6 Film tentang Tindak Pidana Pencucian Uang, Kasus yang Tengah Disorot Mahfud MD dan Sri Mulyani

Dugaan tindak pidana pencucian uang di Kemenkeu yang tengah menjadi sorotan di Tanah Air hingga menteri Mahfud MD dan Sri Mulyani buka suara, sudah banyak terjadi di berbagai negara hingga menginspirasi para sineas untuk dijadikan film.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 20 Mar 2023, 22:42 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2023, 21:01 WIB
[Bintang] Ben Affleck
Ben Affleck dalam film The Accountant. Foto: IMDb

Liputan6.com, Jakarta Dugaan adanya TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) setelah diketahui adanya transaksi janggal sebesar Rp300 triliun lebih di Kementerian Keuangan, baru-baru ini membuat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamaan (Menko Polhukam) Mahfud MD buka suara.

Meskipun temuan PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) atas transaksi janggal itu bukanlah hasil korupsi maupun TPPU, Mahfud MD kepada media pada Senin (20/3/2023) sore di kantornya, sempat menekankan adanya kemungkinan pencucian uang di balik traksaksi besar tersebut. Hingga kini, belum diketahui secara pasti tindak seperti apa yang ada di balik transaksi itu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pada kesempatan yang sama turut buka suara mengenai 300 surat laporan dari PPATK kepada Kemenkeu. Dari situ, diketahuilah ada nilai transaksi mencurigakan senilai Rp349 triliun. Namun begitu, menurut Sri Mulyani, transaksi terkait pegawai Kemenkeu hanya sebagian kecil.

Menurutnya, hanya 65 surat berisi transaksi keuangan dari perusahaan, badan atau perseorangan yang tak berkaitan dengan pegawai Kemenkeu dengan rincian jumlah transaksi Rp253 triliun.

Kasus tindak pidana pencucian uang yang tengah menjadi sorotan di Tanah Air itu juga sudah banyak terjadi di berbagai negara. Hal itu tentu saja membuat deretan sineas negara masing-masing memberanikan diri untuk menggarap film bertema TPPU dengan sebagus mungkin.

Beberapa film tentang TPPU bahkan dibintangi oleh aktor-aktor top negara masing-masing yang namanya sudah tak perlu dipertanyakan lagi kualitas aktingnya. Berikut deretan film asing tentang tindak pidana pencucian uang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. The Accountant Menyorot Seorang Akuntan Pengidap Autisme yang Bongkar Pencucian Uang

The Accountant
The Accountant. (Warner Bros. Pictures)

Film The Accountant yang rilis pada 2016 silam dengan Ben Affleck sebagai aktor utamanya sempat menjadi perbincangan meskipun bukan dianggap sebagai film Hollywood terbaik dari aktor yang pernah memerankan Batman itu.

Pasalnya, dalam film ini Ben Affleck memerankan seorang karakter penyandang autisme bernama Chris Wolf. Namun, kondisinya tersebut justru membantunya berkarier sebagai seorang akuntan.

Film ini makin menarik ketika Chris dilibatkan dalam sebuah upaya pengungkapan pencucian uang di suatu perusahaan yang cukup besar.

 


2. Equity Menyorot Wanita yang Berhadapan dengan Pencucian Uang di Wall Street

Film Equity
Film Equity. (Sony Pictures Classics)

Rilis pada 2016, film Hollywood Equity yang dibintangi Anna Gunn awalnya menyorot tentang karier seorang wanita yang berprofesi sebagai bankir investasi di Wall Street.

Namun seiring perkembangan cerita, karakter bernama Naomi itu harus berhadapan dengan skandal korupsi yang melanda tempat kerjanya tersebut.

 


3. The Resistance Banker tentang Pencucian Uang di Belanda Era Nazi

The Resistance Banker
Film The Resistance Banker. (Dutch FilmWorks)

Film karya sineas Belanda berjudul The Resistance Banker yang diluncurkan pada 2018, mengisahkan tentang dua orang bankir ternama yang merupakan adik kakak (diperankan Barry Atsma dan Jacob Derwig).

Tindak pencucian uang ditampilkan setelah dua saudara kandung ini mendapatkan uang sebesar 300 gulden dari bank negara di Belanda.

Salah satu hal yang terbilang unik dalam film adalah kisahnya yang terinspirasi dari kejadian nyata pada era pendudukan Nazi di Belanda.

 


4. Crypto Sorot Eksekutif Wall Street yang Temui Kasus Pencucian Uang

Film Crypto
Film Crypto. (Lionsgate)

Film Crypto yang dibintangi Beau Knapp sebagai Martin Duran Jr., dirilis pada 2019 lalu. Aktor top Kurt Russell juga ikut terlibat dalam film ini meskipun sebagai karakter pendukung.

Film ini menyorot Martin, seorang eksekutif yang bekerja di Wall Street namun akhirnya mendapat tugas di divisi anti pencucian uang. Selama di sana, ia menemukan banyak kejanggalan yang mengejutkannya.

 


5. The Laundromat Tampilkan Metode Pencucian Uang

[Fimela] Laundromat
The Laundromat, karya sutradara Steven Soderbergh tayang di Netflix dan bisa menjadi teman saat weekend. (FOTO: Netflix)

Sesuai judulnya film The Laundromat yang rilis pada 2019 menyorot habis-habisan kasus money laundering (pencucian uang) yang menimbulkan salah satu kebocoran finansial terbesar dalam sejarah.

Film yang dibintangi bintang-bintang top mulai dari Meryl Streep, Gary Oldman, hingga Antonio Banderas ini membeberkan sisi gelap dari kekayaan tersembunyi di balik sebuah perusahaan.

Selain itu, adegan dalam film ini juga turut menyampaikan gambaran mengenai metode pencucian uang, serta cara mendirikan perusahaan lepas, hingga memalsukan identitas.

 


6. Bad Boys 2 Kemas Kasus Pencucian Uang dalam Genre Laga Komedi

Bad Boys 2
Bad Boys 2. (Columbia Pictures)

Tak melulu bergenre drama, beberapa film laga komedi juga turut melibatkan kasus tindak pidana pencucian uang. Namun yang paling menarik adalah Bad Boys 2.

Film tahun 2003 yang dibintangi Martin Lawrence dan Will Smith ini awalnya menyorot dua karakter utamanya berusaha menangkap gembong narkoba.

Namun seiring cerita berjalan, terungkap bahwa adik dari salah satu karakter utama tersebut melakukan penyamaran lantaran terlibat tindak pencucian uang.

Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi
Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya