Deretan Aplikasi dan Fitur yang Bisa Dipakai Orang Tua untuk Awasi Gadget Anak

Berikut kami rekomendasikan Parental Control Apps dan fitur pengawasan yang dapat digunakan untuk mengontrol penggunaan perangkat anak-anak.

oleh Mustika Rani Hendriyanti diperbarui 10 Sep 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2023, 18:00 WIB
Parental Control Apps
Aplikasi pengawasan orang tua. (Unsplash/Charles Deluvio)

Liputan6.com, Jakarta - Internet bisa menjadi tempat yang berisiko bagi anak-anak. Berbagai situs, aplikasi, media sosial, dan informasi yang ada di dalamnya bisa jadi memberikan dampak buruk yang tidak terduga bagi anak.

Tentunya ini menjadi kekhawatiran bagi para orang tua. Tidak hanya terkait dengan kecanduan pada penggunaan gadget, tetapi juga apa saja yang masuk ke dalam otak anak selama mereka bermain dengan perangkan tersebut.

Oleh karenanya, sebenarnya penting bagi orang tua untuk memberikan gadget atau smartphone kepada anak sesuai dengan usianya. Usia yang ideal bagi anak untuk mulai diberi kepercayaan memegang perangkat tersebut adalah usia 13 tahun.

Meski begitu sebenarnya ada perbedaan pandangan mengenai berapa usia yang pas bagi anak untuk menggunakan gadget. The AsianParent sebagaimana dikutip Minggu (10/9/2023) bilang, beberapa ahli mengatakan bahwa usia 12 tahun adalah usia yang ideal. Sementara, ahli lainnya mengatakan usia yang pas bagi anak untuk mendapatkan gadget adalah 14 tahun.

Terlepas dari berbedaan pendapat ini, para ahli setuju bahwa semakin tua seorang anak mendapatkan gadget, semakin baik. Hal ini karena gadget, terutama tipe smartphone dapat menjadi pengganggu yang adiktif bagi anak.

Nah, bagi orang tua yang memang sudah terlanjur memberikan smartphone kepada anak, mereka bisa melakukan kontrol terhadap pemakaian perangkat tersebut.

Sekadar informasi, kini beberapa perangkat smartphone telah dilengkapi dengan fitur pengawasan orang tua. Sebut saja model Samsung Galaxy M31, Oppo Reno series, hingga perangkat merek Vivo, dan lain sebagainya.

Selain fitur bawaan dari smartphone, para orang tua juga dapat menggunakan aplikasi kontrol orang tua atau Parental Control AppBerikut kami rekomendasikan aplikasi dan fitur yang dapat dicoba oleh para orang tua untuk mengawasi gadget anak mereka. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rekomendasi Parental Control Apps

Rekomendasi Parental Control Apps
Rekomendasi Parental Control Apps. (Unsplash/Firmbee.com)

1. Qustodio

Aplikasi pertama yang kami rekomendasikan adalah aplikasi terbaik dengan perlindungan yang komprehensif. Dengan aplikasi ini, mulai dari pemblokiran aplikasi hingga pembatasan layar, para orang tua dapat membatasi penggunaan internet pada anak.

Ditambah lagi dengan kompatibilitas yang luas, aplikasi ini mudah untuk diunduh dalam perangkat apa pun, mulai dari ponsel, tablet, dan dekstop. Terpenting, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis untuk mengontrol satu perangkat. Namun, jika kamu ingin mengontrol hingga lebih dari 5 perangkat, ada baiknya segera lakukan upgrade atau pembelian fitur berbayar. 

2. Kaspersky Safe Kids

Aplikasi ini menawarkan banyak fitur terbaik gratis. Para orang tua juga dapat memilih kategori untuk menentukan apa saja yang ingin dikontrol. Bahkan, kalian dapat membuat daftar situs dan game buatan sendiri.

Dengan aplikasi ini, orang tua juga dapat menerima atau menolak permintaan akses secara real-time. Tidak hanya itu, orang tua juga dapat menentukan berapa lama anak dapat mengakses perangkat mereka dan memantau lokasi anak melalui GPS.


Aplikasi Kontrol Aktivitas Online Anak di Medsos

Parental Apps Juga Dapat Membantu Memeriksa Lokasi Anak
Parental Apps Juga Dapat Membantu Memeriksa Lokasi Anak. (Unsplash/Chris Cordes)

3. Net Nanny

Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya yang berfokus pada penggunaan perangkat, aplikasi Net Nanny lebih berfokus pada pengawasan media sosial.

Dengan aplikasi ini, orang tua dapat melacak aktivitas anak secara real-time. Selain itu juga dapat melihat apa saja yang diakses oleh anak dengan adanya notifikasi langsung saat mereka masuk ke situs asing dan mencurigakan.

Notifikasi khusus juga tersedia untuk memberitahu adanya akses pada situs atau konten yang berkaitan dengan narkoba, pornografi, senjata, dan bunuh diri.

4. Norton Family Premier

Aplikasi yang satu ini dikenal dengan perlindungan antivirusnya yang luar biasa. Dengan menggunakan aplikasi ini, orang tua akan sangat terbantu dalam memantau situs dan aplikasi yang dikunjungi oleh anak. Tidak hanya itu, orang tua juga dapat memblokir situs tertentu.

Terdapat mode School Time dalam aplikasi ini. Apabila diaktifkan, maka anak dapat mengakses topik dan situs yang relevan. 

Dengan aplikasi ini, orang tua dapat mengatur batas dan jadwal untuk anak, memeriksa lokasi keberadaan anak, dan dapat mengakses laporan mingguan serta bulanan melalui email atau Parent Portal.


Fitur Pengawasan Anak di Perangkat Apple dan Google

Fitur Parental Control Juga Tersedia Pada Perangkat Android dan iOS
Fitur Parental Control Juga Tersedia Pada Perangkat Android dan iOS. (Unsplash/JuniperPhoton)

Apple Parental Control

Ini adalah fitur yang disediakan khusus untuk para pengguna perangkat iOS. Apple Parental Control tersedia untuk iPhone, iPad, dan iPod touch. Dengan fitur ini, orang tua dapat mengontrol konten dan privasi, serta batas waktu penggunaan perangkat.

Tidak hanya itu, orang tua juga dapat membatasi dan melarang aplikasi dan fitur tertentu, termasuk pembelian dan akses pada layanan game.

Untuk mengakses Apple Parental Control, langkah yang dilakukan cukup mudah. Orang tua hanya perlu ke tab Pengaturan dan mengaktifkan perangkat dengan memilih opsi "This is My Child's Device". Kemudian para orang tua dapat mengatur batasan layar dan batasan fitur lainnya.

Fitur Google Family Link

Google Family Link merupakan fitur yang tersedia untuk perangkat Android maupun iOS. Dengan fitur ini, orang tua dapat mengatur batas pemakaian perangkat, menyetujui atau menolak aplikasi yang akan diunduh oleh anak, dan membatasi YouTube.

Seperti pada aplikasi lainnya, dengan fitur ini orang tua dapat mengakses lokasi anak.

infografis journal
Infografis Journal 8 Aplikasi Milik Pemerintah yang Membantu Berikan Informasi. (Liputan6.com/Trie Yasnie)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya