Berusia 20 Tahun, Yuk Napak Tilas Popularitas iMac

iMac, komputer milik Apple genap berusia 20 tahun tanggal 6 Mei 2018, yuk intip penampakan iMac pertama yang dirilis mendiang Steve Jobs.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 08 Mei 2018, 07:00 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2018, 07:00 WIB
Braun LE1 Speaker vs iMac
Braun LE1 Speaker vs iMac. (Doc: Cult of Mac)

Liputan6.com, Jakarta - 20 tahun lalu, tepatnya pada 6 Mei 1998, Steve Jobs untuk pertama kalinya memperkenalkan Bondi Blue iMac dan mengubah sejarah Apple untuk selamanya.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari BGR, Selasa (8/5/2018), kini Apple menjadi salah satu perusahaan teknologi dengan penghasilan paling banyak. Tapi siapa sangka kalau pada 1998 Apple sempat mengalami kesulitan keuangan.

Pada akhir 1990an, Apple sedang berada di ambang kebangkrutan lantaran lini produk Mac. Pasalnya perangkat komputer tersebut dianggap kemahalan, kesulitan dalam pengiriman, dan tidak populer.

Kemudian, pada akhir 1996, Apple mengakuisisi NeXT, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs setelah dirinya ditendang dari Apple.

Setelah akuisisi, Jobs terlibat lagi di Apple, tapi hanya sebagai penasihat. Pada Juli 1997, CEO Gil Amelio mengundurkan diri dan Jobs menjabat sebagai CEO.

Dengan kepemimpinan Jobs, Apple berada di bawah tekanan untuk menghasilkan produk komputer yang diterima pasar. Apalagi, saat itu Windows mengusai market share sebesar 95 persen.

Tak lama kemudian, Jobs bersama desainer muda Jony Ive menghadirkan produk komputer dengan desain sepenuhnya baru. Saat itu muncullah PC bernama Bondi Blue iMac yang dijual US$ 1.299 atau setara Rp 18,2 jutaan dengan kurs saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


iMac Pertama

iMac
iMac pertama yang diperkenalkan oleh Steve Jobs pada 1998, Bondi Blue iMac (Foto: BGR)

iMac pertama hadir dengan desain all-in-one berwarna biru transparan. Tentunya desain tersebut jadi hal yang sangat baru dibandingkan dengan PC lainnya di masa itu.

iMac juga hadir mengusung fitur baru, misalnya port USB yang pertama kali hadir di sebuah komputer. Pada iMac, tidak disematkan drive floppy disk, dan hal itu dianggap sebagai keputusan penuh kontroversi.

Tidak hanya itu, iMac menjadi produk pertama Apple yang menggunakan huruf "i", dilanjutkan dengan beragam produk seperti iPhone, iPad, dan iMac modern.

 


Cuitan Bos Apple Peringati iMac

iMac
iMac hadir dalam beberapa varian warna (Foto: BGR)

Memperingati 20 tahun kehadiran iMac, CEO Apple, Tim Cook pun mengunggah cuitan.

"20 tahun lalu, hari ini Steve (Jobs) memperkenalkan iMac kepada dunia. iMac mengubah cara pandang orang terhadap komputer," cuit Cook.

Kehadiran iMac pertama yang berwarna biru tampaknya begitu menarik perhatian banyak orang. Pada saat itu juga, Apple merilis beberapa varian warna berbeda untuk iMac, antara lain ungu, merah, hijau, dan kuning.

Hadirnya iMac pun mengawali kesuksesan produk-produk Apple lainnya, mulai dari iPhone hingga iPad. Bahkan, keduanya dianggap tidak akan sukses tanpa Bondi Blue iMac.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya