Siapa Parpol Mendapat Berkah Pilpres di Jateng?

Untuk DPR RI PDIP kemungkinan besar kehilangan 3 kursi, PKS mendapat tambahan 2 kursi

oleh Edhie Prayitno Ige diperbarui 12 Mar 2024, 22:31 WIB
Diterbitkan 12 Mar 2024, 22:31 WIB
Indo riset
Tabel perolehan kursi partai politik di Jawa Tengah. Foto: liputan6.cim/dok.indoriset

Liputan6.com, Semarang - Jawa Tengah menjadi sorotan  dalam berbagai peristiwa politik. Provinsi ini menjadi salah satu barometer utama 'pertarungan' politik nasional.. Bagaimana fakta hasil pemilihan umum legislatif 2024 ini?

Hasil penelitian Indoriset Strategis menemukan fakta bahwa partai pengusung Prabowo-Gibran juga memenangkan pemilihan Legislatif di Jawa Tengah. Menurut Widi Nugroho, direktur Indoriset Strategis,  ada 6 Kursi DPR RI yang berpeluang didapatkan dari 5 partai pengusung Prabowo-Gibran.

"Tambahan kursi untuk Gerindra 1, Demokrat 1, Golkar 1, PAN 2 dan PSI 1 kursi. Khusus PSI jika memenuhi ambang batas parliamentary threshold," kata Nugroho.

Sementara untuk partai pengusung Ganjar Mahfud justru berkurang 5 kursi yaitu masing-masing PDIP dan PPP turun 3 dan turun 2 kursi.

"Kondisi berbeda terjadi dari partai pendukung AMIN. Nasdem dan PKS justru naik dengan menambah masing-masing 2 kursi. Sedangkan PKB justru berpeluang kehilangan 3 kursi dari pemilu 2019," katanya.

Strategi komandante yang dipakai PDI Perjuangan dinilai cukup berhasil untuk mengamankan suara partai hasil pemilu 2019. Namun Partai pengusung Prabowo Gibran secara merata suara juga naik maka bilangan pembagi sistem saint lague merata.

Sebagai contoh dapil IV Jateng PDIP sebelumya 2019 mendapatkan suara 698ribu naik menjadi 707ribu jumlah kursi turun dari 4 ke 3. Ini juga terjadi di Dapil IX RI dengan jumlah kursi DPR RI sama 3 kursi. Segmen pemilih Ganjar benar-benar dioptimalkan PDI P untuk menambah ceruk suara Partai.

Berbeda dengan Golkar yang saat kampanye terlihat santai malah  mendapatkan tambahan 2 kursi. Partai pohon beringin ini tahu betul titik optimal suara dengan dukungan kader di Kab Pekalongan dan wilayah Batang yang merupakan daerah kuning.

PKS dan Nasdem memanfaatkan efek ekor jas Anies Baswedan untuk mendapatkan segmen pemilih.  Itulah sebabnya dua partai ini mendapat tambahan kursi.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nama Baru Wakil Jateng yang Berpeluang Lolos

Indo riset
Widi Nugroho, Direktur Indoriset Strategis. Foto: liputan6.com/edhie prayitno ige 

Beberapa nama baru yang berpeluang masuk di anggota DPR RI Dapil Jawa Tengah: 

Dian Pikatan Orissa Putri Hapsari (Putri Puan Maharani), Samuel Wattimena Pengurus DPP dari PDI Perjuangan, 

Nafa Urbah Artis, Yoyok Riyo Sudiyo Mantan Bupati Batang (Nasdem),

Muh Haris Mantan Wakil Walikota dan Rizal Bawazier Profesional (PKS), 

Yuliatmono mantab bupati Karanganyar, Jamaludin Malik Ultramen (Golkar), 

Sriyanto Saputro, anggota DPRD Jateng (Gerindra), 

Muhammad Hatta (PAN), 

Rinto Subekti (Ketua DPD Demokrat) dan 

Cynthia Reza Artis dari PSI (jika Lolos dari PT). 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya