Kuntilanak Dikenal sebagai Sosok Hantu yang Suka Ketawa, Apa Alasannya?

Kuntianak dalam adat istiadat Sunda disebut sebagai arwah gentayangan dari wanita yang meninggal ketika akan melahirkan atau ketika meninggal sedang mengandung bayi.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 04 Nov 2022, 17:00 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2022, 17:00 WIB
Kuntilanak
Ilsutrasi kuntilanak (YouTube)

Liputan6.com, Bandung - Sosok hantu di Indonesia ada banyak sekali. Salah satu hantu yang seringkali membuat ngeri adalah kuntilanak.

Hantu kuntilanak dikenal sebagai sosok perempuan berambut panjang dan selalu menggunakan baju panjang berwarna putih hingga kakinya tidak terlihat sama sekali.

Kuntilanak biasanya tinggal di sebuah rumah kosong tak berpenghuni, pohon-pohonan terutama pohon pisang dan bambu, serta di kuburan.

Mitos dari hantu ini ada banyak sekali sehingga asal muasalnya masih tidak jelas. Namun, yang pasti sosok kuntilanak merupakan perempuan berambut panjang yang mengerikan.

Kuntianak dalam adat istiadat Sunda disebut sebagai arwah gentayangan dari wanita yang meninggal ketika akan melahirkan atau meninggal saat sedang mengandung bayi. Namun, dia bergentayangan karena salah dalam memperlakukan jenazah ketika dikubur atau akan dikubur.

Cerita tentang fenomena kuntilanak ini juga hadir di sebagian besar masyarakat Indonesia. Kepercayaan akan benarnya cerita ini masih ada di antara mitos dan realitas.

Biasanya orang-orang merasa ketakutan pada sosok ini. Tidak hanya karena parasnya yang mengerikan, tetapi juga tangisan dan cara tertawanya yang melengking membuat merinding siapa pun yang mendengarnya.

Sebagian orang juga mungkin bertanya-tanya mengapa kuntilanak dikenal sebagai sosok yang suka tertawa untuk mengganggu manusia. Berikut adalah beberapa alasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Selanjutnya

Pamali (2022). (Foto: IMDb)
Poster film Pamali (2022) menampilkan sosok kuntilanak.

1. Bentuk frustasi dalam menutupi lukanya

Kuntilanak merupakan sosok perempuan yang dikenal suka menghantui manusia dalam berbagai kondisi. Namun ternyata di balik tawanya, sosok ini ternyata juga dikenal suka menangis karena banyaknya aib atau depresi yang dimilikinya.

Karena frustasi, arwah-arwah kuntilanak ini sebelumnya mungkin meninggal dengan tidak wajar seperti bunuh diri ataupun banyak hal buruk lainnya yang pernah dilakukan semasa hidup.

Namun kebanyakan dari sosok mereka mempunyai kisah menyedihkan yang ditutup-tutupi. Maka dari itu, sering kali sosok kuntilanak jika tidak menangis sangat nyaring, mereka juga akan tiba-tiba tertawa sangat keras dan membuat siapa pun merinding mendengarnya.

Bahkan, sosok ini juga seringkali menangis sambil tertawa yang mana hal tersebut sangat mengerikan untuk dilihat dan didengar.

2. Tertawa karena senang mengganggu

Sosok hantu kebanyakan yang kita ketahui memang gemar mengganggu manusia untuk menggoyahkan imannya ataupun sekadar bersenang-senang. Sering kali sosok dari kuntilanak sendiri tidak memandang siapa manusia yang akan ia ganggu selagi orang tersebut menarik baginya ia akan terus mengganggunya.

Baik perempuan maupun laki-laki, mereka tidak peduli dan sering mengganggu manusia dengan tertawa yang melengking. Terkadang juga para kuntilanak menyukai laki-laki dan menempel kepadanya ataupun menempel pada perempuan-perempuan yang memang mudah untuk diganggu sehingga mereka puas.

3. Melihat iman manusia yang lemah

Ketika diganggu makhluk halus, keimanan manusia lah yang sedang diuji. Jika manusia ketakutan maka para hantu-hantu tersebut justru sangat senang dan bergembira. Namun biasanya kuntilanak suka mengganggu manusia yang imannya lemah terutama untuk menertawakan mereka dan memunculkan suara-suara yang membuat seseorang ketakutan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya