Instagram Hadirkan Fitur Video Notes, Bisa Buat Video Durasi 2 Detik

Instagram telah mengumumkan bahwa kini pengguna Instagram bisa membuat Catatan atau Notes berupa video pendek alias Video Notes berdurasi dua detik.

oleh Mustika Rani Hendriyanti diperbarui 14 Des 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 14 Des 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi Instagram
Ilustrasi Instagram. (Photo by Bastian Riccardi on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Instagram mengumumkan bahwa pengguna Instagram kini bisa membuat Catatan atau Notes berupa video pendek alias Video Notes.

Seperti yang diketahui, Notes merupakan fitur status Instagram yang diluncurkan setahun lalu. Sejak peluncuran pertamanya, fitur ini hanya memungkinkan pengguna memposting catatan berupa teks atau emoji. Kemudian, beberapa waktu selanjutnya pengguna baru bisa memposting musik di Notes.

Sekarang, Instagram menambahkan kemampuan lainnya. Pengguna dapat memposting Video Notes berdurasi dua detik yang akan terlihat oleh pengikut bersama atau Teman Dekat selama 24 jam. Demikian dikutip dari Tech Crunch, Kamis (14/12/2023).

Fitur baru ini tentunya tidak akan menggantikan Instagram Stories, mengingat durasi dari video yang bisa dibagikan di Notes hanya dua detik. 

Adapun yang membedakan antara fitur Video Notes dengan Video Stories adalah pengguna hanya dapat memposting konten dari kamera depan saat berbagi Video Notes. 

Selain itu, pengguna harus menangkap konten dalam aplikasi saat memposting video. Artinya, pengguna tidak dapat mengunggah video dari galeri kamera ponsel.

Untuk  dapat memposting Video Notes, sama seperti membuat Notes lainnya, pengguna hanya perlu masuk ke DM kemudian mengetuk foto profil di Notes, lalu mengklik tombol kamera di atas foto. 

Kemudian, pengguna dapat mengetuk tombol rekam untuk merekam video berdurasi dua detik. Setelah itu, pengguna juga dapat menambahkan teks dan kemudian mempostingnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengikut dan Teman Bisa Membalas Catatan Menggunakan Audio, Foto, Video, Gif, dan Stiker

Instagram
Ilustrasi Instagram /Photo by Ben Kolde on Unsplash

Adapun untuk pengikut atau teman pengguna di Instagram, kini mereka tidak hanya bisa membalas Catatan menggunakan teks. Mereka kini memiliki lebih banyak opsi. Mulai dari memberikan balasan berupa audio, foto, video, gif, atau pun stiker. 

Dan balasan Catatan tersebut akan masuk sebagai DM (Direct Message/Pesan Langsung).

Sekadar diketahui, ketika Instagram pertama kali meluncurkan Notes alias Catatan pada bulan Desember 2022, fitur tersebut dipandang sebagai pesaing Twitter (sekarang X). Sebab, memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan orang lain hanya menggunakan teks. 

Fitur ini muncul pada saat orang mencari alternatif selain Twitter, setelah Elon Musk membeli jejaring sosial tersebut. Pada saat itu, laporan dari The New York Times mengungkapkan bahwa Meta sedang mempertimbangkan untuk mengubah Instagram Notes menjadi saingan Twitter yang lebih matang. 

Namun, alih-alih fitur Catatan yang disebut sebagai pesaing X, Threads milik Meta yang diluncurkan pada Agustus 2023 lalu menjadi pesaing X sesungguhnya.


Instagram Reels Kini Bisa Diunduh, Simak Caranya

Fitur baru Instagram editing Reels (Instagram)
Fitur baru Instagram editing Reels (Instagram)

Sebelumnya, Instagram telah mengalami pembaruan pada Reels. Pengguna aplikasi Instagram kini akan bisa mengunduh secara langsung konten Reels di platform tersebut, asalkan dia tersedia untuk publik.

Pengumuman mengenai fitur download Reels ini juga diinformasikan Bos Instagram Adam Mosseri, melalui Broadcast Channel-nya, Jumat (24/11/2023).

"Anda sekarang bisa menyimpan Reels yang dibuat akun publik ke camera roll - semua reel yang diunduh akan mendapatkan watermark dengan handle kreator Instagram," ujarnya.

Menurut Mosseri, fitur Instagram ini sebelumnya sudah diluncurkan di Amerika Serikat awal tahun 2023, dan sekarang tersedia buat semua pengguna global.

Cara Download Reels Instagram

Untuk mengunduh sebuah konten Reels di aplikasi Instagram, pengguna dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka konten video atau Reels yang mau diunduh.
  2. Klik ikon Share.
  3. Pilih Download.

Dalam pengumumannya tersebut, Mosseri juga memberi catatan bahwa sebuah akun publik akan tetap bisa mematikan fitur Instagram download Reels, apabila merasa dia tidak ingin konten buatannya diunduh oleh pengguna lain.

 


Cara Mengatur Fitur Download Reels

Instagram menghadirkan fitur download Reels (Instagram/@mosseri)
Instagram menghadirkan fitur download Reels (Instagram/@mosseri)

Lebih lanjut, berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan, untuk mengatur apakah kamu ingin menghidupkan fitur download buat Reels-mu atau mematikannya:

  1. Buatlah Reels, lalu klik Next di kanan bawah.
  2. Klik More options di bagian bawah.
  3. Scroll ke bawah dan klik Advanced Settings.
  4. Scroll ke bawah untuk opsi mengizinkan orang mengunduh Reels Anda, lalu klik off atau on, untuk menghidupkan atau mematikan pengaturan.
  5. Pilih apakah Anda ingin mengaktifkan atau mematikan fitur download untuk semua reels, atau hanya reels yang diunggah.
  6. Klik Back di kiri atas untuk kembali, lalu klik Share dibagian bawah.

Sementara untuk Reels satuan yang sudah dibagikan, cara mengaturnya adalah:

  • Masuk ke profil Anda.
  • Pilih reels yang ingin diatur, lalu klik ikon tiga titik.
  • Pilih Manage, lalu klik Turn off downloading atau Turn on downloading.
Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia
Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya