Tips Hidup Sehat ala Menkes Budi Gunadi Sadikin

Ada tiga cara menjaga kesehatan tubuh yang diberikan Menkes Budi Gunadi Sadikin kepada masyarakat, saat menghadiri Hari Kesehatan Nasional (HKN) Provinsi Banten di Kota Serang.

oleh Yandhi Deslatama diperbarui 20 Okt 2022, 14:42 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2022, 14:15 WIB
Menkes, Budi Gunadi Sadikin (Tengah), Menunjukkan Telur dan Susu Untuk Hidup Sehat. (Kamis, 20/10/2022). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).
Menkes, Budi Gunadi Sadikin (Tengah), Menunjukkan Telur dan Susu Untuk Hidup Sehat. (Kamis, 20/10/2022). (Yandhi Deslatama/Liputan6.com).

Liputan6.com, Serang - Ada tiga cara menjaga kesehatan tubuh yang diberikan Menkes Budi Gunadi Sadikin kepada masyarakat saat menghadiri Hari Kesehatan Nasional (HKN) Provinsi Banten di Kota Serang. Jika setiap individu mampu menerapkannya, dia meyakini bisa sehat sejak muda hingga tua nanti.

"Kalau mau hidup sehat nomor satu makan diatur sesuai umurnya. Kalau masih remaja makan nasi banyak enggak apa-apa, kalau sudah seumur Pak Gubernur (Banten), bisa kena diabetes," ujar Menkes, Budi Gunadi Sadikin sembari berseloroh, Kamis (20/10/2022).

Di hadapan ribuan masyarakat Banten, Budi Gunadi Sadikin berujar kalau banyak warga yang lebih memilih kesehatan ketimbang tinggal di rumah mewah atau mobil mahal, tapi sakit-sakitan.

Sehingga dirinya memberikan tips kedua, yakni rajin berolah raga setiap hari dengan rentang waktu minimal 30 menit. Kesulitannya adalah disiplin dan konsisten menjalaninya.

"Bapak ibu mesti olahraga, minimal 5 hari seminggu, 30 menit setiap hari, mau jalan kaki, mau naik sepeda, itu semua penyakit menjauhi kita. Enggak susah, masalahnya disipilin sama mau saja," terangnya.

Menurut Menkes, kesehatan seseorang bisa dilihat dari lingkar perut. Untuk laki-laki tidak boleh melebihi 90 sentimeter (cm), sedangkan wanita, tidak boleh lebih dari 80 cm.

Karenanya, menjaga kesehatan harus dilakukan secara bersama masyarakat dan berbagai institusi. Dengan kesehatan yang terjaga, produktivitas seseorang akan meningkat.

Dalam catatan Kemenkes, ada tiga penyakit paling banyak yang diderita orang Indonesia, termasuk penyebab kematian, yakni jantung, stroke, dan kanker.

"Nomor tiga resepnya, harus rajin periksa, check up, yang perlu diperiksa yaitu angka kematiannya yang tinggi di Indonesia. Diabetes, periksa gulanya. Indonesia sekarang 15 persen itu diabetes, bisa jadi stroke, bisa jadi jantung, bisa jadi cuci darah," jelasnya.


Peringatan Hari Kesehatan Nasional 2022

Rangkaian HKN tingkat Provinsi Banten berlangsung selama empat hari, sejak Selasa hingga Jumat, 18-21 Oktober 2022, diisi dengan berbagai kegiatan, seperti imunisasi hingga pengobatan gratis di empat kelurahan di Kota Serang.

Anggota Pramuka dari Saka Bhakti Husada Banten turut dilibatkan menyosialisasikan pola hidup bersih dan sehat ke masyarakat.

"Kemudian rangkaian kegiatan ini, diisi dengan beberapa kegiatan terdiri dari pengobatan gratis, imunisasi, sosialisasi dan pemicuan PHBS, germas, dan juga jamban keluarga. Serta kegiatan aksi bergizi cegah stunting dgn memberikan makanan pangan lokal serta kegiatan pemberian tablet tambah darah pada remaja putri," ujar Kadinkes Banten, Ati Pramudji Hastuti, di tempat yang sama.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya