Belum Sah Jadi Wisatawan Semarang Kalau Belum Cicip 3 Kuliner Ini

Jika kamu sedang berada di Kota Atlas ini, berikut beberapa rekomendasi kuliner Semarang yang bisa kamu coba

oleh Switzy Sabandar diperbarui 09 Nov 2022, 15:00 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2022, 15:00 WIB
Mie Kopyok
Segarnya Mi Kopyok khas Semarang ini bisa menjadi sajian menu makan siang. Dengan kuah bening dijamin tidak akan membuatmu eneg/copyright Fimela/Adrian Putra

Liputan6.com, Semarang - Wisata kuliner menjadi salah satu aktivitas yang tak boleh terlewatkan saat jalan-jalan. Salah satu kota yang memiliki ragam kuliner lezat adalah Kota Semarang.

Tak hanya wingko babat dan bandeng presto sebagai oleh-oleh, Kota Semarang juga memiliki khazanah kuliner yang menggugah selera. Jika kamu sedang berada di Kota Atlas ini, berikut beberapa rekomendasi kuliner Semarang yang bisa kamu coba:

1. Mangut Ndas Manyung

Mangut ndas manyung atau mangut kepala manyung adalah sajian kuah bersantan yang memiliki cita rasa pedas. Sebenarnya, sajian ini adalah masakan khas Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Namun, kepopuleran sajian ini merambah hingga ke daerah lain, salah satunya Semarang. Sesuai namanya, makanan ini menggunakan kepala ikan manyung sebagai bahan dasar. Bagi yang gemar menyantap makanan pedas bisa mencoba Mangut Ndas Manyung. Pasalnya, olahan masakan berbahan dasar Ndas Manyung (kepala ikan manyung) itu memiliki rasa sangat pedas.

Salah satu tempat makan yang menyediakan sajian ini adalah Mangut Kepala Manyung Bu Fat Jalan Ariloka, Krobokan, Semarang Barat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


2. Mi Kopyok

Mi kopyok merupakan hidangan berbahan dasar mi dengan beragam isian. Sajian ini biasanya berisi mi kuning, kuah bawang, lontong, taoge, tahu, taburan seledri, dan kerupuk gendar di atasnya.

Mi ini merupakan salah satu makanan legendaris khas kota Semarang yang sulit ditemukan di tempat lain. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati mi kopyok adalah di Mi Kopyok Pak Dhuwur Jalan Tanjung No.18A, Pandansari, Semarang Tengah.

3. Tahu Gimbal

Tahu gimbal merupakan sajian yang berisi aneka bahan makanan. Dalam seporsi tahu gimbal berisi lontong, tahu goreng, potongan kol mentah, taoge, telur, dan gimbal urang atau bakwan udang.

Tak lupa, bumbu kacang khas yang dicampur dengan petis udang dibubuhkan di atasnya. Salah satu warung tahu gimbal legendaris di Kota Semarang yang bisa kamu kunjungi adalah Tahu Gimbal Pak H. Edy Jalan Pandanaran No. 2, Mugassari, Semarang Selatan.

(Resla Aknaita Chak)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya