dan banyak lagi.

5. Gorengan

Makanan yang satu ini biasanya tidak terlewatkan bagi umat muslim saat berbuka. Meski tidak sehat, makanan ini juga banyak dicari masyarakat.

6. Es buah

Minuman yang berisi bermacam-macam buah ini biasanya menjadi penyegar di kala berbuka. Rasanya yang manis, ditambah dengan buah segar membuat tubuh Anda terasa lebih segar setelah menyantapnya.

Tapi hati-hati bagi Anda yang menderita maag, Chinese Medical Doctor Master of Medicine, William Adi Teja mengatakan, saat berbuka puasa sebaiknya mengonsumsi minuman yang hangat.

"Bukan tidak boleh makan buah, namun diberi jeda setengah jam setelah mengonsumsi makanan utama agar penderita penyakit maag tidak mengalami jantung berdebar, perih dan mual," jelasnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya