Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Boalemo Gorontalo, Berpusat di Darat

Gempa Magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Boalemo Gorontalo, Selasa (1/10/2024).

oleh Ahmad Apriyono diperbarui 01 Okt 2024, 15:34 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2024, 15:30 WIB
Ilustrasi Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (Liputan6.com/Sangaji)

Liputan6.com, Jakarta - Gempa Magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Boalemo Gorontalo, Selasa (1/10/2024), pukul 14.10.39 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, lokasi gempa Boalemo ini berada pada koordinat 0.48 LU, 122.31 BT, dengan episenter gempa berada di darat 6 km barat daya Boalemo.

"Kedalaman gempa 94 km," tulis BMKG.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKg Daryono mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Laut Sulawesi (intra-slab earthquake) yang tersubduksi ke bawah lengan utara Sulawesi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," katanya.

Daryono juga menyebutkan gempa turut dirasakan di banyak daerah, antara lain pada skala (MMI) III - IV Kabupaten Pohuwato, III Gorontalo Utara, III Kota Gorontalo, III Kabupaten Gorontalo, III-IV Kabupaten Boalemo.

Belum ada laporan kerusakan akibat gempa, namun warga diimbau tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan. 

Baca Juga: Cara Antisipasi Diri Hadapi Bencana Gempa Bumi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya