Prakiraan Cuaca Bandung Sepekan ke Depan, BMKG Ingatkan Ini

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca Bandung dalam sepekan ke depan.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 14 Des 2020, 14:00 WIB
Diterbitkan 14 Des 2020, 14:00 WIB
ilustrasi hujan deras.
ilustrasi hujan deras. (Pixabay)

Liputan6.com, Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas lebat bakal mengguyur wilayah Bandung, Jawa Barat, sepekan ke depan. Hal itu sejalan dengan tiga faktor yang memengaruhi cuaca.

"Cuaca tujuh hari ke depan di Bandung dan sekitarnya pada umumnya cerah berawan hingga berawan pada pagi hari," kata Kepala BMKG Kelas I Bandung Tony Agus Wijaya dalam keterangannya, Minggu (13/12/2020).

Namun, Tony melanjutkan, potensi hujan pada siang, sore, malam hari dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin.

"Sepekan ke depan suhu udara akan ada pada kisaran 20,0-30,0 Celsius dengan kelembaban udara antara 58 persen hingga 92 persen. Adapun angin dominan bertiup dari arah barat dengan kecepatan 5-20 km/jam," tuturnya.

Menurut Tony, ada tiga faktor yang memengaruhi cuaca di Bandung selama tujuh hari mendatang. Pertama, faktor lokal yaitu kelembapan udara di ketinggian 3 kilometer (700 mb) di Jawa Barat lembap, sehingga potensi terbentuk awan hujan di Jawa Barat termasuk Bandung dan sekitarnya.

"Kedua, faktor regional yaitu terdapat pusat tekanan rendah di Samudera Hindia barat Sumatera dan barat daya Australia, serta konvergensi memanjang melewati Jawa Barat. Aliran massa udara masih didominasi angin baratan," ujar Tony.

Terakhir, kata dia, yaitu suhu permukaan laut di perairan Indonesia hangat dan prediksi ENSO (El Nino Southern Oscillation) La Nina Moderat.

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya