Dana BOS SDN 56 Gorontalo Hilang Misterius dari Rekening Bank, Ada Transaksi Mencurigakan

Bendahara BOS, Holand Jusuf, menerima notifikasi dari bank yang menginformasikan adanya transaksi keluar dari rekening

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 16 Sep 2024, 05:00 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2024, 05:00 WIB
Rekening
Ilustrasi Rekening (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Puluhan juta dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) milik SDN 56 Kota Timur, Gorontalo, yang tersimpan di Bank SulutGo (BSG), tiba-tiba hilang dari rekening sekolah. Kejadian ini baru terungkap pada Sabtu, 7 September 2024, sekitar pukul 04.00 WITA.

Bendahara BOS, Holand Jusuf, menerima notifikasi dari bank yang menginformasikan adanya transaksi keluar dari rekening sekolah sebanyak empat kali. Setelah dicek, ternyata transaksi tersebut masing-masing senilai Rp20 juta sebanyak tiga kali dan Rp9 juta satu kali.

"Transaksi dilakukan bertahap. Uang sebesar Rp20 juta keluar tiga kali, kemudian Rp9 juta sekali, tanpa ada pemberitahuan atau persetujuan dari pihak sekolah," ujar Holand kepada media pada Jumat, 13 September 2024.

Setelah mengetahui hal tersebut, Holand langsung menghubungi kepala sekolah dan operator untuk memastikan apakah ada yang melakukan transaksi tanpa sepengetahuan pihak sekolah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut:


Tunggu Investigasi Bank SulutGo

Kepala SDN 56 Kota Timur, Hardoni Biludi, membenarkan adanya kasus tersebut. Setelah menyadari hilangnya dana, ia segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Gorontalo.

"Saya langsung melaporkan kejadian ini ke Dinas Pendidikan dan saat ini kasusnya sedang ditangani oleh pihak Polres serta Bank SulutGo," ujar Hardoni.

Dana BOS tersebut seharusnya digunakan untuk pembayaran gaji guru honorer, sewa listrik, air, dan kebutuhan operasional sekolah selama tiga bulan ke depan.

Saat ini, pihak sekolah masih menunggu hasil investigasi dari Bank SulutGo terkait transaksi misterius tersebut. Hingga berita ini dipublikasikan, pihak bank belum memberikan penjelasan resmi mengenai raibnya dana BOS tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya