4 Manfaat Infused Water dan Cara Membuatnya di Rumah

Menjaga cairan yang masuk ke dalam tubuh juga penting untuk mengatur program diet.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 04 Feb 2022, 18:00 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2022, 18:00 WIB
Botol Minum Unik Ini Buat Infused Water Lebih Mudah
Botol Minum Unik Ini Buat Infused Water Lebih Mudah (sumber. Lostateminor.com)

Liputan6.com, Bandung - Menjaga cairan yang masuk ke dalam tubuh juga penting untuk mengatur program diet. Salah satu minuman yang baik untuk diet adalah infused water.

Infused water merupakan air detoksifikasi yang baik untuk tubuh. Selain membuang racun dari tubuh, infused water bahkan disebut dapat menurunkan berat badan.

Tentu saja, ini bagus untuk melengkapi program diet Anda. Air detoks sendiri merupakan air yang telah diresapi dengan rasa buah-buahan segar, sayuran, dan juga rempah-rempah.

Infused water sering direkomendasikan dalam program diet, terutama sebagai pengganti minuman dengan kadar gula tinggi seperti soda dan jus. Karena minuman yang satu ini dibuat dengan "menanam" rasa, hingga kalorinya pun rendah.

Cara membuat infused water pun mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Selain itu, Anda bisa menggunakan kombinasi buah, sayuran, atau rempah favorit Anda.  

Penasaran dengan manfaat yang diberikan infused water pada tubuh Anda? Simak ulasan berikut yang dilansir dari laman Healthline.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak video pilihan berikut ini:


Manfaat Infused Water

Ilustrasi infused water lemon
Ilustrasi infused water lemon. (Gambar oleh Jenesuispas dari Pixabay)

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Minum air, termasuk infused water bermanfaat membantu menurunkan berat badan. Karena air telah terbukti dapat meningkatkan tingkat metabolisme, sehingga Anda dapat membakar lebih banyak kalori.

Hasil dari sebuah penelitian menunjukkan, bahwa minum setengah air dapat meningkatkan tingkat metabolisme hingga 30 persen selama sekitar satu jam.

Studi lainnya menemukan, bahwa orang dewasa dengan kelebihan berat badan dan rutin minum setengah liter air sebelum makan, kehilangan berat badan 40 persen lebih banyak daripada mereka yang tidak melakukan rutinitas tersebut.

Faktanya, minum air kerap dikaitkan dengan pengurangan rasa lapar. Jadi, mungkin ketika minum air sebelum makan, rasa lapar akan tertutup dan Anda memakan porsi yang lebih sedikit.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat infused water juga dikaitkan dengan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Asupan air sangat penting untuk membuat tubuh tetap terhidrasi, dan ini baik untuk kesehatan pencernaan supaya Anda bisa buang air besar dan buang air kecil secara teratur. Dehidrasi kronis dapat menyebabkan sembelit.


Manfaat Selanjutnya

Ilustrasi infused water
Ilustrasi infused water (Dok.Unsplash/ Geert Pieters)

3. Meningkatkan Suasana Hati dan Tingkat Energi

Manfaat infused water lainnya adalah mampu meningkatkan suasana hati dan tingkat energi. Karena dehidrasi ringan dapat memengaruhi suasana hati, konsentrasi, dan tingkat energi.

Hasil penelitian menunjukkan, tingkat dehidrasi sekitar 1 persen dapat secara signifikan menurunkan suasana hati, mengurangi rentang konsentrasi, dan menyebabkan sakit kepala.

4. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Infused water juga diklaim dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, karena mengandung sari buah dan sayuran. Karena secara khusus, vitamin C telah terbukti bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh Anda bila dikonsumsi secara teratur.

Namun, jumlah nutrisi dari infused water kemungkinannya lebih kecil dan sangat bervariasi. Hingga perlu ada penelitian yang lebih lanjut terkait klaim yang satu ini.


Cara Membuat Infused Water

Infused Water campuran Mentimun dan Lemon
Infused water, cara lain untuk membuat air putih semakin sehat dan segar (foto: http://www.doctoroz.com/)

Membuat air detoks di rumah sangat sederhana. Yang Anda butuhkan hanyalah air dan pilihan buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah.

Cukup potong bahan-bahan yang sudah disediakan dan tambahkan air panas atau dingin, tergantung selera Anda. Masukan ke dalam botol atau wadah air dan tutup rapat. Semakin banyak bahan yang digunakan, semakin kuat rasanya.

Jika ingin membuat infused water dengan rasa yang lebih segar, Anda dapat menyimpan infused water di kulkas selama 1-12 jam. Tapi pastikan untuk mengeluarkan bahan setelah waktu ini, karena buah dan sayuran akan membusuk.

Untuk buah dan sayuran, Anda bisa menggunakan beberapa kombinasi resep infused water yang paling populer seperti berikut:

- mentimun dan mint

- lemon dan jahe

- blackberry dan jeruk

- lemon dan cabai rawit

- semangka dan mint

- jeruk bali dan rosemary

- jeruk dan lemon

- lemon dan jeruk nipis

- stroberi dan basil

- apel dan kayu manis

Yang perlu Anda ketahui, fungsi infused water bervariasi tergantung pada bahan yang akan Anda gunakan.

Nah, itulah beberapa manfaat dan cara membuat infused water di rumah. Selamat mencoba! 

 

Penulis: Mega Dwi Anggraeni

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya