Bisnis Percetakan di Indonesia Timur Masih Potensial Digarap

Pasar solusi percetakan di Indonesia bagian timur disebutkan masih potensial untuk dieksplorasi.

oleh Denny Mahardy diperbarui 16 Okt 2014, 12:28 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2014, 12:28 WIB
Ini Proses Pencetakan Surat Tagihan Bulanan Anda
Presdir AXI, Sahat Sihombing bersama Leonard Sinagar, Direktur AXI berfoto di ruang desain percetakan Xprins

Liputan6.com, Jakarta - Meski terbilang baru, Astragraphia Xprint Indonesia (XPI) punya strategi gerak cepat untuk mengekspansi pasar percetakan kelas bisnis di Indonesia. Anak perusahaan PT Astra Graphia Tbk tersebut berencana memperkuat cakupannya ke wilayah lain.

President Director AXI Sahat M. Sihombing menyatakan, perusahaannya melihat peluang besar di industri cetak yang ada di wilayah Indonesia bagian timur.  Sahat juga mengklaim bahwa AXI berencana mengekplorasi pasar solusi printing di wilayah Indonesia bagian timur.

"Kita ingin meluaskan pasar ke Indonesia di bagian timur secepatnya. Sekarang ini semua urusan pelanggan di Indonesia timur seperti Ambon, Makassar, Papua dan sekitarnya ditangani oleh percetakan dan kantor cabang yang ada di Surabaya baru dikirim ke lokasi sesuai permintaan pelanggan," ungkap Sahat.

Pria asal Sumatera Utara itu menyebutkan bahwa saat ini perusahaannya sedang melakukan perhitungan mendalam soal rencana pembangunan fasilitas cetak untuk menangani pesanan pelanggan dari wilayah Indonesia timur.

"Sekarang masih dipertimbangkan dulu potensi pasar yang ada di sana. Kan harus dilihat mana yang lebih bagus. Pilihannya kita bisa bikin percetakan di sana langsung atau tetap ditangani lewat fasilitas yang sudah ada di Surabaya," papar Sahat saat dijumpai tim Tekno Liputan6.com di kantornya.

Perusahaan ini sendiri memiliki dua bentuk layanan bisnis yakni Layanan Gerak yang menangani proses pengiriman perlengkapan cetak dan Xprins yang melayani solusi percetakan perusahaan dari mulai pencetakan hingga pengiriman.

Sahat mengaku perusahaannya saat ini tengah melayani berbagai perusahaan seperti bank, operator telekomunikasi dan asuransi. Menyumbang 10% pendapatan di Astra Graphia menjadi target AXI di tahun pertamanya berdiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya