5 Portofolio Saham Terbesar Milik Perusahaan Investasi Warren Buffett

Berikut adalah lima saham teratas dalam portofolio Berkshire Hathaway, perusahaan investasi milik miliarder Warren Buffett.

oleh Agustina Melani diperbarui 07 Agu 2023, 18:03 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2023, 11:53 WIB
Ini 10 Daftar Orang Terkaya Dunia Tahun 2017 Versi Forbes
Miliarder Warren Buffett tidak diragukan lagi sebagai salah satu investor paling terkenal dan berpengaruh dalam sejarah modern, (NYC)

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder Warren Buffett tidak diragukan lagi sebagai salah satu investor paling terkenal dan berpengaruh dalam sejarah modern, berdasarkan catatan kinerja yang luar biasa.

Seiring hal itu, portofolio investasi Berkshire Hathaway Inc, Perusahaan induk milik Warren Buffett mendapatkan perhatian, meski Buffett tidak lagi membuat keputusan, demikian dikutip dari Yahoo Finance, Senin (7/8/2023).

Terlepas dari kesuksesan yang belum tertandingi, model investasi Warren Buffett telah lama transparan, lugas dan konsisten. Warren Buffett investasi di Perusahaan besar, Perusahaan blue-chip dengan neraca kuat dan valuasi yang menarik. Buffett sering investasi untuk jangka panjang, tetapi tidak pernah takut untuk investasi baru yang signifikan atau melepaskan kepemilikan jangka panjang.

Berikut adalah lima saham teratas dalam portofolio Berkshire Hathaway, menurut laporan keuangan kuartal II 2023 dikutip dari Investopedia:

1.Apple

Apple, produsen iphone sejauh ini salah satu saham yang terbesar dipegang Berskhire Hathaway senilai USD 177,6 miliar per 30 Juni 2023, terhitung 50 persen dari portofolio sahamnya dan 5,8 persen dari saham Apple yang bereda.

Berkshire Hathaway akuisisi saham Apple pada 2016-2019 senilai lebih dari USD 35 miliar. Pada rapat pemegang saham Berkshire Hathaway pada 2023, Warren Buffett menuturkan, kriteria untuk Apple berbeda dari bisnis yang dimilikinya. “Kebetulan ini adalah bisnis yang lebih baik daripada yang kami miliki,” ujar dia.

Investopedia menyebutkan, pada 2022, Berkshire Hathaway menambah lagi 333.856 saham Apple yang merupakan kepemilikan tunggal terbesarnya, sehingga kepemilikannya menjadi lebih dari USD 177 miliar pada pertengahan 2023.


Bank of America dan American Express

Wall Street
Pedagang bekerja di New York Stock Exchange, New York, 10 Agustus 2022. (AP Photo/Seth Wenig, file)

2.Bank of America

Kepemilikan terbesar kedua Berkshire Hathaway adalah Bank of America dengan nilai USD 29,6 miliar pada pertengahan 2023, terhitung 8 persen dari portofolio.

Berkshire Hathaway memegang 12,9 persen saham bank yang beredar pada 1 Maret 2023.

Buffett akuisisi 700 juta dari 1 miliar saham Bank of America yang dimiliki Berkshire Hathaway pada 2022 untuk waran yang diterima Berkshire Hathaway saat melakukan investasi sebesar USD 5 miliar pada saham preferen bank itu pada 2011.

3.American Express

Kepemilikan saham Berskhire Hathaway di American Express senilai USD 26,4 miliar, sumbang 7,5 persen dari portofolionya pada pertengahan 2023 dan 20,4 persen saham American Express pada Maret 2023.

Buffett akuisisi saham American Express dimulai pada 1994 dengan imbalan waran dari investasi saham preferen senilai USD 300 juta yang hasilkan 64 persen lebih dari tiga tahun.

Berkshire Hathaway telah meningkatkan saham American Express secara signifikan selama dekade terakhir.


Coca Cola hingga Chevron

Realme 10 Pro Coca Cola Edition
Realme 10 Pro Coca Cola Edition resmi meluncur. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

4.CocaCola

Warren Buffett terkenal konsumsi lima coke 12 ons per hari. Ia pernah berkata kalau seperempat Coca Cola berdasarkan bagian minuman dari asupan kalorinya.

Berskhire Hathaway puas dengan saham Coca Cola sebesar USD 24,1 miliar, mewakili 6,8 persen dari portofolio sahamnya. Hal itu sumbang 9,25 persen dari saham Coca Cola yang beredar.

Setelah Buffett mulai akumulasi saham Coca Cola pada 1988, ia berencana untuk menahannya dalam waktu lama yang disampaikan melalui surat kepada pemegang saham.

“Faktanya, ketika kita memiliki sebagian dari bisnis yang luar biasa dengan manajemen yang luar biasa, masa simpan kita adalah selamanya,” ujar Buffett.

5.Chevron

Warren Buffett memangkas kepemilikan saham Berkshire Hathaway di Chevron pada semester I 2023. Berkshire Hathaway pernah menjadi pemegang saham terbesar ketiga Perusahaan. Kepemilikan Berkshire di Chevron senilai USD 19,4 miliar, mewakili 5,5 persen dari portofolio Perusahaan per 30 Juni 2023. Kepemilikan Berkshire sebesar 7 persen dari saham beredar Chevron per Maret 2023.

“Saya tidak menyesal memiliki Chevron. Chevron sama sekali bukan Perusahaan jahat,” ujr dia saat rapat pemegang saham Berkshire Hathaway pada 2021 ketika ditanya tentang peran Chevron dalam perubahan iklim.


Investasi Berkshire Hathaway Lainnya

(Foto: Ilustrasi wall street, Dok Unsplash/Sophie Backes)
(Foto: Ilustrasi wall street, Dok Unsplash/Sophie Backes)

Selain kepemilikan saham terbesar di lima Perusahaan itu, Berkshire Hathaway juga memiliki sejumlah saham di sejumlah Perusahaan antara lain The Kraft Heinz Company, Occidental Petroleum Corp, Moody;s Corp, Activision Blizzard Inc dan HP Inc.

Selain saham di Perusahaan publik, Berkshire Hathaway juga memiliki saham di anak Perusahaan termasuk Geico Insurance, BNSF Railways, Duracell dan International Dairy Queen Inc.

Infografis miliarder dunia
Jumlah miliarder dunia di setiap benua (liputan6,com/Deisy)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya