Akses Facebook Sama Menyenangkannya dengan Menikah

Hasil penelitan terbaru menyebut akses Facebook memberikan efek sama seperti menikah atau mempunyai anak.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 08 Sep 2016, 06:43 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2016, 06:43 WIB
Facebook
Tampilan video 360 di News Feed Facebook (sumber: newsroom.fb.com)

Liputan6.com, New York - Sebagian pengguna Facebook, menerima komenter atas sebuah unggahan mungkin merupakan hal yang biasa. Di sisi lain, tak sedikit pula yang menganggapnya sebagai sebuah pencapaian tertentu.

Penelitian terbaru bahkan menemukan hal yang lebih dari itu. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carnegie Mellon University menyebut, aktivitas di Facebook ternyata bisa membawa kebahagiaan untuk penggunanya.

Bahkan, dikutip dari laman New York Post, Kamis (8/9/2016), kebahagiaan itu seperti saat seseorang memiliki anak atau menikah. Hal itu disebabkan oleh perasaan yang begitu senang saat orang lain mengomentari suatu unggahan.

Komentar yang diberikan pun tak perlu yang panjang, hanya satu atau dua kalimat saja disebut sudah membuat seseorang begitu senang.

Komunikasi itu membuat seseorang merasa hubungan yang dimilikinya terasa bermakna.

Penelitian ini sendiri didasarkan pada survei yang dilakukan pada 1.910 pengguna Facebook selama tiga bulan. Peneliti menemukan 60 komentar tiap bulan dari orang terdekat berhubungan dengan perasaan puas.

Studi tersebut juga menyebutkan bahwa media sosial tak selalu membuat orang merasa depresi. Laporan tersebut mengungkap, seseorang yang depresi akan lebih banyak mengakses media sosial untuk meningkatkan mood-nya.

(Dam/Isk)

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya