RMKO Garap Pembangunan 2 Fasilitas Tambang Gorby Senilai Rp 61 Miliar

PT Royaltama Mulia Kontraktorindo Tbk (RMKO IJ) melanjutkan kerja sama kedua bersama PT Atlas Resources Tbk (ARII), melalui anak usahanya PT Gorby Putra Utama (GPU) untuk membangun dan mengoperasikan Coal Crushing Plant (CCP) 2.

oleh Septian Deny diperbarui 23 Jul 2024, 18:41 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 18:41 WIB
Pencatatan perdana saham PT Royaltama Mulia Kontraktorindo Tbk (RMKO), Senin, (31/7/2023). (Foto: BEI)
Pencatatan perdana saham PT Royaltama Mulia Kontraktorindo Tbk (RMKO), Senin, (31/7/2023). (Foto: BEI)

Liputan6.com, Jakarta PT Royaltama Mulia Kontraktorindo Tbk (RMKO IJ) melanjutkan kerja sama kedua bersama PT Atlas Resources Tbk (ARII), melalui anak usahanya PT Gorby Putra Utama (GPU) untuk membangun dan mengoperasikan Coal Crushing Plant (CCP) 2 dan fasilitas tambang pendukung lainnya serta memberikan jasa logistik batu bara di hulu.

Kerja sama ini dilakukan bersama dengan Grup usaha PT Rantai Mulia Kencana (RMK) yang akan membiayai pembangunan CCP 2 dengan kapasitas 650 tph dan fasilitas pendukung lainnya di area tambang GPU senilai Rp25 miliar.

Pada kerja sama sebelumnya RMK juga mendanai pembangunan CCP 1 sebesar Rp36 miliar, sehingga total pendanaan yang digelontorkan RMK pada proyek ini adalah sebesar Rp61 miliar.

Atas kerja sama ini, GPU akan membayar pengembalian pendanaan kepada RMK berdasarkan jumlah produksi sesuai perjanjian sebesar 200 ribu MT batubara per bulan dan pembelian batubara dengan mekanisme FOB barge dari produksi CCP 2.

Selain pembayaran kepada RMK, GPU juga akan membayar jasa kepada RMKO dari volume jasa batubara yang diperoleh dari CCP 1 dan 2 dengan total 400 ribu MT batubara per bulan termasuk stockpile management, dump truck loading, hauling, loading tongkang hingga penyediaan alat berat serta maintenance. Kerja sama kedua ini akan berlaku selama 60 bulan sejak dilakukan  serah terima CCP 2 oleh RMKO ke GPU dan dapat diperpanjang berdasarkan keputusan para pihak.

Direktur Utama Perseroan, Vincent Saputra mengatakan kerja sama ini merupakan salah satu bentuk implementasi strategi RMKO untuk mengoptimalkan bisnis jasa pertambangan melalui peningkatan utilisasi aset Perseroan dengan melihat peluang-peluang baru di luar area tambang PT Truba Bara Banyu Enim (TBBE) di Kabupaten Enim Sumatera Selatan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Infrastruktur

Pencatatan perdana saham PT Royaltama Mulia Kontraktorindo Tbk (RMKO), Senin, (31/7/2023). (Foto: BEI)
Pencatatan perdana saham PT Royaltama Mulia Kontraktorindo Tbk (RMKO), Senin, (31/7/2023). (Foto: BEI)

“Kami melihat area Sumatera Selatan masih memiliki peluang besar untuk dioptimalkan produksi batubaranya dengan pembangunan infrastruktur yang lebih terintegrasi. Berbekal pengalaman yang telah kami lakukan di area operasional utama kami di Enim dan kolaborasi RMK Grup, kami yakin dapat mengoptimalkan produksi batubara di tambang milik ARII. RMKO hadir sebagai solusi logistik batubara di hulu dengan fasilitas yang lebih terintegrasi untuk mengoptimalkan volume produksi tambang-tambang yang memiliki isu  bottlenecking karena infrastruktur,” kata Vincent. 

Pada kesempatan yang sama Direktur Operasional Perseroan, William Saputra  juga menjelaskan dengan potensi revenue generator baru tambahan yang berasal dari area tambang ARII.

“Kami sangat optimistis menjaga pertumbuhan kinerja operasional dan keuangan yang berkelanjutan, tidak hanya RMKO saja namun juga RMK Grup Indonesia. Kami juga menargetkan akan menyelesaikan pembangunan CPP 1 dan 2 pada semester kedua tahun ini sehingga kerja sama ini sudah dapat memberikan kontribusi pada kinerja keuangan RMKO,” jelas William.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya