Samsung Boyong Monitor Gaming Odyssey Ark untuk Pasar Indonesia, Berapa Harganya?

Samsung mengumumkan akan menghadirkan monitor gaming Odyssey Ark untuk pasar Tanah Air.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 10 Sep 2022, 14:00 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2022, 14:00 WIB
Samsung
Samsung Odyssey Ark. (Dok: Samsung Electronics Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics Indonesia resmi menghadirkan monitor gaming 55 inci dengan kurvatur 1000R pertama di dunia, yakni Odyssey Ark untuk pasar Tanah Air. Monitor ini menghadirkan form factor yang benar-benar baru untuk jajaran produk Odyssey.

"Layar gaming curved 1000R 55 inci ini menyatukan kualitas gambar sinematik premium, surround sound yang imersif, dan antarmuka yang sangat fleksibel yang akan memberikan pengalaman gaming interaktif," tutur Head of Display Business, Samsung Electronics Indonesia, Ellya dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (10/9/2022).

Hadir dengan layar 55 inci yang memiliki kelengkungan 1000R, Odyssey Ark menawarkan pengalaman utuh untuk mengisi seluruh sudut pandang pengguna. Ditambah, ada Cockpit Mode yang memungkinkan layar berputar dengan fungsi HAS (Height Adjustable Stand), tilt, dan pivot.

Samsung turut menyertakan teknologi Quantum Matrix Technology dan Quantum Mini LED pada monitor ini. Dengan pemrosesan 14-bit yang baru ditambahkan, gamer dibuat dapat melihat adegan gelap maupun terang dengan jelas.

Selain itu, monitor ini juga dibekali dengan Neural Quantum Processor Ultra untuk meningkatkan kualitas konten yang ditampilkan. Teknologi ini menggunakan data yang dihasilkan dari 20 neural network untuk menyempurnakan setiap detail visual, melakukan upscaling konten hingga resolusi 4K.

Untuk pengalaman sinematik yang lebih mumpuni, Odyssey Ark menggunakan Matte Display dan Sound Dome Technology. Matte Display memberikan perlindungan anti-silau dan anti-pantulan, sekaligus meminimalkan distraksi.

Sementara Sound Dome Tech membawa AI Sound Booster dan Dolby Atmos untuk meningkatkan pengalaman surround sound. Ada empat speaker di monitor, satu di setiap sudut dan dua woofer sentral untuk menghasilkan suara yang lebih realistis.

 


Harga Samsung Odyssey Ark

Samsung
Samsung Odyssey Ark. (Dok: Samsung Electronics Indonesia)

Memiliki refresh rate 165Hz, monitor ini menyatukan resolusi 4K bersama waktu respons 1ms dengan AMD FreeSync Premium Pro. Berbekal teknologi itu, akurasi di layar bisa dioptimalkan.

Odyssey Ark juga menyediakan beragam fitur yang memungkinkan gamer menyesuaikan ukuran layar, posisi, termasuk rasio untuk pengaturan game yang optimal. Salah satunya adalah Flex Move Screen yang membuat pengguna bisa menyesuaikan ukuran layar antara 27 hingga 55 inci.

Lalu, ada Multi View yang memungkinkan pengguna memakai layar besar secara maksimal dengan menampilkan hingga empat konten sekaligus saat horizontal, atau tiga konten dalam Cockpit Mode.

Samsung membuka pre-order Odyssey Ark di Indonesia mulai 7 September hingga 2 Oktober 2022 dengan harga Rp 42.999.000. Pre-order dapat dilakukan di toko online Samsung.com, serta Samsung Monitor Official di Tokopedia, JD.ID, Blibli, Lazada, dan Shopee.

Selama masa pre-order, konsumen akan mendapatkan penawaran khusus berupa bonus hadiah eksklusif Sony PlayStation 5 dan Sony P5S Horizon Forbidden West senilai Rp 9.600.000. Seluruh lini Samsung Odyssey telah dilengkapi garansi tiga tahun yang meliputi spare part dan servis.


Ini Spesifikasi dan Harga Monitor Gaming Samsung Odyssey Neo G9 di Indonesia

Samsung Odyssey Neo G9 (Dok. Samsung)
Samsung Odyssey Neo G9 (Dok. Samsung)

Sebelumnya, Samsung Electronics Indonesia meluncurkan monitor gaming terbarunya di Tanah Air yaitu Odyssey Neo G9, yang dilengkapi teknologi Quantum Matrix, serta didukung oleh Quantum HDR 2000 untuk memberikan pengalaman gaming yang imersif.

Selain itu, monitor gaming ini juga hadir dengan layar curved Quantum Mini LED pertama di industri, demi memberikan detail yang paling halus dalam gim yang dimainkan.

"Samsung menjawab keinginan dan harapan para gamer yang antusias mencari pengalaman bermain paling imersif dan intens dengan Odyssey Neo G9," Ellya, Head of Display Business, Samsung Electronics Indonesia.

Dalam keterangan persnya, ditulis Senin (7/3/2022), Ellya mengungkapkan Odyssey Neo G9 saat ini memiliki beberapa lompatan teknologi, seperti menghadirkan visual gaming terunggul dengan dukungan layar Mini LED.

Perangkat ini juga mendukung kecerahan puncak hingga hingga 2000 nits, rasio kontras hingga 1.000.000:1, di samping kenyamanan 1000R curvature dan refresh rate hingga 240Hz serta waktu respons super cepat 1ms.

Samsung Odyssey Neo G9 menggunakan sumber cahaya inovatif Quantum Mini LED, berukuran 1/40 dari LED konvensional dan berisikan lebih banyak LED.

Dipadukan dengan Quantum Matrix Technology, yang memanfaatkan gradasi 12-bit yang disempurnakan untuk mengontrol Quantum Mini LED, kini sumber cahaya yang berlimpah ini dapat dikontrol lebih baik.

Saat bermain game, area gelap di monitor gaming Samsung ini akan menjadi lebih gelap dan area terang menjadi lebih cerah dengan 2.048 zona dimming.


Kecerahan Puncak 2.000 Nits

Samsung Odyssey Neo G9 (Dok. Samsung)
Samsung Odyssey Neo G9 (Dok. Samsung)

Quantum HDR 2000 menawarkan kecerahan puncak 2.000 nits, dua kali lipat dari pendahulunya, dengan sertifikasi yang diterima dari Verband Deutscher Elektrotechniker, di samping rasio kontras statis 1.000.000:1.

Samsung Odyssey Neo G9 menyajikan layar ultrawide 49 inci dengan rasio aspek 32:9 yang menawarkan Dual Quad High-Definition (DQHD; resolusi 5.120×1.440), disertai refresh rate 240Hz dan response rate 1 ms.

Kurvatur 1000R monitor ini disertifikasi oleh TÃœV Rheinland untuk memastikan para gamer tetap nyaman selama permainan.

Odyssey Neo G9 juga menyediakan Adaptive Sync pada DP1.4 dan HDMI2.1 VRR (Variable Refresh Rate) melalui HDMI 2.1 dengan NVIDIA G-SYNC Compatibility dan AMD FreeSync Premium Pro.

Auto Source Switch+ membantu para gamer untuk berpindah sumber input saat ada perangkat gaming baru yang disambungkan.

Dengan port HDMI 2.1, DisplayPort 1.4 dan USD 3.0 port, pengguna dapat dengan mudah menyambungkan berbagai perangkat ke Odyssey Neo G9. 

(Dam/Tin)

Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya