Liam dan Noel Gallagher Unggah Video Misterius, Diduga Jadi Sinyal Reuni Oasis

Band rock legendaris, Oasis dikabarkan akan kembali reuni usai Gallagher bersaudara mengunggah sebuah video misterius yang diduga jadi sinyal reuni.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 26 Agu 2024, 10:35 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 10:32 WIB
OASIS
Ilustrasi Oasis Band. (Istimewa)

Liputan6.com, Bandung - Baru-baru ini para penggemar band rock Oasis tengah dihebohkan dengan unggahan misterius di media sosial Noel Gallagher dan Liam Gallagher. Sebab keduanya mengunggah sebuah video yang sama dan disebut-sebut jadi sinyal reuni band Oasis.

Melansir dari unggahan tersebut terpantau tidak ada caption yang ditulis secara rinci oleh keduanya. Namun dalam videonya terlihat sebuah angka yang diduga merujuk pada tanggal kemudian mengalami glitch lalu menampilkan sebuah waktu.

Pada awalnya angka menampilkan tulisan “27.08.24” yang diduga menjadi kode tanggal sesuatu akan dirilis pada tanggal 27 Agustus 2024. Kemudian angka berikutnya diduga menjadi waktu rilisnya yaitu “8am”. 

Saat ini, unggahan tersebut telah disaksikan oleh jutaan pengguna di media sosial X (sebelumnya Twitter). Berdasarkan pantauan videonya juga diunggah dalam akun Instagram resmi Oasis pada Senin (26/8/2024) pagi.

Mengutip dari The Guardian sebelumnya banyak penggemar meyakini bahwa reuni band ini tidak akan pernah terjadi. Namun kabar terus beredar terutama terkait tur Oasis yang mungkin akan diadakan pada tahun 2025.

Selain itu petunjuk-petunjuk reuni band ini juga muncul usai Gallagher bersaudara mengunggah sebuah video yang sama. Sehingga muncul spekulasi di media sosial bahwa band tersebut akan kembali.

Liam Gallagher juga terpantau aktif di media sosial X terutama menanggapi rumor di media sosial X. Salah satunya ia menulis sebuah kalimat “Saya tidak pernah menyukai kata MANTAN” dan membagikan beberapa artikel berita yang melaporkan rumor tentang reuni tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sejarah Singkat Band Oasis

Oasis
Band Oasis jelang konser di Hong Kong (25/2/2006). (AFP/MIke Clarke)

Melansir dari beberapa sumber Oasis dikenal sebagai salah satu band legendaris yang fenomenal di era 1990-an. Band ini merupakan grup musik yang beraliran rock asal Manchester, Inggris.

Oasis dibentuk pada tahun 1991 dan memiliki lagu-lagu serta penampilan panggung yang berkesan. Bahkan band tersebut juga sering dijuluki sebagai “The Next Beatles” karena penampilannya di atas panggung.

Sebelum dikenal dengan nama Oasis band ini awalnya merupakan sebuah grup musik bernama The Rain. Bandnya dibentuk pada tahun 1991 dengan personel Liam Gallagher (vokal), Paul Arthurs (gitar), Paul McGuigan (bass), dan Tony McCarroll (drum).

Kemudian Liam mengajak kakaknya, Noel Gallagher untuk bergabung bersama grup musiknya tersebut. Noel pun setuju untuk bergabung asalkan menjadi pemimpin band dan berkuasa atas semua lagu-lagu mereka.

Permintaan tersebut akhirnya dipenuhi dan Noel bergabung dengan posisi vokal serta gitar. Nama band The Rain pun akhirnya berubah menjadi Oasis dan terus mengembangkan kariernya dengan tampil di klub-klub dan pertunjukan kecil di Manchester, Inggris.


Album Debut Mencapai Rekor

oasis
Liam dan Noel Gallagher

Selain tampil di klub dan pertunjukan, band ini juga memberikan demo lagunya kepada studio rekaman. Tepatnya di tahun 1993 seorang pemilik studio rekaman, Alam McGee terkesan dengan demo lagu band tersebut.

Alhasil, Alan mengajak Oasis bergabung dalam studio rekamannya dan mewujudkan album pertama mereka. Album tersebut bertajuk “Definitely Maybe” yang resmi rilis di tahun 1994 dan meraih respon yang cukup luar biasa dari masyarakat.

Album debutnya berhasil menduduki peringkat pertama UK Album Charts terutama dari dua lagu dalam albumnya yaitu “Supersonic” dan “Live Forever”. Penjualan album debutnya tersebut berhasil memecahkan rekor sebagai penjualan tercepat dalam sejarah musik Inggris.

Sejak itu, band ini mulai tampil di panggung yang lebih besar dan Gallagher bersaudara kerap diundang dalam acara televisi. Nama band Oasis juga berhasil populer dan dikenal oleh publik hingga berhasil menggelar konser besar.


Sempat Bubar

noel liam galagher
Noel dan Liam Gallagher

Liam dan Noel merupakan adik kakak yang tidak jauh dari perseteruan bahkan sejak mereka kecil. Namun, ternyata perseteruan tersebut berubah menjadi persaingan ambisi hingga ego di antara saudara.

Ketika tur Amerika di tahun 1995, Liam sempat memukul kepala Noel dengan tamborin miliknya dan menyebabkan Noel marah dan turun dari panggung sebelum pertunjukan selesai.

Kemudian, di tahun yang sama sebuah single bertajuk “Wibbling Rivalry” dirilis atas nama Oasis yang berisi rekaman wawancara John Harris dengan Liam dan Noel. Wawancara tersebut ramai jadi sorotan karena adanya adu mulut antara kakak beradik tersebut.

Terutama, ketika keduanya membicarakan salah satu insiden mereka dengan pihak berwajib. Selain itu, di tahun 2000, Noel juga kembali kabur di tengah tur dunia Oasis dan diduga pemicunya adalah ucapan Liam yang mempertanyakan status anak perempuan Noel.

Perseteruan Gallagher bersaudara ini menjadi alasan memanasnya band Oasis karena keduanya kerap menyerang satu sama lain melalui wawancara dengan media. Sampai puncaknya di tahun 2009, Noel memutuskan keluar dari band.

Beberapa waktu setelahnya, band Oasis memutuskan bubar dan setelahnya baik Liam dan Noel melanjutkan karier bermusiknya sendiri-sendiri. Liam diketahui pernah membentuk band baru bernama Beady Eye namun hanya aktif hingga tahun 2014 dan bubar.

Sementara Noel, menjalankan proyek musiknya bernama “Noel Gallagher’s High Flying Birds”. Kemudian setelah band yang dibangun Liam berujung bubar juga akhirnya ia berfokus untuk bersolo karier.

Namun, pada tahun 2024 ini kedua kakak beradik tersebut tampak memberikan sinyal bahwa keduanya akan kembali bersama Oasis.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya