Jembatan Sei Wampu Langkat Mulai Difungsionalkan, Urai Kemacetan Arus Mudik Lebaran 2023

Jembatan Sei Wampu di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut) mulai difungsionalkan untuk arus mudik Lebaran 2023. Difungsionalkannya jembatan ini sebagai upaya mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas di Jalur Medan-Aceh.

oleh Reza Efendi diperbarui 18 Apr 2023, 01:10 WIB
Diterbitkan 18 Apr 2023, 01:06 WIB
Jembatan Sei Wampu
Jembatan Sei Wampu di Langkat mulai difungsionalkan untuk arus mudik Lebaran 2023

Liputan6.com, Langkat Jembatan Sei Wampu di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut) mulai difungsionalkan untuk arus mudik Lebaran 2023. Difungsionalkannya jembatan ini sebagai upaya mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas di Jalur Medan-Banda Aceh.

"Jembatan Sei Wampu hari ini kita fungsionalkan selama arus mudik dan balik Lebaran 2023," kata Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Senin (17/4/2023).

Jembatan Sei Wampu diharapkan mampu mengatasi masalah kemacetan saat perayaan hari besar seperti Lebaran di Jalan Lintas Sumut-Aceh, tepatnya di kawasan Stabat dan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat.

"Sebelum dibangunnya jembatan ini, kondisi jalan di Langkat menjadi titik parah kemacetan saat Lebaran. Setelah satu minggu Lebaran, nanti jembatan ini akan ditutup kembali," Edy Rahmayadi menuturkan.

"Jembatan Sei Wampu ini hanya dioperasionalkan sementara waktu, bertujuan mengurai kemacetan arus lalu lintas dari arah Medan-Aceh dan sebaliknya saat Lebaran. Jembatan ini akan ditutup kembali karena masih ada proses finishing," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengurai Kemacetan

Jembatan Sei Wampu
Jembatan Sei Wampu diharapkan mampu mengatasi masalah kemacetan saat perayaan hari besar seperti Lebaran

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Panca Simanjuntak, mengajak masyarakat untuk menjaga Jembatan Sei Wampu demi kepentingan bersama, agar situasi arus lalu lintas di Kabupaten Langkat yang menjadi akses utama Medan-Banda Aceh tetap lancar.

"Saya minta mari sama-sama kita menjaganya dengan baik," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda Sumut bersama Gubernur Sumut beserta pejabat lainnya turut melepas kendaraan yang melintas di Jembatan Sei Wampu.


Sempat Jadi Titik Kemacetan

Jembatan Sei Wampu
Peninjauan Jembatan Sei Wampu yang berada di Kabupaten Langkat

Pada Rabu, 12 April 2023, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Panca Simanjuntak, sempat mengecek Jembatan Sei Wampu yang dikerjakan pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

"Sebelum dibangun, Jembatan Wampu ini menjadi titik kemacetan saat perayaan hari besar di Kabupaten Langkat perbatasan Aceh," ungkapnya.

Kapolda Sumut menuturkan, dengan adanya Jembatan Sei Wampu yang telah dibangun, kondisi akses jalur lalu lintas yang sebelumnya sempit, kini menjadi lebar. Sehingga dapat mengantisipasi terjadi kemacetan arus lalu lintas pada momentum mudik Lebaran tahun ini.

"Kita juga telah mengundang Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kementerian PUPR, untuk membahas persiapan sarana infrastruktur menjelang Idul Fitri," ucapnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya