Tim Ahli Wantimpres Naik Pangkat dan Mendapat Gelar Baru dari Keraton Kasunanan Surakarta

Henry Indraguna mendapat pangkat baru yakni Kanjeng Pangeran Aryo

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Nov 2023, 12:21 WIB
Diterbitkan 29 Nov 2023, 12:21 WIB
Henry Indraguna
Henry Indraguna dan istrinya Fangky Christina Hartati mendapat kenaikan pangkat dan gelar baru dari Keraton Kasunanan Surakarta. Foto : liputan6.com/felek wahyu 

Liputan6.com, Surakarta - Anggota Tim Ahli Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Dr Henry Indraguna dianugerahi gelar kenaikan pangkat dari Keraton Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) menjadi Kanjeng Pangeran Aryo.  Sebelumnya Henry menyandang gelar Kanjeng Pangeran. . 

Kenaikan gelar itu dianugerahkan langsung oleh Sampeyan Ndalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) Paku Buwono XIII didampingi permaisuri Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Paku Buwono di Keraton Solo di Kota Solo, Jawa Tengah. 

Henry dinaikkan gelarnya sebab dinilai peduli terhadap kemajuan Keraton Surakarta Hadiningrat. Dalam piagam penganugerahan disebutkan bahwa penganugerahan diberikan atas dedikasi Henry Indraguna dalam setya tuhu yang luar biasa terhadap Keraton Solo. Disebutkan, dengan nama Pradatanagoro dan ganjaran pangkat Pangeran Santana maka namanya kini menjadi Kanjeng Pangeran Aryo Dr Dr. Henry Indraguna Pradatanagoro, SH, MH, CRA, CMLC. 

Piagam pengukuhan tersebut ditandatangani Ingkang Sinoehoen Kanjeng Soesoehoenan Pakoe Boewono XIII dan cap kerajaan pada tanggal 28 September 2023 bertepatan dengan tanggal 12 Maulud-Jumadilawal 1957. 

Gelar Kanjeng Pangeran Aryo (KPA) adalah gelar salah satu paling tinggi di Keraton Surakarta Hadiningrat. Atas anugerah ini Henry mengaku bersyukur dan bertekad memberi pengabdian terbaik untuk pelestarian seni dan budaya serta kemajuan Keraton Solo 

"Perhatian terhadap kesusahan masyarakat dan memberikan solusi baik bagi masyarakat adalah juga bagian dari penilaian Keraton Surakarta Hadiningrat," kata Henry.

Dengan anugerah gelar bangsawan yang disandangnya, maka Henry Indraguna berkewajiban mengikuti regulasi yang mengatur kegiatan Keraton Surakarta dengan baik. 

"Saya berharap ke depan Keraton Surakarta tetap menjadi damai, tidak ada kegaduhan, keributan, terlebih sengketa," katanya.

 

 


Bupati Sepuh

Henry Indraguna
Henry Indraguna dan istrinya, Fangky Christina Hartati mendapat kenaikan pangkat dan gelar baru dari Keraton Kasunanan Surakarta. Foto: liputan6.com/felek wahyu 

Sementara itu, istri dari Henry Indraguna yakni Fangky Christina Hartati juga dianugerahi gelar dengan pangkat Bupati Sepuh dengan sesebutan Kanjeng Mas Tumenggung Fangky Christina Hartati Candraningtyas.

Berbeda dengan suami, Piagam penganugerahan Fangky Christina Hartati ditandatangani pada tanggal 26 November 2023 bertepatan pada tanggal 12 Jumadilawal-Jimawal 1957 oleh Ingkang Sinoehoen Kanjeng Soesoehoenan Pakoe Boewono XIII. 

Fangky Christina Hartati saat ini mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD Klaten Dapil IV yaitu wilayah Juwiring, Delanggu, Wonosari, Ceper. Ia dicalonkan sebagai anggota DPRD Klaten oleh Partai Golkar.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya