RS Siloam Hadirkan Pusat Jantung Pertama di Kota Bogor

Rumah Sakit (RS) Siloam Bogor meluncurkan Heart Center, pusat jantung pertama di Kota Bogor.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Okt 2023, 22:50 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2023, 22:31 WIB
RS Siloam Hadirkan Pusat Jantung Pertama di Kota Bogor. (Liputan6.com/ ist)
RS Siloam Hadirkan Pusat Jantung Pertama di Kota Bogor. (Liputan6.com/ ist)

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit (RS) Siloam Bogor meluncurkan Heart Center, pusat jantung pertama di Kota Bogor. Langkah ini merupakan bagian dari dukungan dan pengabdian Siloam Hospitals Bogor terhadap layanan jantung di daerah tersebut dengan memperluas cakupan jenis tindakan, termasuk layanan bedah jantung dewasa.

Siloam Hospitals Bogor telah dilengkapi dengan fasilitas Cathlab, Cardiac MRI, dan MRA (Magnetic Resonance Angiography), serta berhasil mengembangkan berbagai tindakan jantung termasuk tindakan elektrofisiologi jantung.

"Dengan tenaga medis terbaik dan fasilitas terkini yang kami miliki, kami bertekad menjawab masalah penyakit jantung yang dapat terjadi kapan saja," ujar Direktur Siloam Hospitals Bogor, dr. Agus Tanjung, Selasa (17/10/2023).

Kegiatan peresmian tersebut diselenggarakan dalam bentuk seminar medis, bekerja sama dengan IDI Kota Bogor dengan tema Optimalkan Fungsi Jantung Dengan Tindakan yang Komprehensif yang dihadiri oleh 100 peserta.

Selain menyelenggarakan seminar medis, Siloam Hospitals Bogor juga memperkenalkan layanan bedah jantung dewasa yang akan dilayani di Siloam Hospitals Bogor.

Layanan ini didukung oleh tim dokter terampil yang terdiri dari dokter spesialis bedah thorax dan kardiovaskular (konsultan bedah jantung), spesialis bedah thorax & kardiovaskular, spesialis jantung konsultan intervensi, dan dokter spesialis jantung & pembuluh darah.

Dr. Tengku Mohamad Budiansyah yang memaparkan bahayanya penyakit jantung di era saat ini, mengingatkan bahwa penyakit jantung bukan hanya terbatas pada jantung koroner. Ada juga penyakit jantung ringan seperti angina, aritmia, penyempitan arteri koroner, dan penyakit jantung katup.

"Selain itu, gangguan pembuluh darah seperti varises dan Peripheral Artery Disease (PAD) juga merupakan masalah serius yang perlu ditangani dengan serius," katanya.

Dalam seminar medis ini, dibahas berbagai tindakan bedah jantung sebagai solusi penyembuhan. Salah satu tindakan yang dijelaskan adalah Percutaneous Coronary Intervention (PCI), sebuah prosedur medis untuk merawat penyakit arteri koroner.

Operasi bypass jantung juga diperkenalkan, yang merupakan prosedur bedah untuk mengobati penyakit arteri koroner yang tidak dapat ditangani dengan tindakan jantung intervensi. Kemajuan teknologi mendukung tindakan bedah jantung yang lebih canggih seperti Minimally Invasive Cardiac Surgery (MICS) atau Bedah Jantung Minimal Invasif.

Dalam MICS, dokter bedah menggunakan teknik khusus dan peralatan modern untuk melakukan operasi jantung dengan luka sayatan yang lebih kecil, meminimalkan rasa sakit pasien, mengurangi waktu pemulihan, dan mengurangi risiko komplikasi.

"Semua upaya ini bertujuan untuk memberikan pengobatan yang lebih baik kepada penderita penyakit jantung dan mendekatkan layanan jantung kepada masyarakat Bogor, sehingga mereka dapat dengan mudah mendapatkan perawatan yang tepat dan berkualitas tanpa harus bepergian jauh," jelasnya.

 

 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya