Selain Tablet, Kini Ada Printer 3D Untuk Anak

Sesuai dengan target market yang dituju, perangkat ini menyuguhkan sistem pengoperasian yang tidak rumit dan mudah digunakan.

oleh Iskandar diperbarui 25 Jun 2014, 10:11 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2014, 10:11 WIB
Setelah Tablet Kini ada Printer 3D Untuk Anak
Foto: kickstarter.com

Liputan6.com, California - Setelah ada notebook, smartphone, dan tablet yang dirancang khusus untuk anak-anak, kali ini ada sebuah printer tiga dimensi atau 3D printer yang diciptakan khusus untuk mereka.

Mengutip laman Kickstarter, sesuai dengan target market yang dituju, perangkat yang dijuluki Printeer ini menyuguhkan sistem pengoperasian yang tidak rumit dan mudah digunakan untuk proses belajar.

"Tidak seperti 3D printer lainnya, Printeer tidak memerlukan keterampilan teknis atau teknik canggih. Sebagai permulaan, sang anak tidak perlu mempelajari perangkat lunak CAD (computer aided design) dan tool profesional yang diperlukan untuk menghasilkan desain 3D," kata Mission Street Manufacturing selaku pengembang printer ini.

Software yang ada bisa berjalan pada iPad, yang diklaim lebih nyaman untuk anak-anak ketimbang PC. Bahkan, mereka dapat menguasainya hanya dalam waktu sekitar 30 detik dan tidak memerlukan langkah-langkah tertentu.

"Tak perlu PC, perangkat lunak yang kompleks, dan pengaturan konfigurasi yang rumit. Hanya menyentuh tombol `print`, anak-anak langsung bisa menyaksikan alat ini bekerja dengan sendirinya," terang developer asal California, Amerika Serikat tersebut.

Dari sisi desain, Printeer dibuat menggunakan casing transparan. Tujuannya adalah untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, seperti cidera karena mungkin mereka memegang bagian yang panas atau bergerak.

Di satu sisi, penggunaan casing transparan juga membuat mereka bisa melihat seluruh proses pembuatan sebuah benda. Meskipun aman untuk anak-anak, saat Printeer digunakan, Mission Street Manufacturing tetap menyarankan untuk berada pada pengawasan orangtua.

Mengenai ketersediaan produk, Printeer rencananya akan mulai dijual pada bulan November 2014 dengan harga US$ 549 atau sekitar Rp 6,5 juta.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya