Simak, Ciri-Ciri Hewan Kurban yang Sehat

Menyambut Hari Raya Idul Adha umat muslim biasanya melaksanakan ibadah kurban. Berikut ini adalah ciri-ciri hewan kurban yang sehat utnuk menyambut Idul Adha.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 08 Jun 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2024, 15:00 WIB
[Fimela] kambing
ilustrasi hewan kurban | pexels.com/@shubhamthakur

Liputan6.com, Bandung - Hari Raya Idul Adha merupakan perayaan yang penting untuk seluruh umat Muslim di dunia. Pada Hari Idul Adha umat muslim diajarkan tentang keikhlasan, pengorbanan, dan berbagi kepada sesama.

Hari Raya Idul Adha identik dengan tradisi kurban yang mempunyai asal usul dari kisah Nabi Ibrahim AS yang bersedia mengorbankan putranya Ismail AS sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

Namun pada saat yang sama Allah SWT menggantikan Ismail AS dengan seekor domba sebagai pengganti. Sejak itu tradisi kurban dengan hewan ternak menjadi tradisi dalam agama Islam yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya.

Secara spiritual makna berkurban mempunyai makna yang dalam terutama sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Hasil dari kurban hewan juga dianjurkan untuk dibagikan kepada orang yang membutuhkan serta kepada keluarga, tetangga, dan lain-lain.

Melalui hal tersebut umat muslim belajar ikhlas, berbagi, dan mempererat tali silaturahmi dengan sesama. Diketahui kurban sendiri menggunakan hewan-hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, hingga unta.

Hewan yang akan dikurbankan juga harus memenuhi beberapa syarat tertentu dan yang terpenting hewan tersebut dalam kondisi yang sehat. Melalui artikel ini terdapat beberapa ciri yang bisa diperhatikan untuk mengetahui hewan kurban yang sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ciri-Ciri Hewan Kurban yang Sehat

Ilustrasi kurban, iduladha
Ilustrasi kurban, iduladha. (Photo Copyright by Freepik)

Mengutip dari situs Kab Kulon Progo disebutkan bahwa hewan kurban harus dalam kondisi yang sehat. Mulai dari posturnya yang bagus, tidak pincang, lincah, hingga memiliki nafsu makan yang baik.

“Hewan kurban harus sehat, postur bagus, tidak pincang, lincah, nafsu makan, dan minum juga bagus, umur cukup. Kambing 1 tahun dan sapi minimal 2 tahun,”.

Berikut ini lebih jelasnya ciri-ciri hewan kurban yang sehat sehingga bisa digunakan untuk melaksanakan ibadah kurban:

1. Tubuh yang proporsional dan berisi

Hewan kurban harus mempunyai tubuh proporsional yang baik dan berisi sehingga menunjukkan bahwa hewannya dalam kondisi yang baik dan tidak kekurangan gizi. Sehingga disarankan memilih hewan dengan kondisi tubuh yang ideal tidak terlalu kurus atau gemuk.


Ciri Berikutnya

Ilustrasi hewan kurban di Banyuwangi melimpah (Istimewa)
Ilustrasi hewan kurban di Banyuwangi melimpah (Istimewa)

2. Berbulu bersih dan mengkilap

Hewan kurban yang mempunyai bulu bersih dan mengkilap menjadi tanda bahwa hewan tersebut sehat dan dirawat dengan baik. Pasalnya hewan dengan bulu yang kusam atau rontok bisa menjadi indikasi penyakit kulit atau parasit.

Sehingga penting untuk memastikan bulu hewan kurban terlihat bersih dan bebas dari tanda-tanda penyakit terutama penyakit kulit.

3. Mata yang jernih

Hewan kurban yang mempunyai pandangan mata jernih dan cerah menandakan bahwa hewannya tidak mengalami penyakit. Hindari hewan bermata merah, berair, atau terjadi tanda-tanda infeksi pada hewan.

Kondisi tersebut bisa menandakan adanya masalah kesehatan dan hewan bermata jernih atau cerah yang sehat justru lebih aktif dan kerap waspada terhadap sekitar.


Berikutnya

Ilustrasi hewan kurban di Banyuwangi (Istimewa)
Ilustrasi hewan kurban di Banyuwangi (Istimewa)

4. Nafsu yang baik

Hewan dengan nafsu makan yang baik merupakan salah satu tanda kesehatan hewan. Diketahui hewan yang makan dengan lahap menunjukan adanya minat pada makanan untuk mendapatkan tenaga dan aktif.

Sementara hewan yang lesu bahkan tidak mempunyai nafsu makan cenderung sedang mengalami masalah kesehatan.

5. Tidak cacat fisik

Umat muslim yang hendak berkurban tentu mengetahui bahwa salah satu syarat sah berkurban adalah hewan tidak cacat fisik. Misalnya cacat fisik seperti buta, pincang, atau telinga atau ekor yang terpotong.

6. Aktif dan tidak lesu

Mengetahui hewan yang sehat bisa dilihat dari keaktifannya biasanya hewan yang lesu atau tidak bersemangat bisa menjadi tanda mungkin adanya masalah kesehatan. Sementara hewan yang aktif dan responsif terhadap lingkungan sekitarnya menandakan hewan sehat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya