Disinggahi Pesawat Antonov dan Layani Jemaah Haji, Bandara Kertajati Mulai Menggeliat

Lalu lintas penerbangan di Bandara Kertajati yang terletak di Majalengka (Jawa Barat) disebut semakin menggeliat pada tahun ini.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 04 Jul 2023, 19:00 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2023, 19:00 WIB
Didarati Pesawat Antonov dan Layani Jemaah Haji, Bandara Kertajati Mulai Menggeliat
Lalu lintas penerbangan di Bandara Kertajati yang terletak di Majalengka (Jawa Barat) diklaim semakin menggeliat pada tahun ini.

Liputan6.com, Bandung - Lalu lintas penerbangan di Bandara Kertajati yang terletak di Majalengka, Jawa Barat disebut semakin menggeliat pada tahun ini. 

Pengelola bandara, yakni PT Angkasa Pura II menunjukan data, pada April 2023, Bandara Kertajati melayani penerbangan umrah sebanyak 200 jemaah haji yang terbang menggunakan maskapai Lion Air. Kemudian berlanjut Mei 2023 sebanyak 143 jemaah umrah terbang dari Bandara Kertajati menuju Tanah Suci dengan maskapai Garuda Indonesia. 

Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda mengatakan bahwa, Bandara Kertajati juga ditetapkan sebagai embarkasi keberangkatan calon jemaah haji. 

“Keberangkatan calon jemaah haji dari Bandara Kertajati berlangsung dari 28 Mei hingga 23 Juni 2023 dengan total 25 kloter dan jumlah calon jemaah haji mencapai 9.268 orang," katanya, Senin (3/7/2023).

Adapun pada 9 Juli hingga 3 Agustus 2023, Bandara Kertajati akan melayani penerbangan kepulangan jemaah haji dengan total penerbangan sebanyak 25 kloter. 

Lalu, Bandara Kertajati mulai 17 Mei 2023 juga telah melayani penerbangan reguler AirAsia menuju Kuala Lumpur, Malaysia. AirAsia mengoperasikan penerbangan ke Kuala Lumpur ini sebanyak 2 kali dalam seminggu yakni pada Rabu dan Minggu. 

“Kami berharap penerbangan dari Kertajati-Kuala Lumpur-Kertajati ini dapat turut mendukung pertumbuhan sektor pariwisata Jawa Barat,” ujar Nuril. 

Sementara itu maskapai Garuda Indonesia juga akan membuka penerbangan khusus umrah melalui Bandara Kertajati-Jeddah (Arab Saudi) mulai 6 Agustus 2023. 

“Dibukanya penerbangan khusus Umroh menuju Jeddah ini sekaligus menandakan adanya potensi yang cukup besar untuk penerbangan umrah di Bandara Kertajati. Penerbangan ini memudahkan masyarakat di Jabar bagian timur seperti Cirebon, Indramayu dan Majalengka, Kuningan serta juga masyarakat di Jawa Tengah bagian barat seperti Tegal dan Bebres untuk beribadah umrah,” ungkapnya.

Sementara, untuk penerbangan kargo, pada bulan Maret, Bandara Kertajati melayani pendaratan salah satu pesawat kargo (freighter) terbesar di dunia yakni Antonov 124-100 yang membawa mesin pabrik. 

“Bandara Kertajati sangat siap dari sisi fasilitas dan operasional untuk mendukung perekenomian di Jawa Barat,” imbuhnya.

Pada tahun ini juga, penerbangan umum antara lain sekolah penerbangan (flying school) serta private jet.

“Ada sekitar 3 flying school yang menggunakan Bandara Kertajati sebagai tempat latihan karena kelengkapan fasilitas Instrument Landing System (ILS) dan lainnya," terangnya.

Dalam waktu dekat, akses dari dan ke Bandara Kertajati juga diperkuat dengan dibukanya Tol Cisumdawu secara penuh. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya