Asus Menjawab Tantangan Komputasi AI di Indonesia dengan ZenBook Duo Baru

ASUS berkomitmen untuk mensosialisasikan AI di Indonesia dan menghadirkan solusi AI lengkap melalui Zenbook Duo Ultra 9, Co-Pilot dari Microsoft, dan berbagai produk AI lainnya.

oleh Yuslianson diperbarui 14 Jun 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2024, 18:00 WIB
Asus Menjawab Tantangan Komputasi AI di Indonesia dengan ZenBook Duo Baru
Head of PR Asus Indonesia, Muhammad Firman, saat bertemu media di peluncuran ZenBook Dua terbaru, Kamis (14/6/2024).. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Liputan6.com, Jakarta - Asus menjadi salah satu perusahaan teknologi yang telah mengambil langkah besar di ranah komputasi AI dengan memperkenalkan lini produk terbarunya, yaitu Zenbook Duo (UX8406).

Hadir sebagai seri terkini dari ZenBook Duo Ultra 7 yang dirilis pada Q1 2024, laptop dua layar ini hadir dengan prosesor Intel Core Ultra 9.

"Sebelum membahas lebih lanjut mengenai spesifikasi dan fitur produk, penting untuk memahami mengapa Asus sangat fokus pada AI," kata Head of PR Asus Indonesia, Muhammad Firman, saat bertemu dengan media, Kamis (14/6/2024).

Dijelaskan, saat ini hanya hanya 1,2 persen dari populasi di Indonesia yang melakukan riset atau pencarian tentang AI.

"Artinya, sekitar 98 persen populasi belum mengetahui apa itu AI. Data ini menunjukkan pemahaman tentang AI di Indonesia masih sangat rendah," ucap Firman.

Adopsi AI di Indonesia: Tantangan dan Peluang

Meskipun adopsi AI masih rendah, data dari OpenAI menunjukkan Indonesia adalah salah satu pengguna terbesar ChatGPT di dunia, berada di peringkat ke-4 dengan 4,46 persen pengguna global.

"Ini juga menunjukkan sebagian besar pengguna AI di Indonesia hanya menggunakan ChatGPT, padahal AI memiliki banyak aplikasi lainnya," katanya.

Riset juga mengungkapkan 62 persen bisnis di Indonesia berpotensi untuk mengadopsi AI, namun tingkat pemanfaatannya masih sangat rendah.

"Oleh karena itu, Asus merasa bertanggung jawab untuk mensosialisasikan AI dan teknologi AI kepada end user," ucap Firman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Solusi AI Komplit dari ASUS

<p>Asus Hadirkan ZenBook Duo Ultra 9, Cek Spesifikasi Laptop Dua Layar dan dan Harganya di Indonesia? (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Perusahaan asal Taiwan ini juga berkomitmen untuk menyediakan solusi AI yang lengkap dan komprehensif melalui produk terbaru yang mendukung teknologi AI dan Co-Pilot dari Microsoft di Windows 11.

Dijelaskan, Asus sudah memiliki lini laptop seperti ZenBook, VivoBook, ProArt, ROG, dan TUF Gaming yang sudah siap dilengkapi dengan teknologi AI pada tahun 2024.

"Kita ingin mengarahkan pengguna untuk memanfaatkan teknologi AI lebih dari sekedar ChatGPT, dengan memperkenalkan teknologi yang lebih canggih dan multifungsi."

 


Kategori Produk AI ASUS

Asus membagi produknya dalam tiga kategori untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda:

  • Asus AI Essential

Kategori ini ditujukan untuk pengguna sehari-harinya menggunakan aplikasi kantor, seperti ChatGPT atau Microsoft Copilot.

Produk dalam kategori ini termasuk VivoBook dan ZenBook yang sudah hadir, serta ZenBook 14 OLED versi AMD yang baru diperkenalkan.

  • Asus AI Advanced

Kategori ini ditujukan untuk pengguna membutuhkan performa lebih untuk berbagai aktivitas. Produk dalam kategori ini, seperti VivoBook S15, ProArt PZ13, dan VivoBook S14 OLED, akan segera hadir di pasaran.

  • Asus AI Expert

Terakhir, ini adalah untuk pengguna di bidang kreatif yang membutuhkan performa tinggi. Produk dalam kategori ini termasuk ROG Zephyrus G16 dan G14 yang sudah menggunakan NPU dan grafis performa tinggi, serta beberapa seri produk lainnya yang akan hadir di Indonesia pada tahun 2024.

Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya