Pasir Putih Situbondo Padat Wisatawan Isi Libur Lebaran Idul Fitri, Diimbau Tetap Jaga Prokes

Kunjungan wisatawan ke Destinasi wisata Pasir Putih Situbondo tercatat meningkat pada momen libur Panjang Hari Raya Idul Fitri 2023 ini.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 26 Apr 2023, 15:07 WIB
Diterbitkan 26 Apr 2023, 15:07 WIB
Destinasi wisata bahari Pasir Putih Situbondo (Istimewa)
Destinasi wisata bahari Pasir Putih Situbondo (Istimewa)

Liputan6.com, Situbondo - Kunjungan wisatawan ke Destinasi wisata Pasir Putih Situbondo tercatat meningkat pada momen libur Panjang Hari Raya Idul Fitri 2023 ini.

Berdasarkan data Posko wisata Bahari Pasir Putih Situbondo, kunjungan wisatawan meningkat menjadi 1.760 orang dibandingkan hari pertama Hari Raya Idul Fitri yang hanya 604 orang pengunjung.

“Mulai hari kedua lebaran jumlah pengunjung meningkat signifikan dibandingkan pada hari pertama Lebaran Kemarin,”ujar Koordinator Bidang Pariwisata , Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo Ruaidi, Selasa (25/4/2023)

Kata dia, pengujung wisata pantai yang terletak di Desa Pasir putih, Kecamatan Bungatan, itu didominasi dari luar kota, di antaranya Surabaya, Malang, Jember, dan Lumajang serta Jakarta.

“Mayoritas pengujung wisata membawa mobil pribadi. Di tempat parkir sebagian berasal dari Bandung dan Jakarta. Selain itu juga dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur,”paparnya

Dia menambahkan, pengunjung, dimbau tetap memperhatikan protokol kesehatan dan pengelola wisata pantai tersebut juga memberlakukan mencuci tangan dan menggunakan masker, sebagai upaya antisipasi meski penyeberan virus corona saat ini mulai melandai.

“Memperhatikan protokol kesehatan ini merupakan bentuk ikhtiar kami untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran kluster di tempat wisata,”tambahnya.

Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo masih menjadi destinasi bagi wisatawan maupun luar daerah. Selain lokasinya tepat berada di jalur pantura yang menghubungkan Jawa- Bali, wisata pantai ini menjadi pilihan masyarakat, karena ombak pantai ini tenang dan aman bagi anak- anak untuk mandi maupun bermain kano.


Pantai Pasir Putih Cukup Bagus

Salah satu wisatawan asal Sidoarjo Ayu Yuniar mengatakan, pihaknya sengaja mampir ke wisata Pasir Putih bersama keluarganya untuk berwisata sebelum melanjutkan perjalananya ke Banyuwangi. 

“Pasir putih cukup bagus pantainya, ombaknya tenang jadi bisa tenang menikmati pemandangan laut. Anak- anak saya juga senang. Setelah ini saya langsung lanjut perjalanan ke Banyuwangi untuk bersilaturrahmi ke rumah saudara,” tuturnya.

Ayu berharap, kedepannya wisata Pasir Putih bisa dilengkapi wahana bermain air agar wisatawan bisa lebih banyak berkunjung.

“Kalau di beberapa tempat kan ada wahana bermain air ya, Kalau di Banyuwangi itu ada rumah apung yang bisa mandi sambil memberi makan ikan itu perlu sehingga pengujung lebih tertari,” pungkasnya.

Infografis Destinasi Wisata Urban
Wisata urban adalah wisata yang menjadikan ruang-ruang publik kota dan pengalaman hidup di perkotaan sebagai atraksi utama. (Dok: Liputan6.com/Trisyani)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya