Tingkatkan Pengelolaan APBN, Kemenkumham Babel Sabet Penghargaan IKPA

Pihaknya akan terus berkomitmen untuk meningkatkan pengelolaan pelaksanaan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan mematuhi standar yang ditentukan.

oleh Marifka Wahyu Hidayat diperbarui 21 Agu 2024, 20:49 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2024, 13:25 WIB
Kemenkumham
Foto: Kemenkumham Babel

Liputan6.com, Jakarta- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meraih penghargaan atas perolehan capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Semester I Tahun Anggaran 2024. Sebanyak 18 penghargaan diboyong Kanwil Kemenkumham Babel beserta unit pelaksana teknis (UPT) di bawah jajarannya.

Kepala Kanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto, menyampaikan IKPA merupakan salah satu penilaian reformasi birokrasi suatu instansi. Maka dari itu ia juga menegaskan akan terus berkomitmen untuk meningkatkan pengelolaan pelaksanaan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan mematuhi standar yang ditentukan.

"Pemberian apresiasi ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran," ucap Harun, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/8/2024).

Ia juga menerangkan, selain Kanwil Kanwil Kemenkumham Babel, UPT di bawah jajarannya juga turut memperoleh penghargaan tersebut. Hal itu meliputi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Pangkalpinang, Lapas Sungailiat, Lapas Perempuan Pangkalpinang, Balai Pemasyarakatan Pangkalpinang, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Pangkalpinang, dan Rumah Tahanan Muntok.

Sementara itu, Kepala KPPN Pangkalpinang, Rafael Widiestumargianto, mengatakan jika capaian nilai IKPA pada satuan kerja pada periode Semester I TA 2024 mengalami peningkatan dibandingkan pada periode Semester II TA 2023. Ia juga berharap nantinya para satuan kerja dapat meningkatkan penggunaan Cash Management System (CMS) dan Kartu Kredit Pemerintah dalam APBN.

"Diselenggarakannya kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari mitra satuan kerja KPPN Pangkalpinang sebagai penerima layanan agar dapat lebih baik lagi," Rafael Widiestumargianto menimpali.

Adapun penghargaan IKPA yang diterima oleh Kanwil Kemenkumham Babel yaitu:

  • Peringkat 1 Satuan Kerja Berkinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik dengan Pagu di atas 10 Miliar Rupiah (DIPA Sekretariat Jenderal)
  • Peringkat 1 Satuan Kerja Berkinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik dengan Pagu di antara 2.5 s.d. 10 Miliar Rupiah (DIPA Administrasi Hukum Umum)
  • Peringkat 1 Satuan Kerja Berkinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik dengan Pagu di bawah 2,5 Miliar Rupiah (DIPA BSK Hukum dan HAM)
  • Peringkat 1 Satuan Kerja Berkinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik dengan Pagu di bawah 2,5 Miliar Rupiah (DIPA BPHN)
  • Peringkat 1 Satuan Kerja Berkinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik dengan Pagu di bawah 2,5 Miliar Rupiah (DIPA Ditjen HAM)
  • Peringkat 1 Satuan Kerja Berkinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik dengan Pagu di bawah 2,5 Miliar Rupiah (DIPA Ditjen Peraturan Perundang-undangan)
  • Peringkat 1 Satuan Kerja Berkinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik dengan Pagu di bawah 2,5 Miliar Rupiah (DIPA Ditjen Kekayaan Intelektual)
  • Peringkat 1 Satuan Kerja Berkinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik dengan Pagu di bawah 2,5 Miliar Rupiah (DIPA Divisi Keimigrasian)
  • Peringkat 3 Satuan Kerja Berkinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik dengan Pagu di bawah 2,5 Miliar Rupiah (DIPA Ditjen Pemasyarakatan).

Sementara untuk UPT di bawah kemenkumham Babel meliputi;

Lapas Narkotika Pangkalpinang

  • Peringkat 1 Satuan Kerja Berkinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik dengan Pagu di atas 10 Miliar Rupiah.
  • Peringkat 2 Bendahara Pengeluaran Satuan Kerja Berkinerja Terbaik dengan Pagu di atas 10 Miliar Rupiah.
  • Peringkat 2 Bendahara Penerimaan Satuan Kerja Berkinerja Terbaik.

Lapas Sungailiat

  • Peringkat 1 Satuan Kerja Berkinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik dengan Pagu di atas 10 Miliar Rupiah.

Lapas Perempuan Pangkalpinang

  • Peringkat 1 Satuan Kerja Berkinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik dengan Pagu antara 2.5 s.d. 10 Miliar Rupiah.

Bapas Pangkalpinang

  • Peringkat 1 Satuan Kerja Berkinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik dengan Pagu antara 2.5 s.d. 10 Miliar Rupiah.

LPKA Pangkalpinang

  • Peringkat 1 Satuan Kerja Berkinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik dengan Pagu antara 2.5 s.d. 10 Miliar Rupiah.

Rutan Muntok

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

  • Peringkat 3 Satuan Kerja Berkinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik dengan Pagu antara 2.5 s.d. 10 Miliar Rupiah.
  • Peringkat 3 Satuan Kerja Terbaik dalam Kecepatan Penyampaian Data Capaian Output.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya