Sineas Papua Merapat, Fesbul Buka Pendaftaran Seleksi Film Lokus 5

Festival Film Bulanan (Fesbul) membuka peluang bagi penggiat film dari seluruh kawasan Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan untuk ikut seleksi film Fesbul Lokus 5.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 11 Jun 2024, 16:06 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2024, 15:55 WIB
Fesbul membuka peluang bagi penggiat film dari seluruh kawasan Papua  untuk ikut seleksi film Fesbul Lokus 5. (Istimewa)
Fesbul membuka peluang bagi penggiat film dari seluruh kawasan Papua untuk ikut seleksi film Fesbul Lokus 5. (Istimewa)

 

Liputan6.com, Jakarta - Festival Film Bulanan (Fesbul) membuka peluang bagi penggiat film dari seluruh kawasan Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan untuk ikut  seleksi film Fesbul Lokus 5.

Director Fesbul Etienne Caesar menyatakan, dipilihnya Lokus 5 di Papua bukan tanpa alasan. Alasan terkuatnya adalah berlimpahnya kebudayaan serta karya yang beraneka ragam bisa menjadi cerita untuk diangkat ke media perfilman Indonesia.

Tidak hanya itu, daerah di wilayah Lokus 5 memiliki kekayaan alam dan destinasi bak surga di Indonesia.

"Maka dari itu kami sangat bersemangat untuk memfokuskan Lokus 5 di wilayah Papua," ujarnya, Selasa (11/6/2024).

Sepanjang 2024, Fesbul telah berhasil mengumpulkan lebih dari 150 submisi film dengan berbagai genre yang mencerminkan semangat besar dari para pembuat film di daerah. Lalu sekarang, juga sudah banyak sekali film-film yang berhasil dikumpulkan dari seluruh kanca Indonesia dengan berbagai genre.

Ada fiksi, dokumenter, animasi, dan eksperimental dengan durasi 10 sampai 15 menit. Tidak hanya itu, demi memastikan kebaruan dan relevansi film yang didaftarkan, karya harus diproduksi setelah bulan Juni 2023.

Pendaftaran masih terus berlangsung sampai 12 Juni 2024. Untuk para sineas berbakat di kawasan seluruh Papua diharapkan untuk mengirimkan karya-karya terbaik kalian untuk mengikuti seleksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Wadah bagi Sineas Lokal

Dalam seleksi film Fesbul ini diterapkannya sistem zonasi guna memberikan peluang-peluang emas bagi seluruh penggiat film di Indonesia agar bisa menampilkan karya-karya terbaiknya.

Maka dari itu, tujuan utama Fesbul ini adalah menjadi wadah bagi sineas lokal yang keren dan berbakat agar bisa menunjukan karyanya serta mendorong inovasi dan semangat dalam meningkatkan kualitas industri film Indonesia.

Untuk dua film terbaik akan dapat kesempatan untuk dinominasikan dalam dalam penganugerahan Festival Film Bulanan dan juga berpotensi untuk berpartisipasi di film market festival Internasional di tahun 2025.

[INFOGRAFIS] Film-Film di Hari Kemerdekaan Amerika Serikat
Film-film ini terinspirasi dari hari kemerdekaan negara Amerika Serikat yang jatuh pada tangga 4 Juli. Apa sajakah?
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya