Mengintip Bakso Areng Ciwalen, Kuliner Unik dan Legendaris di Garut

Bakso Areng atau Baso Areng Ciwalen merupakan salah satu kuliner unik dan legendaris di Garut. Pasalnya makanan ini memiliki menu baso unik yang menggugah selera.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 25 Jul 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 12:00 WIB
Masakan - Vania
Ilustrasi Baso Aci/https://www.shutterstock.com/Siti Mutmainah 

Liputan6.com, Bandung - Kota Garut terkenal sebagai salah satu kota yang menawarkan keindahan alam yang memesona. Kota ini memiliki destinasi wisata yang menarik dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah mulai dari pegunungan dan perkebunan.

Dikenal sebagai Kota Intan, Garut masih menjadi kota yang populer dikunjungi untuk berlibur. Selain wisata alamnya kota Garut juga terkenal dengan wisata kuliner yang menggugah selera.

Terdapat banyak kuliner menarik dan kuliner khas yang berasal dari Garut misalnya saja dalam situs resmi Pemerintahan Kab Garut ada sejumlah kuliner khas Garut yang wajib dicoba seperti dodol, kerupuk kulit, ladu, dan lain-lain.

Makanan tersebut juga sering kali populer dijadikan oleh-oleh untuk teman atau saudara usai berkunjung dari Garut. Selain makanan khasnya kota ini juga menawarkan beberapa kuliner nikmat yang ramah di kantong.

Salah satunya adalah Baso Areng Ciwalen yang mempunyai kuliner unik persis seperti namanya. Bakso ini juga menawarkan rasa dan aroma yang khas sehingga ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Kuliner Bakso ini juga telah berdiri sejak 80an dan masih eksis hingga sekarang. Pelanggan setia dari kuliner yang satu ini juga sudah banyak dan menjadi kuliner yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Garut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Asal Usul Baso Areng

Ilustrasi bakso (Food photo created by jcomp - www.freepik.com)
Ilustrasi bakso (Food photo created by jcomp - www.freepik.com)

Melansir dari beberapa sumber, Baso Areng Ciwalen merupakan salah satu kuliner legendaris di Garut. Pasalnya, kuliner ini sudah berdiri sejak tahun 80-an dan mempunyai penyajian unik karena masih melalui proses masak menggunakan arang.

Para pengunjung yang menikmati makanan ini tentu akan mencium adanya aroma smoky yang berasal dari cara pembuatannya. Selain itu, bakso ini juga terkenal dengan tampilan baksonya yang hitam berbeda dengan bakso lainnya.

Namun perlu untuk dipahami warna hitam tersebut bukan berarti adonan baksonya yang menggunakan arang. Tetapi berasal dari penggunaan tepung kanji yang sagunya itu sagu aren sehingga warnanya tidak begitu mirip bakso lainnya.

Saat ini, baso areng tidak hanya menjadi kuliner yang populer di antara masyarakat dan pelanggan setianya. Namun, juga terkenal menjadi kuliner yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Garut karena maraknya publik figur yang mencoba makanan ini.


Daya Tarik Baso Areng

Ilustrasi – Bakso. ( Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo).
Ilustrasi – Bakso. ( Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo).

Baso Areng tentu terkenal dengan daya tarik proses pembuatannya yang masih menggunakan arang untuk memasak. Selain itu baksonya menggunakan tepung kanji yang kenyal dan mengiurkan.

Selain itu bakso arang memiliki isian yang bervariasi mulai dari tetelan, urat, tepung kanji, hingga daging ayam. Kemudian baksonya mempunyai tekstur yang berbeda dengan bakso aci lainnya karena terkenal lebih padat dan lengket.

Rasa kuahnya juga identik dengan rasa gurih dan memiliki bumbu khas dari Baso Areng itu sendiri. Harga satu porsi Baso Areng juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau sekitar Rp 7 ribu hingga Rp 15 ribu saja.

Tempat makan ini juga tidak memiliki cabang lain sehingga lebih nikmat disantap ketika mengonsumsinya langsung di lokasi. Saat ini Baso Areng juga menyediakan kesamaan instannya yang bisa dinikmati untuk jadi oleh-oleh.


Lokasi Baso Areng dan Rutenya

Bakso Kuah
Ilustrasi bakso kuah/credit: Freepik.com

Baso Areng berlokasi di Jalan Ciwalen depan jamu ny. Liang keng garut Kota, Jawa Barat. Tempat ini buka setiap hari pada pukul 14.00 hingga 22.00 WIB dan membuka pembelian secara online pada pukul 09.00 hingga 18.00 WIB.

Lebih lengkapnya tempat ini berlokasi di Jl. Ciwalen, Ciwalen, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Berdasarkan ulasan di Google tempatnya memiliki rating 4.5 dari total 488 pengguna.

Lokasi Baso Areng Ciwalen juga berada di tempat yang tidak jauh dari Alun-Alun Kota Garut karena berjarak sekitar 1,4 km atau 5 menit perjalanan. Kemudian dari Stasiun Garut berlokasi sekitar 1,2 km atau 4 menit perjalanan.

Tempatnya juga bisa ditemui dengan mudah karena berlokasi di pinggir jalan dan menjadi kuliner pinggir jalan yang selalu ramai pengunjung.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya