7 Rekomendasi Destinasi Wisata di Gresik yang Menawan

Berbagai pilihan destinasi wisata yang ditawarkan di Gresik membuat wilayah ini cocok dijadikan destinasi wisata liburan bersama keluarga.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 07 Sep 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2023, 06:00 WIB
Wisata alam Gosari di Kabupaten Gresik
Wisata Alam Gosari 

Liputan6.com, Gresik - Gresik menyimpan segudang keindahan berupa wisata alam, wisata sejarah, maupun wisata buatan. Memiliki julukan kota wali dan kota santri, di Gresik juga terdapat berbagai makam para wali, seperti Sunan Giri, Syekh Maulana Malik Ibrahim, dan lainnya.

Berbagai pilihan destinasi wisata yang ditawarkan di Gresik membuat wilayah ini cocok dijadikan destinasi wisata liburan bersama keluarga. Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata Gresik yang wajib dikunjungi:

1. Bukit Jamur

Bukit Jamur merupakan bekas tambang kapur yang sudah ditinggalkan. Terdapat banyak bebatuan unik berbentuk jamur yang akhirnya menjadi daya tarik wisata.

Destinasi wisata ini berada di Desa Bungah, Gresik. Berada di daerah pertambangan kapur membuat cuaca di sekitar destinasi wisata menjadi cukup panas. Meski demikian, bebatuan jamur akan tampak indah saat langit cerah di siang maupun sore hari.

Bukit Jamur merupakan fenomena alam yang biasa disebut mushroom rock. Fenomena tersebut menyebabkan batu terkikis oleh angin yang akan membawa dan membuang material-material kecil dari batu tersebut.

2. Bukit Kapur Gosari

Bukit Kapur Gosari berada di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Destinasi wisata ini berlokasi tidak jauh dari Bukit Kapur Sekapuk.

Destinasi wisata ini menawarkan pesona alam yang sangat indah. Terdapat banyak spot instagramable untuk menambah koleksi foto terbaik.

3. Bukit Kapur Sekapuk

Masih seputar bukit kapur, di Gresik juga ada Bukit Kapur Sekapuk. Destinasi wisata ini berlokasi di Slolok, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik.

Bukit Kapur Sekapuk dipenuhi dengan bentangan bukit kapur yang menjulang tinggi. Warna putih yang berasal dari kapur seolah menambah keeksotisan Bukit Kapur Sekapuk. Sama seperti Bukit Kapur Gosari, lokasi ini juga memiliki banyak spot foto instagramable.

4. Danau Kastoba Bawean

Danau Kastoba Bawean merupakan salah satu surga tersembunyi yang dimiliki Gresik. Destinasi wisata ini berlokasi di Pulau Bawean, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik.

Lokasi ini menawarkan hamparan hijau yang mengelilingi danau. Suasananya pun masih sangat sunyi dan tenang.

Untuk sampai ke Danau Kastoba Bawean, pengunjung harus berjalan kaki hingga satu jam. Namun, perjalanan tersebut akan menyenangkan karena suasana asri di sepanjang perjalanan.

 


Giri Kedaton

5. Giri Kedaton

Giri Kedaton merupakan destinasi wisata sejarah di Gresik yang wajib dikunjungi. Giri Kedaton adalah bangunan peninggalan yang dahulu menjadi pusat pemerintahan dan penyebaran agama Islam di nusantara.

Konon, bangunan ini dibangun oleh Sunan Giri atau yang juga dikenal dengan nama Raden Paku. Giri Kedaton berlokasi di Jalan Sunan Giri 13, Pedukuhan, Kebomas, Gresik.

Tak hanya bersejarah, Giri Kedaton juga dikelilingi pemandangan alam hijau yang menyejukkan mata. Lokasinya pun berada di atas perbukitan.

6. Penangkaran Rusa Bawean

Penangkaran Rusa Bawean berada di Suwari, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik. Para pengunjung yang datang ke tempat ini akan menyaksikan kawanan rusa jinak.

Para pengunjung juga bisa berfoto bersama para rusa. Namun, meski rusa di kawasan ini cukup jinak, sebaiknya para pengunjung tetap harus menjaga rumah para rusa.

7. Pulau Gili Noko

Pulau Gili Noko merupakan sebuah pulau berpasir putih tak berpenghuni. Pulau ini dikelilingi oleh ratusan terumbu karang dan kehidupan bawah laut yang menakjubkan.

Pulau Gili Noko yang berdekatan dengan Pulau Gili ini juga kerap disebut sebagai surga tersembunyi oleh pencinta bawah laut. Pulau ini menjadi lokasi favorit para penggemar snorkeling.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya