Lomba Pianica Nasional 2024, Yamaha Musik Dukung Bakat Musik Siswa Sekolah Dasar Se-Indonesia

Yamaha Musik Indonesia Distributor kembali melanjutkan program pengembangan bakat dan kreativitas para pelajar sekolah dasar nasional, melalui seni musik bermain pianica yang bertajuk Lomba Pianica Nasional 2024.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 29 Mei 2024, 21:42 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2024, 11:40 WIB
Lomba Pianica Nasional 2024
Lomba Pianica Nasional 2024. (Dok. Yamaha Musik Indonesia Distributor)

Liputan6.com, Jakarta Setelah sukses menyelenggarakan Lomba Pianica Nasional di tahun 2023 lalu, PT Yamaha Musik Indonesia Distributor kembali melanjutkan program pengembangan bakat dan kreativitas para pelajar sekolah dasar nasional, melalui seni musik bermain pianica yang bertajuk Lomba Pianica Nasional 2024.

Lomba pianica ini masih bekerja sama dan di-support oleh Puspresnas Kemdikbudristek, Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PB-PDBI).

Tahun ini, turut di-support oleh Asosiasi Pengajar Seni Melodika Indoneisa (APSMI); Yamaha Musik sebagai inisiator acara ini siap menunjang visi Kemdikbudristek dalam melaksanakan pembangunan bidang Pendidikan dan kebudayaan sejak usia dini di tanah air.

Presiden Direktur Yamaha Musik Indonesia, Hisayoshi Matsui sangat menyambut positif penyelenggaraan Lomba Pianica Nasional 2024 ini. Ia berharap, event ini bisa lebih sukses dari lomba sebelumnya.

"Saya sangat menyambut baik ajang ini, dan berharap ajang yang untuk kali kedua digelar ini, dapat memotivasi para peserta di kalangan sekolah dasar untuk terus kreatif dan berprestasi, khususnya di bidang seni musik," terang Hisayoshi Matsui.

"Lomba ini merupakan tindak lanjut dari training online musik untuk guru-guru sekolah dasar tahun 2022-2023, yang merupakan bagian dari kegiatan CSR Yamaha untuk mendukung pendidikan karakter melalui popularisasi kegiatan bermusik di sekolah."

"Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air dan menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan talenta yang mereka miliki. Kami percaya pada potensi mereka untuk menjadi generasi yang tangguh di masa depan, dan event ini merupakan batu loncatan untuk mencapai visi tersebut," tambah Hisayoshi Matsui.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dukungan dari Komunitas Pengajar Pianica

Lomba Pianica Nasional 2024
Lomba Pianica Nasional 2024. (Dok. Yamaha Musik Indonesia Distributor)

Sementara itu, Andy Jobs selaku Ketua Dewan Juri Lomba Pianica Nasional 2024, menjelaskan tentang adanya tambahan dukungan dari komunitas pengajar pianica dan beberapa tantangan yang akan dihadapi oleh peserta lomba di ajang ini,

"Saya sebagai ketua dewan juri sangat mengapresiasi Lomba Pianica Nasional 2024, kerjasama Puspresnas, Yamaha Musik dan PB-PDBI, kali ini didukung pula oleh Asosiasi Pengajar Seni Melodika Indonesia, suatu wadah komunitas pengajar Pianica yang juga berkontribusi mengembangkan kompetensi pemandu talenta di bidang seni musik," ujar Andy Jobs.

"Pada ajang yang kedua ini khususnya kategori ansambel, kami memberikan keleluasaan dan sekaligus tantangan dengan memberikan unsur pendukung, sehingga peserta bisa bertanding bukan hanya dari sisi musikalitas saja, akan tetapi juga dari sisi kreativitas penampilan secara keseluruhan,” tambah Andy Jobs lagi.

Andy jobs juga berharap aktivitas ini bisa membentuk pelajar Indonesia yang sesuai dengan karakter dan nilai Pancasila dengan pengimplementasian dimensi Profil Pelajar Pancasila. Yakni mulai dari bergotong-royong, hingga bernalar kritis dan kreatif yang memberi dampak perubahan sikap siswa menjadi semakin kolaboratif, peduli, komunikatif, dan inovatif.

 

 


Telah Membuka Pendaftaran

Lomba Pianica Nasional 2024
Lomba Pianica Nasional 2024. (Dok. Yamaha Musik Indonesia Distributor)

Lomba Pianica Nasional 2024 yang mengangkat tema “Ekspresikan cinta tanah air dan budaya Indonesia dengan bermusik Pianica” ini, telah membuka pendaftaran pada periode waktu 1 Mei sampai dengan 31 Oktober 2024, dengan membuka kesempatan kepada peserta para murid sekolah dasar seluruh Indonesia.

Calon peserta baik itu yang berformat Solo maupun Ansambel, bisa mendaftar dan mengisi form pendaftaran melalui link : https://bit.ly/DAFTAR_PIANICA2024. Pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis.

Setelah mengisi form, peserta akan mendapat balasan melalui email dan akan mendapat tautan untuk mengunduh audio files (referensi iringan lagu) serta tautan untuk mengumpulkan video lomba.

Untuk pengumuman pemenang pada 31 Oktober nanti, para calon peserta bisa memantaunya di kanal Youtube Pusat Prestasi Nasional dan YamahaMusikID serta melalui Instagram YamahaMusikID.

 

 


Berharap Dapat Menjaring Para Plajar Sekolah Dasar

Lomba Pianica Nasional 2024
Lomba Pianica Nasional 2024. (Dok. Yamaha Musik Indonesia Distributor)

Tri Wahyu Widodo, Sekretaris Dewan Juri yang juga merupakan dosen ISI Yogyakarta, berharap dapat menjaring para pelajar sekolah dasar dengan kemampuan bermusik terbaik dari seluruh negeri lewat kompetisi ini.

“Kompetisi ini adalah pertunjukan keterampilan individu dan kolaboratif yang baik, dengan peserta dari kelompok usia Sekolah Dasar. Para peserta diharapkan mampu menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam memainkan Pianica dan menghasilkan melodi yang harmoni serta memikat hati juri. Setiap peserta dihargai sebagai seniman muda berbakat dan bukan hanya sebagai kompetitor berkat suasana kompetisi yang hangat dan terbuka,” terang Tri Wahyu Widodo.

Tri Wahyu Widodo berharap adik-adik calon peserta bisa menjadikan ajang ini sebagai fasilitas menunjukan kreativitas mereka.

“Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menjadi bagian dari komunitas musik yang bersemangat dan dinamis. Tunjukkan bakat adik-adik dan mungkin adik-adik dapat berkarya dan berprestasi dalam seni bermusik Pianica, daftarkan diri adik-adik, berlatihlah dengan tekun, dan bersiaplah untuk bersinar di Lomba Pianica Nasional 2024,” ujar Tri Wahyu Widodo menyemangati.

 


Juri Terkejut Melihat Kualitas Peserta Tahun Lalu

Anggota Dewan Juri, Kenan Loui, mengaku cukup terkejut melihat kualitas peserta ketika tahun lalu. Ia kini dipercaya menjadi juri ajang kompetisi pianica ini.

"Kali pertama saya dipercaya menjadi juri, setelah sekian kali dapat kesempatan untuk mengerjakan aransemennya. Dapat saya katakan bahwa kualitas peserta jauh di atas ekspektasi saya. Yang lebih membanggakan lagi adalah, kualitasnya tersebar rata, bahkan sampai daerah-daerah yang jauh dan sangat jarang saya dengar di media dan lingkungan sehari-hari," ujat Kenan Loui.

"Terbukti dari begitu tipisnya perbedaan kualitas finalis dan juara-juara yang akhirnya terpilih pada kompetisi tahun lalu yang mengakibatkan perdebatan sengit antar dewan juri," sambungnya.

Dewan juri “Lomba Pianica Nasional 2024” mempunyai beberapa kriteria penilaian untuk menilai para peserta yang berkompetisi di ajang ini, yaitu: Teknik Permainan (Ekspresi lagu, Balancing dan Komposisi), Interpretasi (Artikulasi, Dinamika dan Mutu Suara) dan Performance (Penampilan, kekompakan, Repertoire dan Kreativitas).

Untuk keterangan berkaitan dengan Petunjuk Teknis, Jadwal Lomba, Kategori Lomba, Persyaratan, Iringan lagu, Hadiah dan lain–lain, bisa disimak melalui Petunjuk Teknis yang akan dikirimkan juga melalui e-mail (auto reply) setelah peserta melakukan pendaftaran melalui tautan di atas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya