Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower merilis daftar mobile game dengan pendapatan tertinggi pada Juni 2022.
Menurut laporan Sensor Tower, Honor of Kings menjadi mobile game berpendapatan tertinggi di seluruh dunia pada periode itu. Mobile game garapan Tencent tersebut mengumpulkan pendapatan senilai USD 238,2 juta atau sekitar Rp 3,57 miliar.
Baca Juga
"Sekitar 95 persen pendapatan Honor of Kings berasal dari Tiongkok, 2 persen dari Taiwan, dan 1,7 persen dari Thailand," ujar Sensor Tower, dikutip dari laporannya pada Kamis (14/7/2022).
Advertisement
Di tempat kedua, Genshin Impact meraih pendapatan senilai USD 154 juta. Itu mewakili 58,5 persen pertumbuhan tahunan mobile game garapan miHoYo tersebut jika dibandingkan dengan pendapatan pada Juni 2021.
"Sekitar 44 persen pendapatan Genshin Impact berasal dari Tiongkok, diikuti oleh 25,5 persen dari Jepang," kata Sensor Tower.
Melengkapi posisi lima besar, ada PUBG Mobile dari Tencent, Pokémon GO dari Niantic, dan Candy Crush Saga dari King.
Pasar game seluler global periode Juni 2022 menghasilkan sekitar USD 6,4 miliar yang berasal dari belanja pemain di App Store dan Google Play. Itu menandai sekitar 10 persen penurunan tahunan dibandingkan.
Pasar teratas untuk pendapatan global mobile game pada Juni 2022 adalah Amerika Serikat, yang menghasilkan USD 1,8 miliar atau sekitar 28,4 persen dari total pengeluaran pemain di seluruh dunia.
Jepang menduduki peringkat kedua dengan porsi 19,3 persen, diikuti oleh Tiongkok, di mana Google Play tidak tersedia, dengan kontribusi 18,7 persen.
Â
* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.
Daftar 10 Besar secara Umum
- Honor of Kings
- Genshin Impact
- PUBG Mobile
- Pokemon GO
- Candy Crush Saga
- Roblox
- Coin Master
- Three Kingdom Tactics
- Fantasy Westward Journey
- Fate/Grand Order
Daftar di App Store
- Honor of Kings
- PUBG Mobile
- Genshin Impact
- Fantasy Westward Journey
- Pokemon GO
- Three Kingdom Tactics
- Candy Crush Saga
- Roblox
- Rise of Kingdoms
- Fate/Grand Order
Daftar di Google Play
- Coin Master
- Pokemon Google
- Lineage M
- Candy Crush Saga
- Garena Free Fire
- Genshin Impact
- Roblox
- Lineage M
- State of Survival
- Uma Musume Pretty Derby
Advertisement
Pengguna Mobile Game di Dunia Habiskan Rp 616 triliun pada Paruh Pertama 2022
Belanja pengguna di seluruh dunia untuk mobile game mencapai USD 41,2 miliar atau sekitar Rp 616 triliun pada paruh pertama 2022. Demikian menurut laporan perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower.
Nilai itu turun 6,6 persen secara tahunan (Year over Year, YoY) dari USD 44,1 miliar atau sekitar Rp 660 triliun pada paruh pertama 2021.
Baik belanja pengguna di App Store maupun Google Play, menurut Sensor Tower, mengalami penurunan, meskipun penurunan di Google Play lebih tinggi.
Para pengguna mobile game di iOS menghabiskan sekitar USD 25,6 miliar di App Store. Itu turun 0,8 persen secara tahunan dari USD 25,8 miliar pada periode yang sama tahun 2021.
Di Google Play, pengguna mobile game menghabiskan USD 15,6 miliar. Itu turun 14,8 persen secara tahunan dari USD 18,3 miliar pada periode yang sama tahun 2021.
Mirip dengan faktor-faktor yang memengaruhi aplikasi non-game, pengeluaran mobile game telah dipengaruhi oleh normalisasi setelah lonjakan selama pandemi serta hambatan ekonomi di seluruh dunia.
Dua mobile game paling laris teratas di paruh pertama tahun ini masing-masing menghasilkan lebih dari USD 1 miliar dari belanja pengguna. Mereka adalah Honor of Kings dan PUBG Mobile dari Tencent, termasuk versi lokal mereka di China.
Nilai Belanja Pengguna
Honor of Kings menghasilkan USD 1,4 miliar dari belanja pengguna pada paruh pertama tahun ini. Smentara itu, first person shooter PUBG Mobile meraih pendapatan senilasi USD 1,1 miliar.
Di peringkat ketiga, ada Genshin Impact. Mobile game garapan miHoYo itu hampir mencapai angka USD 1 miliar atau tepatnya USD 986,2 juta. Baru-baru ini, Genshin Impact telah melampaui USD 3 miliar dalam belanja pengguna seumur hidup mereka; rata-rata sekitar USD 1 miliar setiap enam bulan.
Kemudian di posisi berikutnya ada Candy Crush Saga dan Roblox; mereka melengkapi posisi lima besar. Candy Crush Saga mampu menghasilkan sekitar USD 593,5 pada periode ini. Sementara itu, Roblox sukses meraup pendapatan sekitar USD 576,5 juta.
Advertisement