Galaxy S8 Lite Muncul di Laman Otoritas Sertifikasi Tiongkok

Menurut informasi yang diunggah TENAA, Samsung Galaxy S8 Lite tampil dengan spesifikasi kelas menengah.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 11 Mei 2018, 07:30 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2018, 07:30 WIB
Samsung
Samsung baru saja meluncurkan Galaxy S8 untuk Korea Selatan (kredit: Samsung)

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan smartphone Samsung Galaxy S8 Lite kini makin jelas. Hal ini diketahui dari laman otoritas sertifikasi Tiongkok TENAA yang menampilkan informasi seputar smartphone tersebut.

Dikutip dari Phone Arena, Jumat (11/5/2018), smartphone ini memiliki desain yang mirip Galaxy S8. Hal itu dilihat dari posisi kamera dan pemindai sidik jari yang terletak di bagian belakang.

Samsung masih mengusung desain Infinity Display yang tampil dengan layar melengkung untuk smartphone ini. Perangkat ini juga dibekali dengan tombol Bixby, tapi monitor detak jantung disebut absen di perangkat ini.

Berdasarkan informasi dari laman TENAA, smartphone ini memiliki bentang layar 5,8 inci, tapi dengan resolusi hanya 2.220 x 1.080 piksel. Samsung Galaxy S8 Lite memiliki kamera utama dengan resolusi 16MP.

Urusan dapur pacu, smartphone ini didukung prosesor octa-core yang diduga merupakan Snapdragon 660. Berbekal prosesor itu, Galaxy S8 Lite memiliki RAM 4GB, memori internal 64GB, dan baterai berkapasitas 3.000mAh.

Sayangnya, belum dapat dipastikan kapan Samsung akan merilis perangkat ini. Namun, kemungkinan besar, smartphone ini akan meluncur dalam waktu dekat.

Meski sempat dikabarkan akan dipasarkan hanya di Tiongkok, kabar menyebut smartphone ini juga akan dipasarkan di Negeri Tirai Bambu. Smartphone ini disebut-sebut menjadi cara Samsung untuk berkompetisi di pasar perangkat harga terjangkau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Samsung Siapkan Galaxy S8 Lite dan A8 Star

Infinity Display
Gambar render Galaxy A (2018) menggunakan desain Infinity Display seperti milik Galaxy S8 (Sumber: GSM Arena)

Kabar mengenai Galaxy S8 Lite sebenarnya sudah terdengar sejak beberapa waktu lalu. Menurut kabar tersebut Samsung sedang menyiapkan dua smartphone baru yaitu Galaxy S8 Lite dan Galaxy A8 Star.

Masing-masing smartphone ini memiliki kode nomor SM-G8750 dan SSM-G8850.

Dilansir GSM Arena, prediksi tentang nama kedua smartphone muncul karena SM-G8750 dan SM-G8850 disebut akan dipasarkan dengan nama "Galaxy Dream Lite".

"Dream" sendiri merupakan kode nama Galaxy S8, sehingga keduanya pun diperkirakan hadir sebagai Samsung Galaxy S8 Lite dan Galaxy A8 Star.

Keduanya disebut memiliki chipset Snapdragon 660. Namun, ada sejumlah perbedaan spesifikasi di antara keduanya.

Berdasarkan keterangan yang tercantmun di situs web otoritas sertifikasi Tiongkok, Tenaa, Galaxy A8 Star memiliki layar Super AMOLED 6,28 inci dengan resolusi 1080 x 2220 piksel.

Smartphone ini memiliki kamera ganda utama 16MP + 24MP dan kamera depan 24MP. Selain itu, juga terdapat RAM 4GB, memori internal 64GB, dan baterai 3.700mAh.

Sementara, Samsung Galaxy S8 Lite memiliki layar berukuran 5,8 inci dan dua kamera belakang dengan resolusi 12MP.

Keduanya sama-sama memiliki dual kamera belakang. Sayangnya, Samsung belum memberikan pernyataan tentang rencana peluncuran Galaxy S8 Lite dan Galaxy A8 Star.


Samsung Rilis Galaxy A6 dan A6 Plus di Indonesia

Samsung
Samsung Galaxy A6. Liputan6.com/Tommy Kurnia

Baru-baru ini, Samsung juga baru merilis smartphone teranyarnya, yakni Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus. Fitur unggulan smartphone ini berada di kamera

Tak hanya untuk selfie, tetapi juga cocok untuk wefie. Pasalnya, seri Galaxy ini sudah didukung layar Infinity Display dengan aspek rasio 18,5:9.

Galaxy A6 menggendong kamera depan dan belakang beresolusi 16MP. Bedanya hanya di aperture, kamera belakang memiliki aperture F1.7, dan untuk kamera depan F1.9. Alhasil, foto tetap tampil berkualitas walau diambil dalam keadaan minim cahaya.

Sementara, Galaxy A6 Plus disematkan kamera depan 24MP (F1.9) dan kamera ganda di belakangnya dengan resolusi 16MP (F1.7) dan 5MP (F1.9).

Khusus Galaxy A6 Plus, yang memiliki dual camera, akan disertai pula fitur Live Focus alias Bokeh agar foto lebih memancing perhatian.

Kedua smartphone dibalut layar Super AMOLED, dengan bentang layar 5,6 inci untuk A6 dan 6 inci untuk A6 Plus.

Layar A6 yang beresolusi 720x1480 sudah HD+. Lain cerita dengan layar 1080x2220 di A6 Plus, yang mendapat predikat FHD (Full High Definition).

Adapun kualitas audio Galaxy A6 dan A6 Plus lebih optimal berkat disematkannya Dolby Atmos.

Dari segi dapur pacu, kedua smartphone dipersenjatai Android 8.0 (Oreo). Untuk Galaxy A6 ditopang RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB yang mampu diperluas ke 256GB.

Sementara, Galaxy A6 Plus diperkuat RAM 4GB, dan memori internal 32GB yang bisa diperluas sampai 400GB dengan MicroSD. Untuk urusan jeroan, Galaxy A6 diperkuat Exynos 7870, sedangkan Galaxy A6 Plus dtopang Snapdragon 450.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya