5 Ribu Ternak di Malang Diusulkan Dapat Vaksin PMK

Menurut dia, berdasarkan data saat ini ada sekitar 280 hewan ternak di wilayah Kota Malang yang terjangkit PMK.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Jun 2022, 06:03 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2022, 06:03 WIB
Suntik Massal Sapi Setelah Peternak Lesanpuro Kota Malang Lapor Wabah PMK Penyerang
Tim Kesehatan Hewan Ternak menyuntik sapi milik peternak di Lesanpuro, Kota Malang, setelah menerima laporan ada ternak milik mereka yang sakit untuk mencegah wabah PMK tak menyebar luas (Kominfo Kota Malang)   

Liputan6.com, Malang - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang mengusulkan sekitar 5 ribu ternak mendapatkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK), guna menekan penyebaran penyakit yang disebabkan virus family Picornaviridae, genus Apthovirus ini.

Plt Kepala Dispangtan Kota Malang Sri Winarni mengatakan, usulan untuk pemberian vaksin PMK terhadap 5 ribu ekor ternak tersebut sudah diajukan kepada Provinsi Jawa Timur dan Kementerian Pertanian.

"Kami masih diminta untuk mengusulkan sasaran hewan ternak yang akan divaksin," kata Sri, Kamis (16/6/2022).

Dia menambahkan hingga saat ini Pemkot Malang masih menunggu jadwal dan informasi lanjutan terkait pelaksanaan vaksinasi PMK untuk hewan ternak tersebut dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kementerian Pertanian.

Menurut dia, berdasarkan data saat ini ada sekitar 280 hewan ternak di wilayah Kota Malang yang terjangkit PMK. Akibat PMK tersebut, satu ekor sapi mati, sementara lainnya masih dalam perawatan.

Sembari menunggu pelaksanaan vaksin PMK untuk hewan ternak, pihaknya memberikan asupan vitamin dan melakukan penyemprotan desinfektan pada kandang-kandang milik peternak.

"Pengobatan kepada sapi-sapi ini aktif kami lakukan. Hasilnya kini banyak sapi yang mulai sembuh. Total lebih kurang ada sekitar 81 ekor sapi yang sembuh," tambahnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Kementerian Pertanian telah mulai melaksanakan pemberian vaksin PMK di Kabupaten Sidoarjo pada 14 Juni 2022. Langkah tersebut bertujuan untuk menanggulangi wabah PMK.


4 UPT

Ratusan Ekor Ternak Sapi di Kota Malang dan Batu Terjangkit PMK
Ratusan ternak sapi di Kota Malang dan Kota Batu terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK). Para peternak diimbau menjaga kesehatan hewan ternaknya dan kebersihan kandang agar wabah tak meluas (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Pada tahap pertama, pemerintah akan mengadakan vaksin sebanyak 800 ribu dosis dan pada tahap berikutnya sebanyak 2,2 juta dosis. Pada 12 Juni 2022, ada kurang lebih sebanyak 10 ribu vaksin yang telah tiba dan mulai didistribusikan oleh pemerintah.

Vaksin tersebut rencananya akan didistribusikan ke Koperasi Unit Desa (KUD) sapi perah di wilayah Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, serta empat Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pembibitan.

Empat UPT tersebut adalah yaitu Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Baturaden, Jawa Tengah, Balai Embrio Transfer Cipelang, Jawa Barat, Balai Inseminasi Buatan Lembang, Jawa Barat dan Balai Inseminasi Buatan Singosari, Jawa Timur.

Infografis Waspada Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Waspada Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya