Gantikan Origin, EA Umumkan Kehadiran Aplikasi Baru untuk PC

EA mengumumkan kehadiran aplikasi baru EA App menggantikan Origin untuk para pengguna PC.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 09 Okt 2022, 10:00 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2022, 10:00 WIB
EA
Tampilan EA App yang menggantikan Origin untuk platform PC. (Dok: EA)

Liputan6.com, Jakarta - EA mengumumkan kehadiran platform baru untuk pemain game besutannya di PC. Apabila sebelumnya para pemain mengenal Origin, kini perusahaan memperkenalkan aplikasi yang diberi nama EA App.

Dalam blog-nya, EA menyebut kehadiran aplikasi ini menjawab umpan balik dan respons yang diberikan para pemain mengenai platform Origin. Karenanya, platform EA App ini diklaim memberikan pengalaman yang lebih cepat, lebih andal, dan lebih mulus.

"Hari ini, kami dengan senang hati mengumumkan EA App secara resmi meninggalkan fase open beta dan akan segera menggantikan Origin sebagai platform PC utama kami," tutur EA dalam blog perusahaan.

Sebagai bagian dari peralihan ini, seperti dikutip dari The Verge, Minggu (9/10/2022), perusahaan akan mengundang para pemain game PC untuk berganti ke platform EA App. Nantinya, seluruh data yang ada di Origin, seperti game, konten, termasuk game yang sudah pernah diinstal akan ikut dipindahkan ke EA App.

Tidak hanya konten, EA memastikan data lain seperti daftar teman juga akan ikut berpindah. Pemain yang tertarik menggunakan aplikasi ini juga tidak perlu menunggu undangan, karena EA App bisa diunduh lewat situs resmi EA.

Kendati demikian, untuk saat ini, EA App hanya ditujukan untuk pemain yang memakai platform PC Windows. Para pemain yang menggunakan perangkat macOS masih akan memakai Origin untuk mengakses koleksi game mereka.

Sebagai informasi, kehadiran EA App sendiri sudah diketahui sejak sekitar dua tahun lalu. Ketika itu, EA memang mengumumkan akan mengganti platform Origin dengan aplikasi baru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


EA Luncurkan Sistem Anti-Cheat Baru untuk PC, Siap Debut di FIFA 23

Trailer FIFA 23 (YouTube EA Sports FIFA)
Trailer FIFA 23 (YouTube EA Sports FIFA)

Di sisi lain, Electronics Arts (EA) meluncurkan sistem anti-cheat tingkat kernel baru mereka untuk game-game PC. EA AntiCheat (EAAC), dijadwalkan debut pada musim gugur ini di FIFA 23.

Mengutip laman resmi EA, FIFA 23 juga nantinya akan memiliki fitur cross-play. Di sini, selain melindungi pemain PC, anti-cheat juga melindungi pemain konsol yang bertanding dengan lawan di PC, sehingga terlindungi dari cheater PC.

Sistem anti-cheat ini merupakan sistem khusus yang dikembangkan sendiri oleh pengembang EA. Perusahaan merancang sistem ini untuk melindungi game-game mereka dari gangguan dan kecurangan.

EA menambahkan, mereka tidak akan menambahkan anti-cheat ke setiap game-nya, melainkan menerapkannya berdasarkan kasus per kasus. Elise Murphy, Senior Director, Game Security and Anti-Cheat, EA mengatakan, pembuat cheat di PC semakin berpindah ke kernel.

Menurut Murphy, seperti dikutip dari The Verge, Senin (19/9/2022), mereka pun dinilai perlu memiliki perlindungan mode kernel untuk memastikan permainan yang adil dan menangani pembuat cheat PC di ranah yang sama.

"Penting bagi kami untuk memastikan bahwa anti-cheat kernel yang disertakan dalam game kami bertindak dengan fokus yang kuat pada privasi dan keamanan gamer kami pengguna PC," kata Murphy.


Sangat Penting untuk Game Kompetitif

Cover FIFA 23 Ultimate Edition (Dok. EA)
Cover FIFA 23 Ultimate Edition (Dok. EA)

EA mengatakan, perlindungan tingkat kernel sangat penting untuk game kompetitif seperti FIFA 23.

Menurut EA, cheat yang beroperasi di ruang kernel, sehingga game yang berjalan dalam mode pengguna biasa tidak dapat mendeteksi sedang terjadi gangguan atau kecurangan.

Murphy mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, ada peningkatan besar soal cheat dan teknik cheat yang beroperasi dalam mode kernel.

"Jadi satu-satunya cara yang dapat diandalkan untuk mendeteksi dan memblokir ini adalah dengan mengoperasikan anti-cheat kami di sana juga," imbuhnya.

Sistem anti-cheat EA akan berjalan di level kernel dan hanya berjalan saat game dengan perlindungan EAAC sedang dijalankan. Perusahaan menambahkan, proses anti-cheat akan ditutup setelah game selesai.

"EAAC tidak mengumpulkan informasi apa pun tentang riwayat penelusuran Anda, aplikasi yang tidak terhubung ke game EA, atau apa pun yang tidak terkait langsung dengan perlindungan anti-cheat," tegas Murphy. 


The Sims 4 Jadi Game Gratis Oktober 2022

The Sims 4 (Dok. EA)
The Sims 4 (Dok. EA)

Sebelumnya, EA juga mengumumkan bahwa The Sims 4 akan menjadi game gratis atau free-to-play mulai bulan Oktober 2022.

"The Sims 4 akan GRATIS untuk diunduh di PC/Mac dan konsol pada 18 Oktober," tulis akun Twitter resmi The Sims 4, seperti dikutip Jumat (16/9/2022).

Sementara itu, pemain yang sudah memiliki base game The Sims 4 sebelum ia menjadi game gratis, punya kesempatan untuk mengklaim Desert Luxe Kit secara gratis mulai tanggal 14 September sampai tanggal 17 Oktober 2022.

Untuk mengklaim konten tambahan ini, pemain cukup login ke dalam game dan mengklaim konten tersebut melalui main menu.

Melalui pengumuman di laman resminya, Electronics Arts (EA), mengatakan bahwa mereka juga akan terus mengembangkan dan merilis packs, kits, dan Sims Delivery Express di masa mendatang.

"Dengan The Sims 4 akan menjadi gratis, tim kami lebih berdedikasi daripada sebelumnya untuk mengembangkan pengalaman baru dan berarti The Sims 4 untuk pemain kami," kata EA.

Perlu diingat, yang akan digratiskan oleh EA adalah base game atau game dasar dari The Sims 4. Untuk berbagai Downloadable Content (DLC) atau Expansion Pack, tetap tersedia terpisah dan membutuhkan pemain untuk mengeluarkan uangnya.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya